Meneropong Tren Teknologi Pembelajaran di Tahun 2012


Mumpung masih berada di awal tahun tidak ada salahnya The Indiebrainer mengulas tren teknodukasi (teknologi pembelajaran) di tahun 2012 ini. Ulasan dan prediksi ini merupakan hasil pengumpulan referensi dari beberapa sumber, sehingga bukan murni dari prediksi pribadi saya. Secara garis besar teknologi yang masih dan akan menjadi tren adalah :

1. Mobile Phone

Teknologi lama ini masih menjadi primadona di tahun ini, pemanfaatan piranti mobile phone untuk pembelajaran masih akan menjadi tren. Pemanfaatanya sebagai media akses web (internet) secara mobile untuk mengakses berbagai informasi serta peranannya sebagai pemutar media, memungkinkan para siswa dan guru melakukan kegiatan belajar mengajar kapan saja dan dimana saja. Saat ini sebagian besar siswa di kota besar telah memiliki perangkat ini sehingga barang ini bukan merupakan barang mewah lagi. Hadirnya beberapa smartphone murah dan koneksi Internet yang murah turut pula menambah jumlah populasi pengguna Internet yang mengakses menggunakan piranti komunikasi bergerak ini.

2. BYOD (Bring Your Own Device)

Masih berkorelasi dengan maraknya Mobile Learning, maka pihak sekolah pun akan beramai-ramai untuk mempromosikan penggunaan teknologi dalam belajar mengajar dengan mempersilahkan para siswa membawa perangkat komputasi dan akses mereka ke sekolah. Pemangku kepentingan di sekolah akan menyadari bahwa perangkat-perangkat tersebut telah menjadi bagian kehidupan mereka sehari-hari, dimana para siswa sangat akrab dengan iPod Touch, komputer tablet, e-book reader, laptop dan netbook. Pemangku kepentingan juga harus mengantisipasi dengan mulai memikirkan dan menyediakan infrastruktur yang menunjang pembelajaran komputasi 1:1 dimana satu siswa akan membawa/menggunakan satu perangkat komputer.

3. Koneksi Internet Broadband dan Mobile

Semakin mudahnya masyarakat dalam mendapatkan akses Internet cepat dan instant lewat koneksi broadband dan koneksi mobile akan terus mewarnai tahun ini. Kemudahan untuk mengakses konten-konten rakus bandwidth seperti audio/video streaming, video conference, webinar, animasi interaktif, dll akan semakin memudahkan para siswa dan guru mendapatkan konten berkualitas untuk mendukung proses belajar mengajar. Di tahun ini para penyedia layanan Internet masih akan terus menyelami pasar pendidikan sebagai market yang potensial dengan berbagai program.

4. Antarmuka Natural

Kehadiran Microsoft Kinect sebagai media inputan begitu mewarnai cara manusia untuk berinteraksi dengan teknologi. Sensor gerak yang digunakan dalam Kinect, kedepan akan banyak dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. Beberapa pihak telah memulainya, salah satu contohnya adalah proyek KinectEDucation. Lahirnya teknologi Siri di iPhone juga menjadi inovasi yang nantinya pasti akan dieksplorasi oleh praktisi pendidikan.

5. Komputasi Awan

Teknologi ini masih akan populer dalam beberapa tahun kedepan, lahirnya komputasi awan memang dirindukan banyak pihak untuk menghadirkan layanan yang mumpuni dengan biaya yang rendah. Google Apps, Office365 serta lahirnya layanan cloud baru masih akan mewarnai tahun 2012 ini. Dengan teknologi komputasi awan akan memungkinkan guru dan siswa menyimpan berbagai informasi, berkolaborasi dan menghasilkan konten memanfaatkan aplikasi berbasis web di Internet.

6. Konten dan Lisensi Terbuka

Keterbukaan masih akan jadi tren, kemudahan mendapatkan konten terbuka yang dapat diadaptasi dan digunakan ulang masih akan menjadi magnet bagi para pendidik dan organisasi untuk menyebarluaskan konten dengan lisensi terbuka.

7. Flipped Learning (Pembelajaran Terbalik)

Pembelajaran terbalik akan menjadi tren di tahun ini dan beberapa waktu kedepan. Ide utama dari model pembelajaran ini adalah memperbaiki cara belajar yang saat ini ada di dalam kelas dan menambah pengalaman siswa, dari yang biasanya dilewati dengan perkuliahan di kelas dan praktek di rumah, cara ini menawarkan sesuatu yang beda dimana perkuliahan diselenggarakan lewat podcast/media streaming sebagai pekerjaan rumah dan melakukan pendalaman materi, praktik dan tanya jawab di dalam kelas. Hadirnya YouTube, Khan Academy dan media lainnya akan menyuburkan penerapan model pembelajaran ini di kelas-kelas modern tahun ini dan tahun mendatang.

8. Game Based Learning

Pembelajaran berbasis permainan masih akan menjadi tren. Model belajar memanfaatkan permainan sangat bagus untuk memotivasi semangat belajar siswa, belajar secara efektif di luar kelas, belajar dari kesalahan, belajar bekerjasama dalam kelompok dan belajar berkompetisi. Pemanfaatan konsol game, permainan komputer serta aplikasi permainan dalam piranti mobile akan turut meramaikan tren ini. Simak salah satu contoh pendidik yang memanfaatkan permainan komputer terkenal “Angry Birds” di dalam kelasnya disini.

9. HTML 5 untuk Mobile

Penggunaan platform Adobe Flash sebagai standar aplikasi interaktif memang tidak diragukan lagi, namun platform ini tidak dapat berjalan dalam sistem operasi iOS sebagai fondasi iPhone, iPad dan iPod, sehingga dibutuhkan platform lain seperti HTML5. HTML5 diprediksi akan menjadi platform standar dalam multimedia authoring nantinya.

10. Kurasi Konten

Pengumpulan (kurasi) konten yang tersebar di Internet kedalam halaman/media publikasi yang difilter berdasarkan topik, kesukaan serta selalu dipelihara dan diperbaharui akan menjadi tren kedepan. Dengan pengumpulan informasi seperti ini akan memudahkan pendidik dan siswa menemukan informasi di Internet tanpa harus melakukan pemilahan dan penelitian validitas konten sendiri. Berbagai aplikasi yang bakal sering digunakan untuk melakukan hal ini adalah Scoop.it, bagtheweb, Storify dan Pearltrees.

11. Media Sosial

Pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran maupun pengembangan profesional tenaga pendidik akan menjadi tren di tahun ini dan masa mendatang. Para pendidik dapat memanfaatkan media sosial untuk berkomunikasi di luar kelas bersama para siswa, atau media pengumpul jawaban, pertanyaan dan opini di dalam kelas. Selain itu para siswa pun dapat memanfaatkan media ini untuk berkomunikasi dan bertukar informasi dengan pelajar lainnya. Para pendidik pun dapat memanfaatkan media sosial untuk berdiskusi dan menggali ilmu dari pendidik lain dan para ahli. Pemanfaatan Facebook, Twitter, Edmodo dan Grou.ps masih menjadi idola di tahun ini.

12. New Blended Learning

Penggunaan berbagai media interaksi dan ruang kelas virtual dalam pembelajaran akan menjadi lebih semarak. Para pendidik akan mulai mengembangkan model-model pemanfaatan baru dengan menggabungkan berbagai piranti online dan pertemuan tatap muka di kelas untuk menyajikan pembelajaran yang efektif. Penggunaan teknologi komunikasi jarak jauh seperti webinar dan video conference akan disandingkan dengan Learning Management System (LMS) dan media sosial untuk mewadahi interaksi antara pendidik dengan siswa.

Nah itulah beberapa gambaran teknologi yang akan mewarnai sepanjang 2012 ini. Bagaimana prediksi Anda? Mari saling melengkapi!

Tagged: , , , , , , , , , ,

3 thoughts on “Meneropong Tren Teknologi Pembelajaran di Tahun 2012

  1. Herman Nugrahadi Januari 14, 2012 pukul 7:18 am Reply

    sangat menginspirasi… ijin link url yah? salam kenal

  2. Gora Januari 16, 2012 pukul 11:29 am Reply

    Silahkan Mas!🙂

  3. Viktor Agustus 15, 2012 pukul 7:00 am Reply

    Terima kasih ya Pak. Sangat Membantu dalam Menyusun IT Strategic Planning For Edu dalam dunia pendidikan, boleh tau Resourse nya darimana yac?sebagai info balik mungkin bapak bisa mencoba ke http://www.edudemic.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: