Project Based Learning VS Problem Based Learning


PBL, Student Centered Learning

“Apa bedanya Project Based Learning dan Problem Based Learning?” Pertanyaan ini mungkin merupakan pertanyaan klasik bagi para pendidik yang masih penasaran tentang dua strategi pengajaran ini.

Untuk mengobati penasaran, saya mencoba mencari dan mengumpulkan beberapa literatur di Internet untuk menjawab pertanyaan tersebut. Terdapat beberapa pandangan mengenai perbedaan kedua strategi pengajaran ini.

Project Based Learning :

  • Cenderung dihubungkan dengan pengajaran di sekolah dasar dan menengah.
  • Dimulai dengan sebuah pertanyaan esensial atau membimbing.
  • Berorientasi dengan produk akhir atau “artifact” (berupa produk tulisan, lisan, visual dan multimedia), serta kegiatan produksi yang memerlukan pengetahuan isi tertentu atau keterampilan, dan biasanya menimbulkan satu atau lebih masalah yang harus dipecahkan siswa. Proyek bervariasi dalam lingkup dan kerangka waktu, dan produk akhir sangat bervariasi dalam tingkat teknologi yang digunakan serta kecanggihannya.

Problem Based Learning :

  • Digunakan pula dalam pengajaran di sekolah dasar dan menengah, namun asal mula strategi ini dipergunakan di pendidikan kesehatan dan persiapan profesional.
  • Dimulai dengan sajian masalah bagi siswa untuk memecahkan atau pelajari lebih lanjut. Seringkali masalah ini dibingkai dalam skenario atau format studi kasus. Masalah dirancang dengan meniru kompleksitas permasalahan di kehidupan nyata. Tugas belajar pun sangat bervariasi dalam cakupan, waktu dan kecanggihan.

Sedangkan persamaan dari dua strategi pengajaran ini adalah sama-sama fokus pada pembelajaran otentik, berpusat pada siswa, multi-disiplin ilmu, kolaborasi, manajemen waktu, dan keterampilan manajemen proyek.

Sumber-Sumber:

  1. Project-Based and Problem-Based: The same or different? (EduTech Wiki)
  2. What’s the difference between Problem- and Project- Based Learning? (Life Practice PBL)
  3. Project-Based, Problem-Based, or Inquiry-Based Learning? (EyeOnEducation)

Bagi para pembaca blog ini, jika Anda masih memiliki pertanyaan dan atau memiliki pendapat yang berbeda dengan tulisan diatas, silahkan pergunakan fasilitas komentar yang ada untuk berdiskusi. Semoga tulisan ini bermanfaat!

Tagged: , , , , , , , ,

3 thoughts on “Project Based Learning VS Problem Based Learning

  1. fitriahimamahligai Juli 11, 2012 pukul 7:17 am Reply

    Dear Pak Gora,
    Terima kasih saya jadi tambah paham. Di sekolah tempat saya mengajar, Bapak & Ibu guru masih banyak yang bingung untuk membuat alat evaluasi kompetensi pemecahan masalah. Saya sudah mengenalkan model-model pembelajaran yang mengintegrasikan TIK, di situ banyak model yang bisa dikombinasi untuk mengasah kompetensi pemecahan masalah siswa. Tapi bukti-bukti hasil belajar siswa misalnya yang berupa peta konsep, lembar kerja atau produk penelitian siswa belum bisa diterima (dianggap belum cukup) sebagai bukti untuk memberikan penilaian. Sehingga jadi enggan menggunakan pembelajaran yang lebih high ordered thingking tadi. Selalu larinya ke soal-soal cerita saja. Bagaimana pendapat Pak Gora atau rekan-rekan? Padahal misinya adalah meningkatkan kompetensi siswa agar menjadi insan bermutu tinggi.

    • gora Juli 11, 2012 pukul 10:15 am Reply

      Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya Mbak Fitri. Untuk menjawab pertanyaan tersebut saya akan buatkan sebuah tulisan tersendiri, karena terlalu panjang jika kita bahas dalam fasilitas komentar. Mohon tunggu sebentar🙂

  2. […] perbedaan ini, khususnya mengenai perbedaan Project Based Learning dan Problem Based Learning disini, namun ada baiknya juga saya memberikan penjelasan yang lain, agar pembaca mendapatkan gambaran […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: