Ke Bangkok, Thailand untuk Belajar Inquiry Based Learning


Image

Menyimak paparan fasilitator (Usha Baskhar)

Untuk membudayakan penelitian di sekolah guna meningkatkan kualitas belajar mengajar, inisiatif Intel untuk pendidikan tengah meluncurkan sebuah program pelatihan baru bagi guru bernama Intel Future Scientist (IFS). Lewat program ini para guru dilatih untuk mengenal tentang pembelajaran berbasis Inquiry (Inquiry Based Learning) dan integrasinya dalam kegiatan belajar mengajar serta pengenalan ISEF (Intel Science and Engineering Fair) sebagai ajang pameran dan kompetisi hasil penelitian bertaraf internasional yang diselenggarakan oleh Intel Corporation setiap tahun.

Image

Makan malam bersama peserta lainnya di gedung tertinggi di Bangkok

Sebagai tahap awal, program Intel Future Scientist diperkenalkan dan dilatihkan kepada para Senior Trainer Intel Teach. Pelatihan ini diselenggarakan di Aloft Hotel, Bangkok, Thailand pada tanggal 27-29 Maret 2012 yang diikuti oleh para Senior Trainer dari negara Indonesia (saya), Taiwan, Pakistan, Sri Lanka dan Thailand. Pelatihan yang dirancang untuk dilatihkan selama dua setengah hari ini difasilitasi oleh Usha Bhaskar, salah satu Senior Trainer dari India.

Selanjutnya, para Senior Trainer akan melatihkan IFS kepada para guru di negara mereka. Di Indonesia, implementasi IFS ini akan diselenggarakan bersama LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional untuk menyebarluaskan dan meningkatkan budaya meneliti di sekolah, meningkatkan kualitas penelitian di kelas, serta mempersiapkan siswa untuk mengikuti ajang ISEF.

Tagged: , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: