Lokakarya Pengembangan Standar Nasional Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Guru


Image

Presentasi dan sambutan pembukaan oleh Dr. Ir. Abdullah Alkaff, M.Sc., Ph.D (Staf Ahli Mendikbud)

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan manusia. Hal ini mendorong era baru peradaban manusia dari era industri ke era informasi. Masyarakat era informasi lebih memusatkan pada aset pengetahuan dibandingkan dengan aset modal. Sebagai konsekuensinya, cara masyarakat informasi hidup, bekerja dan belajar berubah. Pergeseran paradigma ini menuntut perubahan yang mendasar dalam sistem pendidikan abad 21 ini.

Di dalam sektor pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) juga telah menempatkan TIK sebagai salah satu pendukung utama tersedianya layanan pendidikan. Penyediaan tenaga pendidik berkompeten yang merata di seluruh Indonesia telah dinyatakan sebagai salah satu tujuan strategis dalam Renstra Pendidikan Nasional 2010 – 2014. Penyediaan pendidik yang menguasai kompetensi TIK merupakan kebutuhan mendesak demi tercapainya tujuan strategis dalam Renstra 2010 – 2014 tersebut. Guru yang kompeten dalam pemanfaatan TIK diperlukan untuk mengembangkan kompetensi personal, pedagogis, sosial, dan professional sesuai dengan Permendiknas No 16 Tahun 2007 tentang Kompetensi Guru.

Image

Jonghwi Park (UNESCO Bangkok) memberikan paparan tentang tujuan lokakarya

Guna mendorong percepatan peningkatan kompetensi TIK untuk Guru di Indonesia dan guna meningkatkatkan daya saing bangsa di masa depan, Kemendikbud, Intel Corporation Indonesia, UNESCO Bangkok dan Bank Dunia bekerjasama menyelenggarakan lokakarya pengembangan standar nasional kompetensi TIK untuk Guru di Hotel Century Athlete Jakarta pada tanggal 19-20 April 2011. Lokakarya yang diikuti oleh para peserta dari Kemdikbud (Pustekkom, Dikmen dan BPSDMPPMP), perguruan tinggi, sektor swasta (Intel dan Microsoft) serta para pendidik dari beberapa sekolah ini difasilitasi oleh Jonghwi Park dari UNESCO Bangkok. Sebelum acara inti, disampaikan pula beberapa sambutan dan presentasi dari Dr. Ir. Ari Santoso, DEA (Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pustekkom), Dr. Abi Sujak, M.Sc (Sekretaris BPSDMPPMP), Prof. Dr. Ir. Abdullah Alkaff, M.Sc., Ph.D (Staf Ahli Mendikbud Bidang Organisasi dan Manajemen) dan Mallya Anjali (Intel Corporation Asia Pacific).

Image

Para peserta berfoto bersama

Selama dua hari, para peserta (termasuk saya) melakukan diskusi, untuk merumuskan standar kompetensi TIK bagi guru berdasarkan kebijakan pemerintah yang sudah ada dan mengacu pada beberapa standar yang sama dari beberapa negara serta UNESCO. Penyusunan standar kompetensi ini dilakukan dengan menyusun ranah/domain kompetensi, menentukan kriteria standar, kompetensi hingga menentukan indikator kinerja. Dalam workshop ini pula dilakukan perencanaan tindak lanjut kegiatan untuk menyempurnakan penyusunan standar, yaitu dengan penyusunan piranti evaluasi dan sistem kualifikasi dan standar kurikulum bagi pengembangan profesional pendidik.

Kegiatan yang merupakan kegiatan pertama di Asia Pacific bagi UNESCO dan Intel Corporation dalam membantu pemerintah dalam menyusun standar nasional kompetensi TIK untuk guru ini tidak akan berhenti pada lokakarya ini saja, namun akan berlanjut dengan penyelesaian rancangan standar yang akan difasilitasi oleh Kemdikbud.

Tagged: , , , , , , , ,

One thought on “Lokakarya Pengembangan Standar Nasional Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Guru

  1. Rotua Februari 7, 2013 pukul 8:25 am Reply

    Pak Gora,
    Hasil dari penyusunan standar kompetensi ini apakah sudah dipublikasikan?
    Jika saya membutuhkan rumusan standar kompetensi ini untuk penulisan thesis saya, dimana ya mendapatkannya? (atau kepada siapa bisa diminta?)

    Thanks.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: