Melihat Keberhasilan Program Intel Classmate PC di SDN 03 Menteng Jakarta


CMPC in classroom

Pagi itu, hari Jumat tanggal 19 September 2008 saya bersama dua orang teman dari DBE2 USAID berangkat ke SD Negeri 03 Menteng. Pagi itu kami telah membuat janji dengan pihak sekolah untuk melakukan kunjungan dan melihat dari dekat penerapan program Intel Classmate PC (CMPC) dari Intel Indonesia. SDN 03 Menteng yang juga disebut sebagai SD Venezuela (karena bekerjasama dengan pemerintah Venezuela) merupakan salah satu sekolah percontohan untuk penerapan program ini di Indonesia.

Tepat jam 08.30 kami sampai di sekolah. Kami disambut ramah oleh Kepala Sekolah Sugimin, S.Pd, selain itu hadir pula dari pihak Intel Education, sebagai narasumber kami nantinya, Mas Brimy Laksmana (Program Manager Intel Education), Pak Agnito Moningka (Senior Trainer Intel Education) dan Pak Arya (Intel Indonesia). Setelah berkenalan, kami langsung diajak ke ruang kelas untuk melihat secara langsung penerapan Intel Classmate PC (CMPC) di kelas. Hadir pula untuk tujuan yang sama teman-teman dari Sampoerna Foundation dan World Vision Indonesia (WVI).

Ketika pertama kali membuka pintu kelas, saya melihat salah satu sudut ruangan dimana terdapat sebuah rak berisi banyak laptop CMPC, dan secara bergantian para siswa mulai mengambil laptop satu persatu. Guru kelas yang mengajar kali ini adalah Hari Pujianto, S.Pd, yang mengajar Kelas VI. Sedangkan mata pelajaran yang diajarkan kali ini adalah Ilmu Sosial. Kami mengamati dan melakukan observasi kelas di pinggir ruang kelas, dengan CMPC di hadapan kami. Kami ingin melihat seberapa hebatnya penggunaan CMPC di dalam kelas untuk mendukung proses pembelajaran.

Dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung, kami melihat suasana kelas yang aktif dan berpusat pada siswa. Laptop CMPC ternyata mampu menggantikan beberapa fungsi yang ada di kelas konvensional, secara singkat saya mencatat beberapa fungsi CMPC dalam kelas tersebut diantaranya :

  1. Sebagai media visualisasi bagi guru dan siswa, siswa tidak perlu melihat di layar proyektor untuk melihat presentasi guru karena presentasi guru dan siswa (ketika showcase hasil kerja) dapat di broadcast ke layar laptop semua siswa di kelas.
  2. Sebagai media berkirim dokumen, dimana guru memanfaatkan untuk mengirimkan file bacaan dan lembar kerja ke siswa.
  3. Sebagai workstation, yaitu perangkat untuk mengerjakan tugas dan lembar kerja siswa.
  4. Dengan memanfaatkan internet, komputer difungsikan sebagai pencari informasi.
  5. Sebagai media evaluasi, dimana guru dapat menyelenggarakan ujian lewat CMPC dengan berbagai format pertanyaan, lalu siswa menjawab langsung via CMPC kemudian mengirimkan jawabannya jika sudah selesai.

Pengendalian dan fungsionalitas fungsi CMPC yang disebutkan diatas dilakukan oleh guru lewat sebuah aplikasi yang dijalankan di laptop guru. Aplikasi tersebut bernama e-Learning Class v6.0. Aplikasi ini tidak disebarluaskan secara cuma-cuma, namun di-bundle dengan paket CMPC.

e-Learning Classroom v6.0

Setelah melihat/mengobservasi jalannya proses belajar mengajar, kami lanjutkan dengan berdiskusi. Dalam diskusi ini kami melakukan tanya jawab ke narasumber dari pihak sekolah. Intel Education dan Intel Indonesia seputar penggunaan CMPC di dalam kelas serta kebutuhan teknis untuk bisa melaksanakan program ini nantinya.

Diskusi tentang Classmate PC

Hari Pujianto menerangkan bahwa keberhasilan pelaksanaan pembelajaran terletak pada perencanaan pembelajaran itu sendiri. Kreatifitas guru dituntut untuk dapat menjadikan pembelajaran menggunakan CMPC ini menjadi lebih berpusat kepada siswa, karena teknologi ini hanyalah tool untuk mendukung proses pembelajaran.

Presentasi siswa dengan CMPC

Lewat diskusi ini pula Arya (Intel Indonesia) mengungkapkan bahwa seluruh laptop CMPC di dalam kelas ini terhubung dalam sebuah jaringan menggunakan jaringan wireless (Wi-Fi). Sedangkan koneksi Internet yang digunakan adalah Telkomnet Speedy paket Unlimited. Konektivitas dengan Internet ini digunakan siswa dan guru untuk berbagai keperluan yang mendukung kegiatan pembelajaran.

Rak CMPC di sudut kelas

Tepat jam 11.00 kami berpamitan untuk kembali ke kantor. Terima kasih kami haturkan kepada pihak Intel Education Indonesia karena telah mengatur acara ini sehingga kami berkesempatan untuk menimba pengalaman dalam pemanfaatan ICT dalam proses pembelajaran. Maju terus pendidikan Indonesia!!!

[Lihat ulasan Intel CMPC dan e-Learning Classroom Software di blog Pak Kwarta]

Tagged: , , , , , ,

3 thoughts on “Melihat Keberhasilan Program Intel Classmate PC di SDN 03 Menteng Jakarta

  1. dani Oktober 1, 2008 pukul 11:24 am Reply

    wah..dr sd dah terpapar laptop..🙂 jd ngiri ama anak2 jaman skrg..
    berarti gurunya jg canggih2 dong..

    maaf lahir batin dan selamat lebaran sekeluarga buat yg merayakan..

  2. gora Oktober 3, 2008 pukul 10:04 am Reply

    Tadinya sih gurunya blom canggih2… tapi gara-gara ada laptop di sekolah mau tidak mau gurunya harus belajar, ya.. demi generasi penerus supaya mampu bersaing di abad ke-21…

  3. Hary Oktober 10, 2008 pukul 6:23 am Reply

    Kapan lagi anak bangsa akan memulai hidup dengan sarana canggih kalau bukan sekarang?

    # Bener Mas, kapan lagi kalau tidak dimulai dari sekarang..Setujuh!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: