Membuat Interactive Whiteboard Sendiri (Bagian 3), Tahapan Ujicoba


Ujicoba Wiimote WhiteboardSetelah berhasil membuat pena inframerah, maka eksplorasi membuat interactive whiteboard dilanjutkan dengan mengkoneksikan Wii Remote (Wiimote) dengan komputer dan mencoba fungsionalitas pena infrared (IR pen). Untuk mengkoneksikan Wiimote dengan komputer (laptop), saya tidak membutuhkan driver khusus. Yang saya lakukan adalah menyalakan fitur bluetooth, menambah device, lalu klik secara bersamaan tombol 1 dan 2 di Wiimote untuk sikronisasi, lalu cari perangkat bluetooth di komputer berikutnya akan ditemukan perangkat baru bernama Nintendo Remote.

Selanjutnya download dan jalankan aplikasi Wiimote Whiteboard. Tempatkan Wiimote menghadap ke layar notebook/laptop, kemudian lakukan kalibrasi layar dengan mengklik empat titik yang tampil dengan infrared pen. Ujicoba tahap pertama yang saya lakukan ternyata gagal, karena bentuk infrared pen yang tidak sempurna. Akhirnya saya melakukan perubahan pada bentuk pena seperti di bawah ini, dan pena berfungsi baik.

IR Pen Versi 2

Tagged: , ,

8 thoughts on “Membuat Interactive Whiteboard Sendiri (Bagian 3), Tahapan Ujicoba

  1. imam sumitro, s.pd Agustus 4, 2009 pukul 8:05 am Reply

    mas kok saya coba wiimote sudah sinron dengan programnya, tapi pena IR nya ga mau jalan IR lednya tipe apa?
    mohon segera dibalas

  2. Gora Agustus 5, 2009 pukul 8:38 am Reply

    Untuk hasil yang maksimal gunakan IR LED Vishay TSAL6400.

  3. rudi hermawan Oktober 6, 2010 pukul 11:47 pm Reply

    pak, beli IR LED nya dimana pak, saya wilayah semarang juga…..

  4. setijoagus November 11, 2010 pukul 11:54 am Reply
  5. chimo123 Juli 11, 2011 pukul 9:34 pm Reply

    pak klo saya mau beli bukunya dan bukunya saya ambil sendiri gmn?
    alamat pak agus dimana? lokasi saya disurabaya

  6. widy Oktober 14, 2012 pukul 10:11 pm Reply

    mas itu hanya wiimote nya ajakan ga perlu sama nunchuk.a???

  7. gora Oktober 18, 2012 pukul 4:03 pm Reply

    Hanya wiimote saja, ngga perlu nunchuk

  8. network marketing strategy April 1, 2013 pukul 5:12 pm Reply

    Ahaa, its good dialogue concerning this paragraph at this place at this website,
    I have read all that, so at this time me also commenting here.

Tinggalkan Balasan

