Indonesia Phillipine Intel Teach Essentials Course Training


Beberapa hari yang lalu saya mengikuti pelatihan Intel Teach Program Essentials Course yang diselenggarakan oleh Intel Education. Acara ini berlangsung di Hotel Grand Kemang, Jakarta pada tanggal 15-19 Desember 2008. Pelatihan yang menarik ini dihadiri oleh beberapa peserta dari Indonesia dan Filipina. Tercatat sekitar 12 (dua belas) peserta yang merupakan Senior Trainer untuk program Intel Teach di Indonesia dan Filipina hadiri di acara ini termasuk Manajer Intel Education Indonesia, Brimy Laksmana. Kami dipandu oleh fasilitator dari Pakistan, yaitu Ratan Saleem.

Mengapa acara pelatihan ini sangat menarik? Saya merasa mendapat ilmu baru khususnya mengenai bagaimana mendesain Project Based Learning (PBL) memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk problem solving, mengintegrasikan ketrampilan abad 21 dan berfikir kritis, dimana dalam pelatihan ini hal tersebut dijelaskan dengan sangat detil. Mulai dari desain unit plan, menyiapkan proses evaluasi, portfolio siswa dan menyiapkan segala sesuatu untuk mendukung kebutuhan proses pembelajaran.

Intel Essentials CourseHal lain yang menarik adalah, dalam pelatihan ini kita mendapatkan banyak informasi dari Filipina, karena departemen pendidikan mereka sejak tahun 2002 telah mengadaptasi kurikulum PBL yang disediakan oleh Intel Education. Dan mereka benar-benar mengimplementasikannya di dalam kelas. Ketika tahu informasi ini, sekarang kita merasa seperti katak dalam tempurung🙂 Namun, kita merasa optimis seiring berjalannya waktu pendidikan Indonesia akan semakin maju.

Hal yang tidak bisa dipungkiri adalah, ketika kita sebagai peserta training melakukan perancangan unit plan, yang disesuaikan dengan kurikulum nasional, maka kita melihat bahwa kompetensi yang ada disana hanyalah low order thinking, kami sadar karena kompetensi yang disajikan disana merupakan kompetensi minimum, namun tidak ada salahnya kedepan pemerintah mempertimbangkan untuk meningkatkan standar yang ada untuk menuju kualitas yang lebih baik.

Tagged: , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: