Menyisipkan Materi Kewirausahaan dalam Perkuliahan


Kewirausahaan TeknologiDalam beberapa perkuliahan, saya berusaha untuk menyisipkan materi kewirausahaan sebagai inisiatif membekali para mahasiswa dengan kemampuan soft skills. Pembekalan kemampuan wirausaha tersebut tidak terpisah menjadi mata perkuliahan sendiri, melainkan terintegrasi dengan mata kuliah yang ada. Lantas bagaimana mekanisme integrasinya? Biasanya dalam perkuliahan, saya skenariokan mereka berkelompok, lalu membagi peran, misalnya dalam mata kuliah e-Commerce, dimana mereka di skenariokan membuat sebuah perusahaan lalu mengembangkan arah usaha mereka dengan mengimplementasikan e-Commerce, salah satunya dengan membangun Online Store/Toko Online dan menjual barang dan jasa mereka lewat Internet.

Dalam kelompok tersebut masing-masing anggota kelompok memiliki perannya masing-masing. Terdapat banyak posisi peran yang disesuaikan dengan realitas dan tugas yang ada di perusahaan sesungguhnya. Misalnya CEO/Direktur yang bertugas memimpin dan mengkoordinasikan jalannya perusahaan, lalu Web Designer yang bertugas merancang tampilan toko online nantinya, serta peran-peran lain yang dapat dibuat sesuai dengan jumlah anggota kelompok.

Dengan berbagai peran tersebut harapannya semua mahasiswa dapat belajar mengenai ketrampilan teknis dan manajerial yang ada di dalam setiap peran. Merekapun belajar membuat business plan untuk merancang sebuah usaha, mereka akan belajar secara profesional menjalankan sebuah bisnis, belajar menjual lewat beberapa strategi marketing dan belajar berpresentasi.

Lewat mata materi perkuliahan inipun mereka berhasil membuat bisnis dan memasarkan bisnisnya lewat Internet. Berbagai bentuk bisnispun berhasil mereka buat, misalnya ada kelompok yang membuat toko online yang menjual furniture/meubel, menjual periferal komputer, aksesori/perhiasan dan distro kaos. Merekapun mencoba membuat toko online memanfaatkan layanan toko online gratisan di BuyItSellit.Com untuk tahap awal, kemudian mereka mengimplementasikan toko online tahap lanjutan memanfaatkan CMS (Content Management System) Joomla dengan plug-in VirtueMart untuk membuat toko onlinenya.

Dengan menamkan keterampilan seperti ini harapannya tanpa menunggu setelah lulus, mereka pun telah mampu untuk memulai berwirausaha. Kalaupun mereka memilih tidak berwirausaha, maka soft skills tersebut dapat menjadi bekal ketika mereka bekerja kelak.

Tagged: , , , , , , ,

2 thoughts on “Menyisipkan Materi Kewirausahaan dalam Perkuliahan

  1. bpu Desember 6, 2008 pukul 12:42 pm Reply

    wah kalau ini mah pembahasana pek karno haruse wakakakaka, salam buat pak karno yah….

  2. gora Desember 6, 2008 pukul 10:15 pm Reply

    Wah kenal Pak Karno juga ya Mas? Oke deh ntar kalo ketemu saya bilang kalo ada titipan salam..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: