Poodle = Moodle Offline, Solusi Penyusunan dan Distribusi Kelas Online untuk Mengatasi Keterbatasan Koneksi Internet


Poodle = Offline Moodle for Online Course Delivery and Designing

Dalam kegiatan Pendidikan Jarak Jauh yang saat ini saya jalankan bekerjasama dengan belasan perguruan tinggi mitra di Indonesia, terdapat beberapa kondisi riil yang terjadi, yang sangat menantang untuk dicari solusinya. Salah satu solusi yang sering muncul dan diutarakan oleh para dosen yang kami dampingi dalam menyusun kelas online mereka menyatakan bahwa mereka seringkali menemui kendala soal koneksi internet. Dari mulai koneksi mobile Internet yang lambat di rumah mereka karena sinyal yang kurang bagus, hingga keluhan minimnya koneksi Internet di kampus.

Kondisi koneksi seperti ini juga kerap membayangi ketika kita menyelenggarakan pelatihan manajemen perkuliahan online menggunakan Moodle yang berada di Internet. Terkadang, kondisi koneksi yang kurang stabil menyebabkan kelas online susah untuk diakses. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi keterbatasan koneksi Internet adalah menggunakan Moodle Offline, yaitu sebuah layanan Moodle yang dapat diakses tanpa koneksi Internet. Namun, realisasinya masih terdapat kesulitan, khususnya bagi para pemula yang akan melakukan instalasi Moodle di komputernya. Yang pasti, mereka harus menginstal web server, database server serta LMS Moodle dalam komputernya masing-masing, tentu saja hal ini cukup menyita waktu dan dibutuhkan kemampuan teknologi lanjut yang belum tentu mudah untuk dikuasai bagi para pemula.

Lantas bagaimana solusi mudahnya? Sebuah aplikasi desktop bernama Poodle mungkin menjadi salah satu solusinya. Poodle adalah aplikasi yang dikembangkan oleh MAF Learning Technologies yang dapat dijalankan secara portable, berisi Apache Web Server, server basis data MySQL, PHP dan tentu saja Moodle. Dengan aplikasi ini Anda tidak perlu repot menginstal webserver, server basis data serta aplikasi lain untuk dapat menjalankan Moodle di komputer Anda.

Hebatnya, Moodle yang disertakanpun dapat di modifikasi semau kita. Kita dapat mengganti Theme, menambahkan plug-in, dll. Kemudahan lainnya adalah, karena sifat aplikasinya yang Portable, maka aplikasi ini dapat dijalankan dengan mudah di lingkungan sistem operasi berbasis Windows dengan hanya menyimpannya di flashdisk. Dengan cara seperti ini para perancang kelas online dapat dengan mudah melakukan penyusunan kelas tanpa butuh koneksi Internet.

Manfaat lain juga dituturkan oleh salah satu dosen yang ikut program Pendidikan Jarak Jauh DBE2 USAID dari Universitas Negeri Surabaya, Made Pramono. Beliau menuturkan, jika menggunakan Poodle dalam pelatihan manajemen/pengelolaan kelas online dalam Moodle untuk para administrat LMS perguruan tinggi, kita tidak perlu repot-repot menyediakan koneksi internet di ruang pelatihan, cukup offline saja. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan program ini untuk menyebarluaskan konten pembelajaran elektronik kepada para peserta didik, sehingga nantinya mereka akan dapat dengan mudah mengakses konten pembelajaran yang ada tanpa perlu terkoneksi dengan Internet.

Untuk mendapatkan Poodle, silahkan kunjungi halaman ini :  http://www.maflt.org/products/poodle. Setelah selesai mendownload, jalankan file exe yang ada di dalam direktori root. Berikutnya aplikasi portable telah dijalankan di dalam komputer. Langkah selanjutnya adalah klik pada icon Portable Apps yang ada di dalam Taskbar Windows, kemudian pilih menu Start Moodle. Setelah Moodle berjalan, maka Anda telah siap untuk melakukan penyusunan kelas dan berlatih melakukan pengaturan kelas online. Sangat mudah bukan? Selamat berinovasi!.

Tagged: , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: