Bagaimanakah Pemanfaatan TIK yang Efektif dalam Pembelajaran?


Winastwan Gora Menjadi Pembicara di Acara Seminar Pendidikan Menyambut Milad UAD Yogyakarta

Saat ini mungkin telah banyak para pendidik yang sudah mulai membawa perangkat TIK (Teknologi Informasi dan Informasi) yang dimilikinya kedalam kelas untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Sebagaian besar dari mereka hanya memanfaatkan perangkat TIK tersebut sebagai perangkat presentasi satu arah saja, tidak lebih dari itu.

Dengan hanya menjadikan perangkat TIK sebagai media presentasi satu arah, misalnya untuk menjelaskan materi pembelajaran di depan kelas saja maka pemanfaatan TIK tersebut tidak akan membawa manfaat lebih kepada para siswa. Padahal dengan kreatifitas, sebagai seorang didik kita dapat memanfaatkan TIK yang ada untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam kelas. Berbagai hal tentang pemanfaatan TIK yang efektif di dalam kelas ini disampaikan oleh Winastwan Gora dalam acara Seminar Nasional “Pemanfaatan ITC dalam Pendidikan” merupakan bagian dari acara Milad UAD ke-50 tahun yang berlangsung pada tanggal 05 Februari 2011 di kampus Universitas Ahmad Dahlan di Jl. Kapas 9, Semaki Umbulharjo, Yogyakarta. Pembicara lain yang hadir dalam seminar ini adalah Prof. Suwarsih Madya, Ph.D dan Ari Budiyanto, Amd.

Tidak semua pemanfaatan TIK di dalam kelas menjadi efektif untuk mendukung peningkatan kualitas pembelajaran. Terdapat beberapa hal yang dapat membuat TIK menjadi efektif ketika dibawa kedalam kelas yaitu ketika TIK digunakan di kelas untuk :

  1. Mendukung tercapainya tujuan pembelajaran
  2. Melatih kecakapan media dan informasi sebagai kebutuhan abad ke-21 (bagian dari 21st Century Skills)
  3. Menciptakan suasana kelas aktif dan menyenangkan (Active and Joyful Learning).
  4. Menyampaikan pembelajaran bermakna (meaningfull learning).
  5. Memberikan ruang akses kepada siswa untuk bereksplorasi dan berkreatifitas.
  6. Berlatih menyelesaikan permasalahan sehari-hari (problem solving & real-world connection).
  7. Melatih kemampuan berkomunikasi, berkolaborasi dan bekerja sama dalam kelompok.
  8. Membawa siswa ke tingkat pemikiran yang lebih tinggi (high order thinking)

Selain hal-hal diatas tentu masih banyak hal lain yang belum dituliskan. Tentu saja hal diatas dapat juga dilakukan dengan tools lainnya (selain TIK). Di dalam seminar ini penulis juga menjelaskan bahwa TIK hanyalah sebuah media dan tool (perangkat) pembelajaran, sama dengan papan tulis, kertas dan spidol. Hanya lewat kreatifitaslah para pendidik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Jadi semua kembali pada pengembangan skenario pembelajaran yang dikembangkan oleh para pendidik, bukan pada teknologinya saja.

Untuk lebih jelasnya mengenai paparan (presentasi) diatas, silahkan unduh dan baca presentasi yang penulis sajikan dalam acara tersebut disini :

Download Slide Presentasi Bagaimanakah Pemanfaatan TIK Efektif di Kelas

Gempuran TIK sepertinya, mau tidak mau akan tetap datang di lingkungan kita dan anak didik, bahkan sekarangpun gelombang tersebut telah berada di tengah-tengah kita. Mari kita persiapkan anak didik kita untuk menghadapi masa depan, mulai sekarang bukan nanti! Selamat berjuang!.

Tagged: , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: