Manakah Jumlah Komputer yang Efektif untuk Siswa? Satu Komputer untuk Satu Siswa atau Satu Komputer untuk Beberapa Siswa?


Terdapat banyak pandangan mengenai berapa banyak komputer yang harus disediakan di dalam kelas untuk pembelajaran yang efektif. Beberapa pihak menyatakan bahwa pemanfaatan satu buah komputer untuk satu orang siswa lebih efektif, namun ada pula yang menyatakan penggunaan satu buah komputer untuk beberapa siswa jauh lebih efektif. Namun demikian pendapat tersebut perlu kita telisik lebih jauh.

Dari segi biaya penyediaan satu komputer untuk satu siswa membutuhkan biaya yang lebih besar dimana akan lebih banyak komputer yang harus dibeli oleh sekolah. Penggunaan satu komputer untuk satu siswa sangat efektif untuk mengajarkan keterampilan software kepada siswa, dimana siswa punya kesempatan mencoba lebih besar karena tidak harus berbagi dengan siswa lainnya. Apabila sekolah memiliki anggaran yang terbatas untuk pengadaan komputer, mereka dapat menyediakan beberapa komputer saja, misalnya saja dengan rasio 1 : 4, dimana satu buah komputer akan digunakan oleh 4 (empat) orang anak dalam satu kelas. Dengan seperti ini tentu saja akan lebih efisien dari segi biaya. Sebenarnya dengan penggunaan satu buah komputer untuk beberapa orang siswa akan melatih para siswa tersebut untuk bekerja dalam kelompok, berempati dan berkesempatan untuk belajar dari rekan sejawatnya (peer teaching).

Lantas apakah penggunaan satu komputer untuk satu siswa adalah jelek? Jawabannya adalah tidak juga. Sebenarnya yang menjadi permasalahan adalah kita tidak ingin mencetak siswa yang menjadi autis dan tidak peduli dengan lingkungan sekitar ketika mendapatkan sebuah “mainan” baru berupa komputer yang digunakannya dalam pembelajaran. Siswa tidak boleh dididik untuk menjadi egois dan tidak memiliki empati terhadap rekan yang lain. Selain itu mereka harus dibiasakan untuk dapat bekerjasama dengan orang lain sebagai mahluk sosial.

Nah, untuk menyediakan aktifitas pembelajaran kolaboratif ketika satu orang siswa menggunakan satu komputer merupakan tanggung jawab dan peran dari seorang pendidik sebagai sang sutradara pembelajaran. Guru harus memikirkan skenario pembelajaran agar siswa tetap dapat berkolaborasi dan bekerja sama meskipun masing-masing dari mereka mendapatkan akses satu komputer. Selain itu sang guru juga harus memikirkan media apa yang nantinya digunakan untuk bekerja sama. Media yang dimaksudkan disini adalah software/piranti lunak. Jadi manakah yang akan Anda pilih? Satu komputer untuk satu siswa? Atau satu komputer untuk beberapa orang siswa?

Tagged: , , , , , ,

5 thoughts on “Manakah Jumlah Komputer yang Efektif untuk Siswa? Satu Komputer untuk Satu Siswa atau Satu Komputer untuk Beberapa Siswa?

  1. nuances pen dofollow Juni 16, 2010 pukul 6:05 pm Reply

    Idealnya menurut saya 1 komputer untuk 2 orang! Kalau lebih kurang konsentrasi!

  2. Mohammad Syafii Juni 25, 2010 pukul 5:16 am Reply

    Salam Kenal… dan banyak terima kasih buat orang Semarang, karena dengan secara langsung kami bisa mendapatkan inspirasi untuk kemajuan mgmptik smp/mts kota Balikpapan dari anda – anda di semarang yang pertama dari mgmptik smp semarang kita bisa tahu arah kemana mgmptik smp/mts kota balikpapan berjalan. kemudian dari anda bung Gora kami tahu apa – apa yang harus diberikan kepada guru untuk meningkatkan kwalitas mereka, blog anda sangat berarti buat kami yang ada di Balikpapan. terus bersemangat karena semangat anda selalu terasa di Balikpapan – Kalimantan Timur.

  3. asmarie Juni 30, 2010 pukul 7:03 am Reply

    semangat buat pak Gora….

    saya dukung pokoknya

  4. Ery Wijaya Agustus 3, 2010 pukul 1:20 pm Reply

    Klo menurut saya 1 komputer ya untuk 1 siswa Pak..

  5. MT November 3, 2010 pukul 2:44 pm Reply

    klo menurut saya masing-masing memiliki sisi baik dari pemanfaatan menggunakan satu atau beberapa komputer di dalam kelas. Jika menggunakan 1 komputer per-anak tentu kompetensi yang akan dikembangkan adalah kecakapan individual, sedangkan jika penggunaan 1 komputer untuk beberapa anak dapat mengembangkan pembelajaran secara kolaboratif, mereka dapat berbagi satu dengan yang lain untuk saling membantu membangun kemampuan mereka. Bagaimana menurut pembaca lainnya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: