Bagaimanakah Pemanfaatan ICT yang Efektif dalam Aktivitas Pembelajaran di Kelas?


Suasana diskusi interaktif di SDIT Al-Firdaus, Semarang

Suasana diskusi interaktif di SDIT Al-Firdaus, Semarang

Saat ini banyak sekolah yang mengaku telah menerapkan ICT (Information and Communication Technology) dalam pembelajarannya, namun ketika melihat kedalam sekolah tersebut, ternyata penerapan ICT yang dimaksud hanyalah pengembangan infrastruktur laboratorium komputer, pembuatan web sekolah, sistem administrasi sekolah yang terkomputerisasi, perpustakaan sekolah digital dan penggunaan LCD proyektor di dalam kelas yang hanya sebagai pengganti papan tulis konvensional. Ratusan juta rupiah telah dikeluarkan untuk pengadaan infrastruktur komputer dan jaringan tanpa ada peningkatan berarti dari kualitas pembelajaran.

Di dalam ruang kelas pun, sekolah yang memiliki laboratorium komputer dengan jumlah komputer yang memadai, hanya memanfaatkan perangkat TIK yang ada untuk mengajarkan keterampilan teknologi informasi kepada para siswanya saja, tak ubahnya seperti kelas kursus komputer pada umumnya.

Padahal, perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi sebenarnya dapat dimanfaatkan lebih jauh untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di ruang kelas dengan cara mengintegrasikannya ke dalam kurikulum yang ada. Peran guru menjadi sangat penting sebagai sutradara kegiatan pembelajaran di kelas, selain harus menguasai keterampilan teknologi informasi, guru juga harus mampu menyajikan metode pengajaran yang inovatif, yang berpusat kepada siswa (learner centered), membuat siswa lebih aktif dalam bertanya dan mengungkapkan ide dan gagasan, membawa siswa kedalam tingkat berfikir yang lebih tinggi (high order thinking), membuat siswa lebih kreatif, menghadirkan suasana ruang kelas yang lebih menyenangkan sehingga siswa senang untuk belajar, serta membuat siswa mampu bekerja sama dengan rekan lainnya.

Selain itu, integrasi teknologi informasi dalam ruang kelas, mampu juga memberikan siswa pengalaman baru kepada para siswa untuk dapat mengenalkan penggunaan teknologi untuk membantu mereka dalam menyelesaikan permasalahan (problem solving) yang mereka hadapi di kehidupan sebenarnya.

Hal inilah yang coba diangkat dalam diskusi interaktif yang diselenggarakan oleh SD Islam Terpadu Al-Firdaus Semarang pada tanggal 11 April 2009. Acara yang dihadiri oleh para anggota Komite Sekolah, Kepala Sekolah dan para guru ini berlangsung sangat interaktif. Banyak dari peserta yang hadir yang masih belum “ngeh” tentang bagaimana teknologi dapat diintegrasikan dalam pembelajaran, sehingga penulispun mulai mencontohkan berbagai skenario pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran dari yang termudah hingga level menengah.

Dalam sesi diskusi ini penulis membawa sebuah makalah tentang Integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Ruang Kelas, yang membahas tentang berbagai skenario instruksi yang berhasil ketika memanfaatkan ICT di dalam kelas, yang mampu meningkatkan kualitas dan prestasi siswa di kelas, yang diadaptasi dari bukuIntegrating “Technology into the Classroom using Classroom Instruction that Works“, karyaRobert J. Marzano, Debra J. Pickering, Jane E. Pollock.

Silahkan download materi diskusi tersebut dibawah untuk memperjelas tentang apa yang penulis sampaikan di diskusi interaktif tersebut.

Download Makalah Mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Ruang Kelas (5.1 MB/PDF)

Tagged: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: