Sibuk Mempersiapkan Perkuliahan


…Sesuatu yang direncanakan dengan matang saja terkadang pelaksanaannya tidak sesuai dengan rencana, apalagi kalau kita tidak melakukan perencanaan….

Menginjak semester baru ini saya sedang giat-giatnya mempersiapkan perkuliahan. Jujur saja🙂 , perkuliahan saya sebelumnya terkesan sangat santai dan terlihat kurang persiapan. Namun saya berencana untuk melakukan perbaikan, hal ini merupakan niatan kuat saya untuk selalu lebih baik dari hari kemarin.

Semester ini kebetulan saya mengampu 3 (tiga) mata kuliah, yaitu Sistem Multimedia, Interaksi Manusia dan Komputer dan e-Commerce. Semeseter ini merupakan kesempatan yang baik untuk mengimplementasikan pendekatan pembelajaran aktif sesuai dengan apa yang telah saya lakukan bersama guru-guru Sekolah Dasar binaan DBE2 USAID.

Kali ini saya akan mencoba beberapa strategi pembelajaran mulai dari active learning, coorporative learning, project oriented learning, joyfull learning, dll. Ada juga dua mata kuliah yang coba saya satukan (Sistem Multimedia dan Interaksi Manusia dan Komputer) sama seperti mata pelajaran tematis di Sekolah Dasar.

Bagaimana dengan silabus? Saya mencoba mengadaptasi silabus mata kuliah beberapa universitas dari luar negeri yang saya dapatkan via Internet, baru kemudian aktivitas pembelajarannya dirancang ulang menggunakan beberapa pendekatan dan strategi pembelajaran diatas. Ribet dan melelahkan memang… tapi ya… mau bagaimana lagi?

Bagaimana dengan persiapan Anda mangajar?

Tagged: ,

2 thoughts on “Sibuk Mempersiapkan Perkuliahan

  1. mamak September 10, 2008 pukul 4:36 pm Reply

    assalamualaikum…perbedaaan apa yang anda rasakan sebelum aktif di USAID dan sesudah ikut aktif di USAID??kan bapak termasuk dosen unissula yang kreatif (weleh) walau terlalu sibuk.. apa semua ide2 itu ada pengaruh dari komunitas bapak??untuk metode pembelajaran yang sudah bapak siapkan, kami siap menguji-nya pak!!hehehe…wassalamualaikum

  2. gora September 11, 2008 pukul 11:33 am Reply

    Jujur saja, sebelum saya bergabung dengan USAID, saya hanya mengetahui beberapa metode pengajaran.. seperti ceramah, tanya jawab dan diskusi kelas. Namun setelah aktif selama beberapa waktu di proyek ini saya jadi mengenal banyak metode pengajaran. Selamat mencicipi minggu depan! Sampai jumpa di ruang kuliah!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: