Temu Guru Inovatif #1 Ajang Berbagi Praktik Terbaik Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran


Para guru inovatif pasti punya “resep rahasia” agar pembelajaran yang disampaikan jadi menarik, bermakna dan lebih melibatkan peserta didik. Resepnya tidak melulu tentang penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di kelas, namun lebih pada aspek pedagogisnya. Untuk memfasilitasi para guru mendapatkan inspirasi dari para guru inovatif, maka Edukasi101 yang didukung oleh Microsoft Partners in Learning menyelenggarakan kegiatan bertajuk “Temu Guru Inovatif”.

Untuk pertama kalinya, ajang ini diselenggarakan di laboratorium komputer Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tanggal 20 Juli 2013 bersamaan dengan kegiatan tahunan Pesantren IT. Kegiatan yang diorganisir oleh komunitas PojokPendidikan ini mengundang dua orang guru inovatif dari Jawa Barat yaitu Taufik Ibrahim (SMPN 14 Depok) dan Firman Apriandi (SDN CIsolok). Saking menariknya, ruangan seminar pun penuh sesak dihadiri oleh sekitar 50 an pendidik yang berasal dari kota Bandung dan sekitarnya.

Pak Djadja Sardjana dalam sambutan beliau mewakili komunitas PojokPendidikan memberikan semangat bahwa pendidik harus senantiasa melandaskan semangat mengajar dengan rasa kasih sayang karena hasil pendidikan akan lebih berkualitas jika pendidik dapat membelajarkan dengan sepenuh hati. Hal ini disampaikan beliau setelah mempertontonkan sebuah video motivasi dari seorang pendidik sejati, Ibu Een Sukaesih yang begitu menginspirasi. Secara khusus, Kepala Dinas Kominfo Jawa Barat DR. Dudi Sudrajat, MT disela-sela liburnya turut hadir membuka kegiatan ini dan memberikan sambutan.

Kegiatan yang menjadi bagian dari program Partners in Learning Network ini juga memberikan sosialisasi tentang pentingnya berjejaring sosial bagi guru guna berbagi pengalaman bersama pendidik lain dari seluruh dunia dan berkesempatan mengikuti berbagai program pengembangan profesional yang ditawarkan oleh Microsoft. Pendidik juga berkesempatan untuk menjadi Microsoft Innovative Educators Expert dan mendapatkan undangan untuk ikut ajang Partners in Learning Global Forum, sebuah pertemuan tahunan tingkat dunia, yang tahun depan akan diselenggarakan di Barcelona, Spanyol. Ha tersebut dijelaskan oleh Winastwan Gora yang hadir memberikan sambutan mewakili Edukasi101.

Guru inovatif yang berkesempatan membagi pengalaman mengajarnya adalah Bapak Taufik Ibrahim (SMPN 14 Depok). Guru IPS ini menceritakan tentang pengalaman mengajar memanfaatkan TIK memanfaatan aplikasi presentasi multimedia “Microsoft PowerPoint” untuk evaluasi pembelajaran, dalam sebuah game monopoli yang beliau namakan permainan “Pak-Pik-Pok”. Selain media pembelajaran yang menarik, daya tarik kuis ini terletak pada orkestrasi kelas lewat lagu yang dinyanyikan siswa sebelum kuis berlangsung, serta kualitas pertanyaan yang disajikan dimana beliau menampilkan format pertanyaan yang terbalik, yaitu siswa harus membuat pertanyaan dari jawaban yang disajikan (mirip dengan kuis Jeopardy). Dengan pertanyaan terbalik seperti ini, siswa akan lebih berfikir dibandingkan jika diberikan pertanyaan seperti pada umumnya. Penasaran dengan aksi beliau, silahkan simak video dokumentasinya disini.

Selain memaparkan kuis interaktif, Pak Taufik juga mendemokan penggunaan papan tulis interaktif berbiaya murah bersama rekan-nya Pak Kurniawan. Dalam sesi ini, para peserta diajak untuk mencoba menyelesaikan berbagai kuis yang disajikan dalam papan tulis interaktif. Peserta pun terlihat asyik memindah-mindahkan obyek yang ada di papan tulis menggunakan pena inframerah yang disediakan.

Guru inovatif kedua yang berbagi pengalaman adalah Pak Firman Apriandi (SDN Cisolok Sukabumi) yang menceritakan pengalaman mengajarnya menggunakan Microsoft PowerPoint dan Mouse Mischief untuk evaluasi pembelajaran. Menariknya, meski komputer yang digunakan di kelas hanya satu komputer (milik guru) namun para siswa juga terlibat dalam kuis yang disajikan oleh guru lewat banyaknya mouse yang diakses siswa. Dalam sesi ini, Pak Firman juga mendemo-kan bagaimana teknologi ini berdaya-guna di kelas dan para peserta-pun larut dalam evaluasi yang difasilitasi beliau.

Ajang berbagi seperti ini, meski hanya sebentar, sangat menginspirasi para pendidik tentang bagaimana memanfaatkan teknologi komputer dalam jumlah terbatas di ruang kelas. Edukasi101 bersama Microsoft Partners in Learning akan terus menyelenggarakan kegiatan ini di kota/kabupaten lain di Indonesia. Selain seminar akan ada pula sesi pelatihan untuk membekali pendidik dengan keterampilan-keterampilan integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran. Nantikan selalu perkembangan “Temu Guru Inovatif” siapa tahu bulan depan ajang ini ada di kota Anda!. Salam pendidikan!

 

Tagged: , , , , , , , , ,

5 thoughts on “Temu Guru Inovatif #1 Ajang Berbagi Praktik Terbaik Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran

  1. pradhanaponorogo Juli 31, 2013 pukul 12:34 pm Reply

    Ditunggu kegiatan serupa di jawa Timur pak.

  2. gora Juli 31, 2013 pukul 1:27 pm Reply

    Semoga dalam waktu dekat mas🙂

  3. […] Artikel terkait bisa anda baca di: http://winastwangora.com/2013/07/31/temu-guru-inovatif-1-ajang-berbagi-praktik-terbaik-pemanfaatan-t… […]

  4. Liputan Seminar Guru Inovatif 1 • Guraru September 4, 2013 pukul 5:01 pm Reply

    […] Artikel terkait bisa anda baca di: http://winastwangora.com/2013/07/31/temu-guru-inovatif-1-ajang-berbagi-praktik-terbaik-pemanfaatan-t… […]

  5. Marketing GN Januari 15, 2015 pukul 9:01 am Reply

    Mantap, banyak harus belajar dari para guru, http://psb.gemanurani.net/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: