Pengembangan Profesional Guru Dengan Pembelajaran Jarak Jauh : Pelajaran Dari Sebuah Ujicoba


Kegiatan pengajaran bersama (Co-Teaching) secara online yang merupakan salah satu kegiatan dalam pengembangan profesional guru secara jarak jauh

Tulisan ini penulis buat sebagai lesson learned dari kegiatan ujicoba pendidikan jarak jauh untuk mendukung pengembangan profesionalisme guru yang diselenggarakan oleh sebuah proyek desentralisasi pendidikan dasar yang didanai oleh lembaga donor negara sahabat. Tulisan ini mencoba memberi gambaran secara singkat tentang bagaimana membuat pendidikan jarak jauh yang sukses, untuk dapat meningkatkan keterampilan pedagogis dan teknologi untuk para pendamping berbasis sekolah (school-based coaches) atau pelatih guru dan para guru di sekolah memanfaatkan teknologi pendidikan jarak jauh.

Keberhasilan pendidikan jarak jauh tidak selalu bertumpu pada teknologi Informasi dan Komunikasi yang ada di belakangnya, namun banyak faktor pendukung yang mampu menciptakan kesuksesan agar pendidikan jarak jauh menjadi “tidak terlalu jauh”, maksudnya adalah meskipun jarak yang jauh memisahkan para peserta dengan fasilitatornya, namun mereka merasa tidak berada dalam jarak yang jauh, serta menghasilkan tingkat keberhasilan yang selisihnya tidak terlalu jauh dengan kesuksesan pembelajaran tatap muka.

Paparan sepanjang delapan halaman ini secara jelas menceritakan bagaimana pengembangan profesional guru dapat dilakukan secara jarak jauh. Tentu saja dalam tulisan ini pula akan dibahas tentang bagaimana melakukan persiapan, proses pelaksanaan serta evaluasi atau penilaiannya. Tulisan ini saya dedikasikan kepada para peneliti, pendidik, calon pendidik maupun pengambil keputusan, agar mereka mendapatkan gambaran secara nyata bagaimana menyelenggarakan kegiatan pengembangan profesional pendidik secara lebih efisien dan efektif memanfaatkan TIK. Semoga bermanfaat!.

Download : Pengembangan Profesional Guru Secara Jarak Jauh (PDF)

Tagged: , , , , , , , , , , , , ,

3 thoughts on “Pengembangan Profesional Guru Dengan Pembelajaran Jarak Jauh : Pelajaran Dari Sebuah Ujicoba

  1. Asep sufyan tsauri November 28, 2011 pukul 11:49 am Reply

    Terima kasih banyak pak, ini sangat berharga bagi saya. Mudah-mudahan lain waktu bisa berkolaborasi dg bapak🙂

  2. Gora November 28, 2011 pukul 12:35 pm Reply

    Sama-sama Mas.

  3. wayanweb Februari 4, 2012 pukul 7:25 pm Reply

    setelah saya baca 40 ketrampilan teknologi yang harus dimiliki oleh seorang pendidik, barus sebagian kecil yang saya miliki. tapi saya selalu belajar menjadi terdepan dalam pembelajaran. saya belum bisa membuat video untuk tutorial seperti punyanya pak Goro. pakai program apa pak untuk membuat video tutorial. trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: