Mengenal Kelase.Com, Layanan Gratis Jejaring Sosial dan Kelas Online untuk Institusi Pendidikan


Kelase-Screenshot-1

Pengguna internet pasti sudah tidak asing lagi dengan layanan jejaring sosial Facebook yang begitu mendunia. Dengan Facebook, kita dapat terkoneksi dengan teman, saudara dan orang lain yang sebelumnya belum kita kenal dari seluruh penjuru dunia. Kelase (dari bahasa jawa yang artinya “kelasnya“) memiliki fungsi utama yang sama dengan Facebook, yaitu sama-sama sebagai jejaring sosial. Bedanya, Kelase diperuntukkan bagi institusi pendidikan sehingga bersifat terbatas, artinya hanya dapat diakses oleh anggota institusi pendidikan tersebut (pendidik/guru, orang tua dan siswa). Layanan seperti ini biasanya disebut sebagai jejaring sosial privat (private social network).

Dengan Kelase, institusi pendidikan Anda (sekolah, perguruan tinggi, dan institusi pendidikan non-formal) dapat memiliki Facebook sendiri. Anggota sekolah dapat dengan mudah berkomunikasi dengan Kelase menggunakan komputer/laptop, smartphone maupun tablet karena memang kelase dirancang khusus untuk penggunaan mobile. Karena sifatnya yang terbatas (lingkup institusi) maka Kelase sangat aman bagi anak-anak, dimana mereka hanya akan berkomunikasi dengan anggota sekolah saja, tidak dengan orang asing seperti yang biasa dilakukan dengan jejaring sosial umum/terbuka.

Kelase-Screenshot-2

Selain sebagai jejaring sosial, Kelase juga menyediakan layanan kelas online (online classroom) atau ruang kelas virtual (virtual classroom) seperti Learning Management System (LMS) pada umumnya. Para pendidik dapat dengan mudah berbagi sumber belajar, membuat aktivitas pembelajaran kolaboratif, memberikan penugasan, melakukan ujian dan test, serta mengembangkan keterampilan diskusi dan komunikasi lewat forum diskusi dan obrolan yang disediakan. Selain itu, disediakan pula fitur pelaporan yang akan mempermudah guru maupun orang tua memantau proses dan hasil belajar peserta didik.

Karena fokus pada sisi pembelajarannya, maka Kelase juga melengkapi diri dengan fitur LessonPlanner, yang memudahkan pendidik dalam menyusun aktivitas pembelajaran, serta fitur TaxonomyToolbox yang dapat membantu pendidik dalam menyusun tujuan pembelajaran. Pendidik juga akan dimudahkan dengan adanya fitur analisa butir soal, dimana soal ujian dan test hasil jawaban peserta didik dapat langsung dianalisa tingkat kesulitannya, sehingga guru dapat dengan mudah menentukan treatment dan follow-up untuk peserta didik.

Agar peserta didik merasa senang dalam belajar, Kelase menyediakan fitur Gamification berupa Badge (Lencana). Pendidik dapat dengan mudah memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi di kelasnya dengan berbagai Badge yang disediakan oleh Kelase. Pendidik-pun juga dapat menggunakan Badge hasil rancangannya sendiri jika merasa kurang puas dengan lencana-lencana yang disediakan. Lencana ini akan memacu semangat siswa untuk berprestasi dengan baik. Mereka akan berkompetisi, dengan cara yang menyenangkan.

Fitur komunitas juga tersedia di Kelase, yang memudahkan anggota institusi pendidikan membuat group untuk sesama pengguna, sehingga pengguna dapat membuat komunitasnya sendiri sesuai dengan interest/ketertarikan atau tema tertentu.

Dengan Kelase, institusi pendidikan dapat dengan mudah memiliki layanan kelas online berikut jejaring sosial tanpa harus pusing memikirkan pengelolaan sistemnya (termasuk biayanya). Bahkan Kelase juga dapat dijadikan sebagai website institusi pendidikan Anda dengan mudah, dengan domain yang kustom (misalnya: http://sekolahanda.sch.id). Kelase bersifat gratis untuk selamanya, dan hanya berbayar untuk fitur-fitur tertentu.

Kelase yang dikembangkan oleh Edukasi101 ini akan hadir pada bulan Juli 2013 untuk versi web-nya, sedangkan versi Android dan platform lain akan segera menyusul. Apabila Anda tertarik untuk mencoba Kelase untuk institusi pendidikan yang Anda kelola, silahkan kunjungi website Kelase DISINI dan daftarkan alamat email Anda untuk mendapatkan kabar terbaru tentang tanggal peluncuran dan ujicoba terbatas.

Tagged: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: