Buku PAKEMATIK Akhirnya Terbit Juga!


Cover Depan Buku PAKEMATIK

Setelah mencurahkan pikiran dan tenaga selama lebih dari setahun untuk menulis dan mendokumentasikan semua ide, akhirnya buku PAKEMATIK, Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK terbit juga di pasaran. Buku yang saya tulis bersama Bapak Sunarto, S.Pd, M.Pd, yang diterbitkan oleh PT. Elex Media Komputindo ini memang secara khusus membahas tentang bagaimana Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat dimanfaatkan untuk mendukung proses Pembelajaran Aktif (Active Learning) di dalam kelas.

Buku ini sebenarnya merupakan rangkuman tentang apa yang saya kerjakan selama kurun waktu beberapa tahun ini bersama proyek pendidikan dasar terdesentralisasi yang didanai oleh USAID. Terdapat beberapa hal menarik yang menarik untuk ditulis, diperkaya dan disebarluaskan, sehingga para Guru mendapatkan sebuah pandangan yang utuh mengenai pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam mendukung terciptanya pembelajaran aktif.

Buku ini juga menjawab tantangan yang telah disebutkan dalam Permendiknas Nomor 78 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Sekolah Bertaraf Internasional pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah di dalam Bab II. Standar Penyelenggaraan, Bagian Ketiga mengenai Standar Penyelenggaraan, dalam Pasal 5 Ayat 2 menyebutkan bahwa “Proses pembelajaran sebagaimana dimaksud ayat (1) menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, aktif, kreatif, efektif, menyenangkan dan kontekstual. Dimana lewat buku ini para Guru dapat memperoleh wawasan mengenai implementasi dari Permendiknas tersebut.

Ide dasar dari penulisan buku ini adalah menyediakan literatur bagi para pendidik tentang strategi dan teknik pemanfaatan teknologi informasi dalam mendukung proses pembelajaran aktif menggunakan berbagai contoh/skenario pembelajaran yang mudah untuk diadaptasi sesuai dengan mata pelajaran tertentu. Buku ini memang sengaja tidak banyak mengupas konsep-konsep teori pendidikan, namun lebih ke aplikasi, agar para guru/staf pengajar mendapatkan gambaran skenario aktifitas pembelajaran di dalam kelas. Buku ini memaparkan berbagai aktifitas pembelajaran memanfaatkan teknologi informasi memanfaatkan berbagai aplikasi yang dibagi dalam beberapa bagian sebagai berikut.

Bab 1. Sekilas Tentang Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PAKEMATIK)

Bab ini membahas sekilas tentang Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PAKEMATIK) serta pentingnya pemanfaatan dan integrasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di dalam kelas untuk membantu tercapainya tujuan pembelajaran, membekali siswa dengan keterampilan teknologi, keterampilan sosial dan kemampuan berpikir tingkat tinggi agar siap dalam menghadapi tantangan abad ke-21.

Bab 2. Mulai Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran

Bab ini membahas tentang dasar-dasar pengetahuan dalam pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  dalam pembelajaran, yang meliputi pengenalan perangkat TIK, pengenalan berbagai model /tipe komputer, mengadakan dan memasang perangkat TIK di kelas, mengenal berbagai tipe lisensi software, dan mengenal berbagai jenis software/aplikasi yang digunakan untuk pembelajaran.

Bab 3. Permainan Interaktif untuk Mengevaluasi Pemahaman Memanfaatkan Aplikasi Presentasi

Bab ini menjelaskan bagaimana guru dapat memanfaatkan satu buah komputer dan aplikasi Presentasi untuk meningkatkan interaktifitas di dalam kelas, diskusi kolaboratif serta untuk melakukan penguatan (reinforcement) dan evaluasi pada seluruh kelas atas materi pelajaran yang telah disampaikan.

Bab 4. Strategi Pembelajaran Peta Konsep

Dalam bab ini dijelaskan bagaimana aplikasi peta konsep dapat digunakan sebagai alat pembelajaran visual untuk meningkatkan keterampilan berpikir siswa dalam berbagai contoh aktifitas pembelajaran kolaboratif.

Bab 5. Penceritaan Digital (Digital Storytelling) untuk Melatih Kemampuan Berkomunikasi dan Daya Kreasi Siswa

Bab ini menjelaskan bagaimana guru dapat memanfaatkan berbagai aplikasi penyusun multimedia untuk melatih kemampuan siswa dalam berkreasi, membangun cerita dan mengkomunikasikan idenya lewat berbagai produk multimedia dengan pendekatan pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning)

Bab 6. Merancang Pembelajaran Aktif yang Mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Setelah mempelajari berbagai model integrasi teknologi, sekarang saatnyalah Anda melakukan perancangan pembelajaran yang mengintegrasikan teknologi. Anda akan dibimbing secara setahap demi setahap untuk melakukan perancangan tersebut, mulai dari perancangan tujuan instruksional, perencanaan kegiatan pembelajaran hingga evaluasi.

Dalam buku ini diberikan berbagai contoh aktifitas pemanfaatan TIK untuk mendukung pembelajaran aktif dengan contoh kurikulum yang ada di Sekolah Dasar. Namun, Anda juga dapat mengadopsi model aktifitas yang ada untuk jenjang pendidikan diatasnya (Sekolah Menengah) dengan melakukan penyesuaian pada isi kurikulum. Untuk pemanfaatan TIK di jenjang pendidikan yang lebih tinggi, Anda dapat memanfaatkan aplikasi dan instruksi yang lebih kompleks.

Sebagai catatan bagi para pengguna buku ini, bahwa untuk mempermudah penggunaan berbagai aktifitas pembelajaran yang ada, buku ini dilengkapi dengan sebuah CD (Compact Disc) yang berisi berbagai contoh file yang digunakan dalam aktifitas pembelajaran yang ada. Sedangkan untuk aplikasi perkantoran yang digunakan, penulis menyarankan untuk menggunakan aplikasi resmi/legal. Jika Anda tidak memiliki cukup uang untuk membeli aplikasi perkantoran semacam Microsoft Office, maka Anda dapat menggunakan aplikasi perkantoran berkode sumber terbuka (open source) seperti OpenOffice.Org. Dalam aktifitas yang ada juga diperkenalkan penggunaan berbagai aplikasi gratis (freeware) seperti aplikasi pemetaan konsep gratis bernama Edraw Mind Map sebagai alternatif penggunaan aplikasi gratis yang dapat dimanfaatkan di dalam kelas. Aplikasi gratis lain yang digunakan adalah aplikasi Microsoft Photostory sebagai perangkat penceritaan digital (digital storytelling).

Penulis sangat berterima kasih kepada beberapa pihak khususnya Pak Jasmadi, yang telah secara khusus membantu kami dalam melakukan editing, serta Ibu Elizabeth Aribawa (Elex Media Komputindo) yang secara khusus memberikan kepedulian super extra dalam penerbitan buku ini yang hanya memakan waktu 1 (satu) bulan untuk terbit ke pasaran. Bagi para pendidik yang ingin mendapatkan buku ini silahkan kunjungi Toko Buku Online BukaBuku dan Gila Buku. Semoga buku ini dapat memperkaya khasanah tulisan tentang teknologi pendidikan dan pemanfaatan TIK dalam pendidikan di Indonesia!

Tagged: , , , , , , , ,

One thought on “Buku PAKEMATIK Akhirnya Terbit Juga!

  1. […] diperlukan adalah kemampuan ber-TIK dalam pembelajaran. Bahkan, belakangan ini muncul istilah PAKEMATIK (Karya: Pak Winastwan Gora) di tahun 2010 seolah menguatkan tentang pemanfaatan TIK dalam proses […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: