Membuat Interactive Whiteboard Sendiri (Bagian 1), Mencari dan Mengeksplorasi Wii Remote (Wiimote)


WiimoteUntuk memulai bereksperimen membuat Interactive Whiteboard, saya membutuhkan berbagai peralatan seperti Wii Remote atau Wiimote, IR (Infra Red) Pen, aplikasi kalibrasi layar (Wiimote Whiteboard v2.0 buatan Johnny Lee) dan Tripod Kamera sebagai tempat meletakkan Wiimote. Perangkat yang pertama kali saya cari adalah Wii Remote (Wiimote), yaitu sejenis remote control, aksesoris dari mesin game Nintendo Wii. Untuk mendapatkan ini saya memanfaatkan search engine Google di Internet. Beruntung ada sebuah webstore yang menjual peralatan game yang menjual perangkat ini, nilai lebihnya adalah posisi toko offline-nya ada di Semarang, Jawa Tengah.

Toko ini bernama Bursa Game, berada di Jalan Krapyak, Semarang. Begitu mendapatkan nomor telepon kontak, saya langsung menghubungi pemiliknya yang bernama Pak Anton. Akhirnya saya mendapatkan Wiimote dengan harga yang lebih murah dibandingkan price list di toko onlinenya (thanks pak Anton!). Di pasaran harganya sekitar Rp. 500.000 (kalo beli di Jakarta mungkin harganya lebih murah). Ada juga di beberapa toko menjual Wii Remote beserta Nunchuck seharga Rp. 700.000, saran saya beli saja Wii Remote yang tidak disertai Nunchuk karena lebih murah🙂.

Kenapa butuh Wiimote? Karena di dalam alat ini terdapat Infrared (IR) kamera yang nantinya berfungsi menangkap cahaya Infrared (IR) dari IR pen yang kemudian direpresentasikan sebagai gerakan kursor di layar. Lantas bagaimana Wiimote ini berkoneksi dengan komputer? Wiimote menggunakan konektivitas Bluetooth untuk berhubungan dengan komputer….. Ah.. ternyata sudah malam… sekian dulu eksplorasi Wiimote nya.. bersambung di posting berikutnya yaaa?

Tagged: , , , ,

5 thoughts on “Membuat Interactive Whiteboard Sendiri (Bagian 1), Mencari dan Mengeksplorasi Wii Remote (Wiimote)

  1. Irawan Februari 10, 2009 pukul 10:52 pm Reply

    Salam kenal mas, bagaimana progress pembuatan interactive whiteboardnya? Perusahaan kami bergerak di bidang education products, kami juga sedang mencari produk alternatif yang lebih murah untuk mewujudkan konsep mengajar yang lebih interaktif namun terjangkau untuk semua sekolah. Dan salah satu produk kami sangat cocok untuk membantu mensukseskan program E-book.

    Mungkin kita dapat bekerjasama, bagaimana dapat menghubungi anda?

    Terima kasih

    Irawan

  2. bowoastomo Mei 3, 2009 pukul 8:44 pm Reply

    tahun 2008 saya tahu model ini dari metacafe.com , pada waktu itu saya ingin membuatnya tapi wii nitendo masih mahal , eeeh ada juga yang experimen , hebat , saya sampai sekarang masih penasaran . kalau boleh tahu berapa modal untuk membuat ini .. wii nya yang bekas dan masih layak pakai ya .. saya buat untuk lembaga pendidikan saya terutama anak-anak .

    saya buat alternatif pendd murah dan gratis , murah belajar 100 perak per menit dan gratis 5 tahun setiap sabtu sore 2005-2010 .

    salam
    bowo.astomo

  3. Yuniar April 10, 2010 pukul 4:11 am Reply

    mas, beli wii-nya saja dimana yah ?

  4. […] misalnya di blognya bung Gora yang memposting tentang hal ini di tahun 2008 (lihat selengkapnya di SINI). Saya perhatikan, ini kemudian membuka peluang baru untuk dibisniskan jika dibuat paketan […]

  5. adjisidji Oktober 31, 2011 pukul 7:44 pm Reply

    Ada contoh videonya nggak Pak?

Tinggalkan Balasan

