Ternyata PAKEMATIK Diteliti oleh Mahasiswa UPI Lho!


Perjuangan sebuah tulisan tidak hanya terhenti ketika orang membaca dan terinspirasi, tetapi perjuangannya berhasil ketika terjadi perubahan nyata karena tulisan tersebut – Winastwan Gora

Pada saat surfing di Google siang tadi saya menemukan beberapa tulisan dari orang lain terkait dengan PAKEMATIK (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi), sebuah buku yang pernah saya tulis beberapa waktu lalu bersama sahabat saya Pak Sunarto. Saya sangat senang karena ada pihak yang telah melakukan penelitian terhadap impact dari PAKEMATIK di dalam kelas nyata.

Seorang mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Annisa Suliastini yang dibimbing oleh teman saya, Dr. Rusman, M.Pd melakukan penelitian tentang “Pengaruh Penggunaan PAKEMATIK terhadap Hasil Belajar Siswa Domain Psikomotor pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)”. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan “Apakah terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan pada domain psikomotor antar siswa yang menggunakan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (PAKEMATIK) dengan siswa yang menggunakan teori dan praktik pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK)?

Hasilnya ini adalah penggunaan PAKEMATIK berpengaruh terhadap hasil belajar siswa domain psikomotor, hal ini dibuktikan dengan perbedaan hasil belajar yang signifikan pada ranah psikomotor aspek respon terbimbing (guided response) dan aspek respon kompleks (complex overt response). Saat ini, penelitian tersebut sudah dapat diakses secara umum di repositori UPI. Jika Anda tertarik untuk membacanya, silahkan kunjungi beberapa link berikut:

  1. Daftar Isi
  2. Bab 1
  3. Bab 2
  4. Bab 3
  5. Bab 4
  6. Bab 5
  7. Daftar Pustaka

Saya pribadi sangat bahagia ketika menemukan informasi ini di Internet karena ternyata ada orang yang peduli dan memiliki kesempatan untuk melakukan penelitian agar PAKEMATIK dapat menjangkau banyak kalangan sehingga dapat memberi manfaat yang lebih besar bagi pendidikan Indonesia.

Tagged: , , , , , , , , , ,

4 thoughts on “Ternyata PAKEMATIK Diteliti oleh Mahasiswa UPI Lho!

  1. Rahmi Desember 20, 2012 pukul 6:33 am Reply

    Pagi pak, pak mohon informasinya mengenai buku pakematik sampai sekarang saya belum mendapatkan buku bapak yang berjudul pakematik tersebut. saya sangat membutuhkan buku tersebut karena saya sedang dalam proses pembuatan tugas akhir skripsi saya. mohon petunjuknya pak terimakasih.

  2. gora Desember 21, 2012 pukul 7:21 am Reply

    Mbak, sampai saat ini saya juga kesulitan untuk mendapatkan buku tersebut🙂 Banyak yang sudah email saya dan menyatakan hal yang sama. Sampai saat ini saya belum menemukan solusi tentang bagaimana mendapatkan buku ini. Saya memang berencana untuk untuk menerbitkannya kembali dengan perubahan yang signifikan, namun tidak dalam waktu dekat. Apakah mbak sudah mencoba mencarinya di toko buku online seperti disini? : http://www.lazada.co.id/PAKEMATIK-Strategi-Pembelajaran-Inovatif-Berbasis-TIK-Winastwan-Gora-ST-MT-Sunarto-SPd-MPd-23392.html

  3. faiqdzaki Desember 23, 2012 pukul 8:45 pm Reply

    Sip. Semangat trus untuk berkarya demi anak bangsa.

  4. Annisa Suliastini Juni 23, 2013 pukul 11:19 pm Reply

    terima kasih pa atas reviewnya.. semoga ada peneliti-peneliti lainnya di berbagai domain tidak hanya psikomotor saja🙂

Tinggalkan Balasan

