Uforgettable Adventure to North Sumatera


Ayo Keliling Sumatera Utara!

Alhamdulillah dalam melakoni pekerjaan sebagai aktivis pendidikan, saya memiliki kesempatan untuk jalan-jalan sampai ke pelosok negeri tercinta ini. Pengalaman petualangan yang ingin saya ceritakan kali ini adalah petualangan berkeliling Sumatera Utara.

Kota Medan

Disinilah pesawat Garuda yang selalu saya tumpangi mendarat. Tidak ada yang istimewa di kota besar ini selain mampir ke Bolu Gulung Meranti, Warung Durian Ucok dan Mie Titi Bobrok. Karena memang kota ini bukan tujuan utama saya berkunjung ke provinsi Sumatera Utara, melainkan hanya sebagai lokasi singgah saja sebelum melanjutkan perjalanan ke tempat lain.

Brastagi

Nggak afdol kalau ke Sumut tidak menyempatkan diri ke lokasi ini. Untuk menuju kesini, Anda akan melewati jalan yang berkelok-kelok. Brastagi mirip lokasi wisata “Puncak” di Jawa Barat. Wisata pegunungan ini menyuguhkan sejuknya udara dan hangatnya air sulfur pegunungan. Biasanya, ketika saya kesini, saya selalu menyempatkan diri untuk ke Bukit Gundaling. Dari lokasi inilah kita dapat melihat indahnya kota Brastagi. Sempatkan pula untuk belanja buah-buahan disini, karena disinilah surganya sayur dan buah di Sumatera Utara.

 Siantar

Dari Medan, perjalanan saya berlanjut ke Tebing Tinggi lalu ke Siantar. Kota Siantar adalah kota kecil yang berada di jalur lintas Sumatera. Di kota yang terkenal dengan becak motor BSA nya ini biasanya saya selalu mampir ke sebuah kedai kopi “Kok Tong“. Kopi yang disajikan disana hampir mirip dengan kopi di kedai-kedai pada umumnya, namun aroma khas dan kerasnya kopi yang disajikan membuat saya ketagihan untuk selalu mampir kesana. Menu minuman yang selalu saya beli adalah Kopi Susu dan Kopi-O (Original). Jika Anda lewat kota ini, sempatkan pula untuk menikmati nikmatnya Roti Ganda, yaitu roti berisikan selai sarikaya khas kota ini dan minuman soda “Cap Badak” yang tidak akan anda temui di kota lain.🙂

Parapat

Indahnya Danau Toba

Inilah spot wisata yang paling terkenal di mancanegara, karena disinilah Danau Toba berada. Sebuah danau vulkanik terbesar yang memancarkan pesona keindahan alam yang sensasional🙂. Dalam perjalanan menuju ke Parapat, Anda akan disambut dengan hijaunya persawahan, jalan berkelok-kelok, suasana hutan dan sambutan monyet-monyet liar yang selalu menunggu setiap mobil yang lewat memberikan makanan. Ketika akan masuk ke area Danau Toba, Anda akan melihat bukit cadas di sebelah kiri jalan, dan hamparan danau yang luas di sebelah kanan jalan. Coba bukalah kaca mobil Anda dan rasakan sejuknya udara pegunungan.

Sempatkan untuk menginap, barang semalam disini untuk menikmati indahnya pemandangan danau. Jangan lupa untuk menikmati petualangan menyebrang danau menggunakan kapal ferry menuju ke Pulau Samosir, sebuah pulau di tengah danau yang terkenal dengan spot “Tuk-Tuk“, yang menjadi idola turis manca untuk menginap. Perjalanan menggunakan kapal ferry tidak begitu lama, hanya berkisar antara 30 sampai 45 menit saja, sangat layak untuk dicoba!🙂. Budaya Batak sangat kental di daerah ini, jadi jika Anda ingin membeli souvenir khas Batak, saya sarankan untuk membeli di Samosir, tentu saja Anda harus pintar menawar harga.

Munson, A.Koting, Tapanuli Utara

Lokasi ini adalah sisa-sisa budaya kuno salah satu suku di Sumut. Disinilah beberapa orang misionaris asing dikabarkan hilang. Mereka yang hilang ini menurut cerita dibunuh dan dimakan oleh suku asli daerah ini. Saya hanya mampir dan berfoto di gapura depan yang berada tepat di pinggir jalan utama lintas sumatera, karena semua rekan saya “takut”. Jika Anda kesini, di dalam desa masih terdapat sebuah “tungku” yang kabarnya digunakan untuk memasak misionaris-misionaris yang hilang dahulu kala. Ngeri ya?

Terowongan Batu, Jalur Lintas Sumatera

Terowongan Batu, Tapanuli Utara

Dari Munson, sebelum sampai ke Sibolga, Tapanuli Selatan, masih di Jalur Lintas Sumatera, Anda akan bertemu dengan Terowongan Batu. Kabarnya, untuk membuat terowongan ini banyak nyawa melayang. Sampai saat ini terowongan yang ada masih terlihat sangat alami, minus sentuhan teknologi (karena dibuat dengan handmade). Jalan di dalam terowongan hanya cukup dilewati dua kendaraan, itupun harus berhati-hati. Di samping kiri dan kanan terowongan Anda akan menemui bukit cadas dengan air terjun alami yang muncul dari rerimbunan hutan.

Tepat sebelum Anda bertemu dengan terowongan ini, ada sebuah saung yang lumayan asyik sebagai lokasi istirahat. Namun Anda harus hati-hati dalam memarkir mobil, karena bisa-bisa jika terlalu menjorok ke jalan, mobil Anda dapat menghalangi pengguna jalan lain yang keluar masuk terowongan. Di saung inilah Anda dapat menikmati indahnya hutan alami, dalamnya jurang serta gemercik air terjun yang memancar.

Sibolga

Tepian Nauli

Sebelum Anda sampai di kota ini, Anda akan disambut dengan indahnya pemandangan pulau-pulau kecil yang berada di lepas Samudera Hindia. Sempatkan untuk berhenti sejenak untuk menikmati pemandangan yang indah ini sebelum meneruskan perjalanan ke Kota Sibolga.

Selain indahnya pemandangan pantai yang belum banyak terjamah tangan manusia, ketika berada di kota Sibolga, Anda harus menikmati lezatnya sajian Sea Food, karena kota ini terkenal juga dengan hidangan lautnya. Saking penasarannya, saya telah mencoba berbagai sajian dari mulai Rajungan, Cumi, Ikan Kue hingga Ikan Hiu🙂. Jangan lupa untuk mencari durian jika Anda penggemar buah yang satu ini, karena buah durian disini sangat murah dibandingkan dengan harga di Jakarta tentunya🙂

Petualangan Pulau Poncan, Sibolga

Jika Anda menginap di Sibolga, cobalah untuk menikmati sensasi menginap di Pulau Poncan, sebuah pulau kecil yang berada tidak jauh dari Sibolga. Pulau ini sangat indah dengan hamparan pasir putihnya. Usahakan bangun pagi untuk menikmati pemandangan terbitnya matahari, serta mulailah menyusuri pantai yang perawan dengan berjalan tanpa alas kaki, sungguh nikmat luar biasa! Subhanallah!. Anda pun dapat aman berenang di pantai ini karena ombak nya tidak begitu kuat.

Jika kesini, Anda harus menyiapkan lotion anti nyamuk, karena nyamuk disini ganas-ganas🙂. Tersedia kapal kecil untuk menyebrang di setiap jamnya, jadi jangan khawatir untuk pulang ke Sibolga kembali.

Overall, perjalanan dari Medan ke Sibolga memang sangat berkesan, menantang dan menyenangkan. Total waktu sekali perjalanan kurang lebih 12 (dua belas) jam. Untungnya saya tidak melakukan perjalanan langsung, karena saya menyempatkan untuk menginap di beberapa tempat diatas, jadi tidak merasa capek dengan perjalanan yang ada. Adanya mitos Anda akan merasa kesulitan (bagi seorang muslim) untuk menemukan masakan halal di Sumut adalah hoax🙂 karena ternyata, di semua tempat pasti terdapat restoran muslim yang menyajikan masakan halal, so jangan khawatir. Malah banyak resto yang menyajikan makanan yang super enak.

 

Tagged: , , , ,

3 thoughts on “Uforgettable Adventure to North Sumatera

  1. rusydi Oktober 12, 2011 pukul 4:43 am Reply

    jadi pengen nyoba soda cap badak. sodanya keras gak ya

  2. Muhammad Nuh November 18, 2011 pukul 9:14 pm Reply

    kira-kira masih mau balek ke sumut gak ya mas, kami pasti sangat senang jika mau berbagai teknologi lagi di IAIN SU, saluuut buat mas gora he he he …

  3. daryana November 25, 2011 pukul 4:15 pm Reply

    mantap gan, lanjut terus…!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: