Bagaimana Mengembangkan Multimedia Pembelajaran Interaktif yang WOW?


Presentasi Mengembangkan MPI

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada tanggal 28 Februari 2012 saya diundang oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi FMIPA – Fisika Universitas Haluoleo, Kendari, Sulawesi Tenggara untuk berbagi ilmu tentang “Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Interaktif” dalam acara Seminar Nasional Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi di kampus tersebut.

Seminar yang dihadiri oleh 100 an peserta yang terdiri dari dosen, guru dan mahasiswa ini bertujuan untuk membuka wawasan tentang bagaimana memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam menyusun bahan ajar yang interaktif, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas dan meningkatkan minat belajar siswa.

Waktu yang diberikan panitia cukup lama, yaitu selama 2 (dua) jam, sehingga saya sangat leluasa untuk menyampaikan materi, melakukan tanya jawab serta berdiskusi dengan para peserta. Berbeda dengan seminar-seminar yang saya bawakan sebelumnya, karena waktu yang diberikan begitu panjang, saya merasa memiliki banyak waktu untuk memberikan semua pengetahuan dan berinteraksi dengan peserta.

Antusiasme para peserta yang tinggi dalam menyimak paparan, bertanya ataupun memberikan gagasan merupakan kapsul penambah semangat saya kali ini. Semua hadiah yang saya bawa dari Jakarta langsung ludes, karena antusiasme mereka dalam menjawab berbagai pertanyaan yang saya ajukan. Kali ini saya juga membagikan 2 (dua) keping DVD yang berisi file-file Multimedia Pembelajaran Interaktif yang dibuat oleh para finalis ajang kompetisi NACTI (National Competition on Technology Integration) tahun lalu.

Meskipun seminar ini merupakan provokasi saya tentang bagaimana memanfaatkan TIK dalam pembelajaran lewat media ajar multimedia interaktif, namun didalamnya saya juga memberikan penekanan bahwa untuk pembelajaran yang berkualitas, peran pendidik (guru) masih belum tergantikan di Indonesia, sehingga peran guru menjadi sangat penting dibanding dengan peran teknologinya. Selain itu ketersediaan teknologi di negeri ini perlu menjadi salah satu pertimbangan untuk memilih jenis teknologi yang akan digunakan dalam pengembangan. Berikutnya, kualitas bahan ajar yang baik dapat dilihat dari kualitas konten dan aktifitas pembelajaran serta kemasannya.

Jika para pengunjung blog ini masih penasaran dengan apa yang saya sampaikan dalam seminar tersebut, silahkan mengunduh dan membaca materi presentasi saya dibawah. Selamat membaca!

Download : WakeEmUp-InternetVersion (Slide Presentasi – PDF)

Tagged: , , , , , ,

3 thoughts on “Bagaimana Mengembangkan Multimedia Pembelajaran Interaktif yang WOW?

  1. P. Cahyono Maret 7, 2012 pukul 11:14 am Reply

    Bagus dan lanjut terus…, melalui blog ini saya menginformasikan blog yang saya kelola, kiranya sudi untuk mampir di blog saya http://pcahyono.blogspot.com/

    Salam kreatif…

  2. gora Maret 7, 2012 pukul 11:29 am Reply

    Terima kasih sudah mampir ke blog saya Pak! Salam kenal!

Tinggalkan Balasan

