Inovasi Telkom dengan Sistem Informasi Sekolah Berkonsep SaaS


Kali ini, Telkom sebagai penyedia jasa layanan telekomunikasi terbesar di Indonesia menghadirkan sebuah inovasi baru untuk kalangan pendidikan. Inovasi terbaru tersebut  bernama SIAP Online. SIAP Online hadir memadukan beragam sistem dan aplikasi online yang dibutuhkan oleh sekolah, guru, siswa, dan orangtua/wali siswa dengan instan dan tidak merepotkan. SIAP Online mampu mengelola data dan informasi pendidikan dengan lebih cepat, mudah, akurat, terpadu dan berkesinambungan dari mulai tingkat sekolah, dinas pendidikan kota, kabupaten, propinsi hingga pusat (depdiknas). Semua kemampuan yang tersedia sangatlah terjangkau, berbiaya investasi rendah dengan nilai manfaat sangat tinggi.

Hal ini dimungkinkan karena layanan yang disediakan berkonsep SAAS (Software As A Service) dimana pengguna tidak perlu lagi menyediakan dan memiliki server sendiri, tidak perlu melakukan instalasi software, sehingga terbebas dari biaya perawatan hardware dan software. Karena dihosting oleh Telkom, sekolah cukup menyediakan koneksi Internet untuk mengakses aplikasi berbasis web ini. Kelebihan lainnya adalah jumlah pengguna yang tidak dibatasi.

Layanan SIAP-Online memiliki beberapa modul yaitu SIAP Sekolah, SIAP Guru, SIAP Siswa, SIAP Ortu dan SIAP Web. Saat ini, layanan SIAP Online dapat dimanfaatkan secara gratis dengan berbagai keterbatasan. Bagi Sekolah yang ingin berlangganan dan memanfaatkan layanan ini dengan cara melakukan pendaftaran layanan SIAP Online melalui pengajuan SIAP Online Edisi Gratis yang disediakan secara online Disini. Berikutnya pihak Sekolah mengikuti proses pendaftaran sesuai petunjuk yang di kirimkan melalui email. Kemudian pihak Sekolah melakukan aktifasi akun ke http://sekolah.siap-online.com.

Layanan SaaS seperti ini memang sedang menjadi tren di beberapa tahun terakhir seiring dengan mudahnya memiliki koneksi Internet. Bayangkan saja dengan hanya bermodalkan koneksi Internet, sekolah telah dapat mengakses sebuah sistem informasi yang kalau dibangun/dikembangkan sendiri akan menghabiskan biaya yang lumayan besar, belum lagi investasi perangkat keras yang harus dikeluarkan. Solusi ini sepertinya menjadi solusi praktis bagi sekolah yang memiliki anggaran minim.

Keunggulan lain dari layanan ini adalah SIAP Online telah dirancang untuk turut mendukung kebijakan serta program-program dari Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). Saat ini sangat kami rekomendasikan bagi para pelanggan SIAP Online untuk basis data siswa dan sekolah menggunakan layanan Dapodik (Data Pokok Pendidikan) yang disediakan oleh Depdiknas. Walaupun demikian, SIAP Online telah mengembangkan sistem yang mampu menghadapi berbagai kebutuhan lokal. Beberapa pilihan katalog aturan yang flexibel untuk berbagai pilihan sesuai regualasi lokal yang berlaku berbeda-beda untuk setiap Dinas Pendidikan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan ini, silahkan mengunjungi website SIAP Online.

Tagged: , , ,

One thought on “Inovasi Telkom dengan Sistem Informasi Sekolah Berkonsep SaaS

  1. NPS Mei 10, 2010 pukul 9:32 pm Reply

    sudah ada sekolah yang menggunakannya belum?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: