Intel Teach Elements, Pengembangan Profesionalisme Secara Jarak Jauh Untuk Para Pendidik di Indonesia


Intel Teach Elements : Pelatihan Jarak Jauh untuk Pendidik Indonesia

Berangkat dari niatan menyediakan sebuah layanan pengembangan profesionalisme yang dapat diakses dari mana saja dan kapan saja oleh para pendidik di Indonesia, Intel Coorporation Indonesia bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional menyelenggarakan pelatihan online “Intel Teach Elements” yang dapat diikuti para guru secara gratis. Lewat layanan ini para guru dapat terus mengikuti kegiatan pengembangan profesionalisme untuk meningkatkan kompetensi mengajarnya tanpa harus meninggalkan tempat kerja mereka.

Layanan ini merupakan solusi dan alternatif bagi para pendidik untuk terus melakukan pengembangan diri di sela-sela kesibukan mengajar dan kegiatan sekolah lainnya. Sejak diluncurkan tahun 2010, sebanyak 1037 orang guru dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia telah mengikuti pelatihan jarak jauh ini. Materi pelatihan yang disediakan meliputi konsep dan penerapan metode pembelajaran abad ke-21 berupa tutorial multimedia interaktif, diskusi terfasilitasi dan kegiatan di ruang kelas. Saat ini, materi pelatihan yang tersedia adalah tentang Pendekatan Berbasis Proyek (Project Based Approaches) dan akan terus bertambah di masa mendatang dengan materi-materi pelatihan menarik lainnya.

Di dalam prosesnya, para pendidik cukup melakukan pendaftaran secara online, mengikuti pelatihan, mengerjakan tugas berupa rencana tindakan, mengerjakan quiz dan mengisi survey, melakukan diskusi, mendapatkan dukungan teknis dan umpan balik dari pendamping. Jika peserta telah memenuhi persyaratan kelulusan maka akan mendapatkan sertifikat yang diterbitkan oleh Kemdikbud. Jika peserta menemui kesulitan dalam penguasaan materi maupun hal-hal teknis terkait penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi, disediakan layanan dukungan teknis oleh para pendamping via email, telepon dan pesan pendek (SMS).

Meski dirancang untuk menjadi solusi pengembangan profesional masa depan bagi pendidik yang tersebar di berbagai wilayah yang begitu luas dan berpulau-pulau seperti di Indonesia, namun banyak tantangan di lapangan yang menyebabkan layanan ini sulit untuk dimanfaatkan. Tantangan yang kerap ditemui dalam implementasi pengembangan profesional jarak jauh meliputi ketersediaan perangkat akses (komputer) dan infrastruktur jaringan internet serta rendahnya keterampilan teknologi dan minimnya motivasi belajar secara mandiri menyebabkan layanan ini belum banyak didayagunakan dan memiliki tingkat keberhasilan yang minim.

Indonesia menjadi negara ke 45 yang mengimplementasikan Program Intel® Teach. Hingga tahun 2011, program ini telah di implementasikan di 70 negara dan melatih lebih dari 10 juta guru diseluruh dunia dan sebanyak 58 ribu guru di Indonesia telah mendapatkan manfaat dari program ini.

Bagi para pendidik yang berminat untuk mengikuti pelatihan online ini, klik disini untuk mendapatkan berbagai informasi seputar pelatihan Intel Teach Elements, dan klik disini untuk mendaftar.

Tagged: , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: