Do It Yourself Project : Menyelenggarakan Multipoint Video Conferencing Menggunakan Skype


5369_1206539645132_1277908019_609959_5949098_n

Gubernur Sulawesi Selatan Berdialog dengan PSBG DBE2 USAID

Menyelenggarakan video conference dengan banyak orang di tempat terpisah terkadang di benak kita masih terbesit pikiran untuk melakukannya butuh biaya yang mahal. Ada berbagai macam peralatan yang biasa digunakan untuk melakukan hal tersebut salah satunya Polycom, namun perangkat tersebut harganya tentu saja harganya sangat mahal, sekitar 80 jutaan. Hal ini tentu saja sangat mustahil untuk bisa dilakukan oleh institusi atau pribadi dengan kocek minim🙂 .

Ada alternatif lain untuk menyelenggarakan video conference dengan 4 (empat) tempat berbeda atau yang sering disebut dengan multipoint video conference, yaitu memanfaatkan aplikasi gratis Skype. Skype adalah salah satu perangkat VoIP (Voice Over Internet Protocol) yang dapat digunakan untuk melakukan komunikasi suara, teks dan gambar video secara gratis dan sangat populer di dunia maya. Aplikasi Skype ini secara default hanya dapat digunakan untuk berkomunikasi video secara point-to-point saja, alias antara satu peserta dengan satu peserta. Namun dengan sedikit kreatifitas, aplikasi ini akan kita gunakan untuk melakukan komunikasi multipoint, atau dengan banyak tempat dan client.

5369_1206505364275_1277908019_609906_7287322_n

Suasana Video Conference

Kami telah mengujicobakan hal ini ketika pelaksanaan kegiatan video conference yang dilakukan oleh Gubernur Sulawesi Selatan (Syahrul Yasin Limpo) dengan 3 (tiga) Pusat Sumber Belajar Gugus (PSBG) binaan DBE2 USAID beberapa waktu yang lalu dalam acara Dies Natalis Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan. Hasilnya memang tidak begitu sempurna, artinya sedikit berbeda kualitas dengan dibandingkan dengan perangkat video conference yang mahal seperti Polycom. Namun hal ini cukup memberikan pengalaman tersendiri khususnya untuk beberapa PSBG yang mengikuti acara ini, yaitu PSBG Pelita Ilmu di Pangkep, PSBG Karya Mandiri Guru di Makassar dan PSBG Harapan Baru di Jeneponto dimana mereka untuk pertama kalinya dapat melakukan dialog secara langsung dengan Rektor UNM dan Gubernur Sulawesi Selatan.

Perangkat yang dibutuhkan untuk dapat menyelenggarakan kegiatan ini dengan 4 (empat) titik komunikasi antara lain :

  1. PC (Personal Computer) sebanyak 3 (tiga) unit yang telah diinstall aplikasi Skype
  2. VGA to A/V Adapter, sebagai perangkat keluaran (output) untuk menampilkan gambar dari PC ke koneksi A/V (Audio Video) yang ada pada Quad Processor. Keluaran dari Adapter ini akan disambungkan pada port A/V dalam Quad Processor.
  3. TV Tunner Eksternal (USB) untuk menangkap gambar dari Camcorder yang difungsikan untuk menangkap gambar pembicara yang ada di mimbar/panggung.
  4. Quad Processor/Multiplexer, sebagai mixer video murah. Quad Processor ini adalah perangkat pengolah video yang berasal dari 4 (empat) sumber agar dapat ditampilkan secara bersama-sama.
  5. A/V Distributor, yang berfungsi untuk memperkuat dan membagi sinyal video keluaran untuk ditampilkan pada banyak media sorot/LCD proyektor.
  6. A/V Selector, yang berfungsi untuk memilih sumber video yang akan ditampilkan di layar.
  7. Camcorder, berfungsi untuk menangkap gambar dalam ruangan konferensi
  8. Audio Mixer, untuk mengolah dan memperkuat suara dari panggung dan masukan dari komputer.
  9. Converter jack audio mono, ujung besar ke ujung kecil, sebagai penghubung kabel Audio dari mixer audio (jack besar) ke komputer (jack kecil), baik untuk kabel audio output maupun input.
  10. Kabel Audio/Video
  11. LCD Proyektor, untuk menampilkan gambar keluaran ke layar/screen

Pasangkan semua komponen yang ada diatas sesuai dengan gambar skema yang ada di bawah ini.

Skema Instalasi Perangkat Video Conference Multipoint

Skema Instalasi Perangkat Video Conference Multipoint

Berikutnya PC akan melakukan panggilan dengan satu tempat, kemudian PC lain akan melakukan hal yang sama namun dengan tempat yang berbeda. Video yang tampil di masing-masing komputer akan dimasukkan dalam Quad Processor/Multiplexer dan akan ditampilkan bersama-sama alias dicampur (di-mix). Lalu audio juga akan dicampur memanfaatkan mixer audio.

5369_1206504364250_1277908019_609900_6581207_n
PC yang Digunakan untuk Melakukan Panggilan

Agar tampilan yang dihasilkan memiliki kualitas yang bagus, baik dari sisi kualitas gambar maupun kualitas suara, maka diperlukan lebar bandwidth yang cukup besar. Dari pengalaman kami, dengan bandwidth 1 Mbps (Leased Line) di lokasi Auditorium Universitas Negeri Makassar dan lebar bandwidth up to 512 Kbps (Telkomnet Speedy) di tiga lokasi PSBG sangat cukup untuk melakukan panggilan video dengan kualitas suara dan video yang cukup bagus.

Penjelasan diatas merupakan solusi alternatif untuk dapat menyelenggarakan video conference untuk 4 (empat) tempat dengan biaya murah. Semoga cara ini dapat menjadi solusi murah untuk menyelenggarakan komunikasi video multipoint.

Baca tulisan/berita lengkap pelaksanaan video conference disini

Tagged: , , ,

8 thoughts on “Do It Yourself Project : Menyelenggarakan Multipoint Video Conferencing Menggunakan Skype

  1. sindikasi November 10, 2009 pukul 12:56 pm Reply

    wah blog ini dapet ISBA 2009 dari detikinet

  2. fazlyachmad November 10, 2009 pukul 2:31 pm Reply

    Waah, terima kasih atas informasinya… i very appreciate this one…🙂

  3. toni tegar sahidi November 10, 2009 pukul 3:01 pm Reply

    mantaps pak.. ini namanya memanfaatkan keterbatasan hehe…. kreatip terus berkarya kawan!!!

  4. Achmad Arifin November 11, 2009 pukul 12:51 pm Reply

    siipp, TOP BGT

  5. Indra Maret 5, 2010 pukul 1:09 am Reply

    wahh..mantabs boss..saluutt bwt ideanya,,btw tutorial lebih lengkapnya dong bos dikirim by mail kalo bisa,,saya mo coba praktekan, n perangkatnya bs didapet dimana dan harganya brp (VGA to A/V Adapter, Quad Processor/Multiplexer, A/V Distributor, A/V Selector, Audio Mixer) plus budget yg dihabiskan brapa banyak bos.????

  6. Daryatno Mei 6, 2010 pukul 2:49 pm Reply

    Boleh juga ide ini. Saya baru mau rencana implement ini dikantor. Untuk sementara baru point to point saja.. Saya juga mau tutorialnya dunk..ini email saya italindo.co.id atau red_ultimax@yahoo.com. Dengan senang hati juga kalau ada semua device yang diperlukan dan budget. Terima kasih Bro…

  7. harjo Desember 9, 2010 pukul 10:23 am Reply

    menarik sekali tulisannya..dan patut di coba untuk diaplikasikan.
    boleh kasih tutorial lengkap dan detail biaya pak, sangat tertarik untuk di coba di kantor saya..

    harjoena@gmail.com

  8. Narma Maret 27, 2011 pukul 11:16 am Reply

    wah kreatif juga nih, terima kasih pak bisa saya kembangkan idenya di tempat kerja saya, thanks bro…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: