Instalasi Windows XP di Eee PC Menggunakan USB Flashdisk


Beberapa hari setelah menjelajahi Eee PC, saya berkeinginan untuk mengganti sistem operasi yang ada dengan sistem operasi Windows XP. Buku panduan yang ada di dalam kardus menjelaskan cara instalasi menggunakan USB DVD drive, padahal saya tidak memiliki perangkat tersebut, sehingga saya harus putar otak.

xponeeepc

Setelah lama browsing di Internet, akhirnya menemukan juga langkah-langkah untuk menginstalasi OS Windows XP kedalam Eee PC menggunakan USB Flashdisk. Saya mendapatkannya dari berbagai sumber, namun langkah-langkah yang ada tidak dapat langsung diaplikasikan. Setelah mencoba dan menemui kesalahan-kesalahan maka langkah-langkah yang berasal dari berbagai sumber tersebut saya tambahkan dengan beberapa catatan penting…. yang memang begitu penting🙂

Berikut ini langkah besarnya (soalnya males nulis detailnya🙂 jadi silahkan baca sendiri dari sumber yang ada) :

  1. Langkah pertama adalah mengecilkan ukuran instalasi WindowsXP dengan cara memangkas fungsi dan driver yang tidak digunakan dengan menggunakan aplikasi Nlite. [Baca tutorialnya disini]. Setelah dipangkas maka ukuran instalasi hanya sebesar 200-an MB. Catatan penting : Jangan hapus/centang pilihan Manual Installation and Upgrade pada kategori Operating System Options pada langkah ke-11. Karena jika Anda menghapus/mencentang, maka instalasi WindowsXP tidak akan dapat dijalankan menggunakan USB drive.
  2. Persiapkan USB Flashdisk sebagai installer WindowsXP. [Ikuti langkah demi langkah ini]. Catatan penting : Untuk melakukan proses ini, gunakan WindowsXP 32-bit, karena sebagian program yang digunakan dalam tutorial tersebut tidak dapat dijalankan di Windows Vista.
  3. Konfigurasikan BIOS Eee PC, caranya setelah BOOT SCREEN tampil klik tombol F2 yang ada di keyboard. Masuk ke Boot Menu dan pilih boot dari Removable drive. Tekan F10 dan pilih Yes.
  4. Dalam startup menu kita diminta memilih dua opsi, lalu pilih opsi nomor 2 untuk “text mode setup”.
  5. Berikutnya adalah menentukan pada partisi mana WindowsXP akan diinstal. Catatan penting : Hapus semua partisi yang ada, termasuk partisi BIOS. Kemudian buat lagi sebuah partisi dan formatlah dalam format NTFS. Jika tidak menghapus semua partisi maka akan dijumpai pesan error hall.dll ketika startup berlangsung. Jangan lepas USB flash drive sampai proses instalasi selesai.

Proses instalasi menggunakan flashdisk memakan waktu yang agak lama dari proses instalasi menggunakan CD/DVD-ROM, yaa sekitar 15-20 menitan lah, jadi sabarkan diri Anda🙂. Berikutnya Anda tinggal menginstal driver WirelessLAN, ACPI, LAN, dan VGA menggunakan file instalasi yang tersedia di dalam DVD driver yang disertakan bersama Eee PC. Lakukan optimalisasi juga dengan setting di windows untuk meringankan kinerja Eee PC, yaitu dengan mematikan System Restore dan mengecilkan ukuran Virtual Memory menjadi 256 MB. Selamat Mencoba! [Maaf tidak disertai gambar karena postingan ini ditulis secara mendadak di warnet M@estro.Net di depan kampus Universitas Terbuka, Tangerang setelah makan malam]

Tagged: , , , , ,

10 thoughts on “Instalasi Windows XP di Eee PC Menggunakan USB Flashdisk

  1. Thongndhut April 22, 2008 pukul 2:59 pm Reply

    Trus nginstall office gimana Pak??
    Ada tricknya biar dapat install dari flash disk??

  2. gora April 22, 2008 pukul 3:52 pm Reply

    Saya kopi file-file instalasi MS Office ke flashdisk lalu saya jalankan di Eee PC

  3. andry November 12, 2008 pukul 11:55 am Reply

    pak saya coba donload aplikasi yg bapak anjurkan, kemudian cd windows sudah saya copy ke flas disk melalui aplikasi itu.

    waktu booting ada yang eror no 18

    apa aplikasi ini untuk windows tertentu (saya pakai windows park 2)

    tolong solusinya

    terima kasih

  4. gora November 12, 2008 pukul 2:45 pm Reply

    Saya pernah mengalami kegagalan juga, coba lakukan instalasi ulang ke EeePC, saya baru berhasil setelah dua kali instalasi

  5. yono Maret 9, 2009 pukul 9:45 pm Reply

    trus program tuk bikin windows xp bisa booting dari flas disk apa “nama nya”????????? karena pengalaman saya program windows xp klo cuma dcopi paste dari cd ke flash disk gak bisa booting walau kita sudah pilih drivex…jgn kan dcopi ke flash disk bila kita copi data dari cd win xp ke kom trus dcopi lgi ke cd, win xp nya sudah gk mo booting lgi. tolong program instalasi win xp agar bisa booting lewat flash disk dikirm ke “yono06499@yahoo.com” saya tunggu lho…terima kasih…

  6. gora Maret 10, 2009 pukul 7:55 am Reply

    To Yono :
    Silahkan baca langkah no. 2 dan coba buka link yang ada, lalu baca dengan cermat, ikuti juga langkah-langkahnya. Maaf kami tidak bisa mengirimkan program tersebut ke email anda, silahkan download lewat link yang tersedia. Terima kasih

  7. robnobstop Maret 12, 2009 pukul 9:03 am Reply

    udah dikasi link masih aja minta dikirimin hahaha dasar wong indonesio

  8. arif Maret 22, 2009 pukul 1:44 pm Reply

    Salam knal Mas Gora? Apa ini mas gora yg masih masih familinya Haris (Jerukagung Klirong)? Kalo ya wah kebetulan?
    Oh ya tgl 22 Maret 2009 sya ikut seminar Nasional ttg ICT(Pemanfatan TIK utk pembelajaran) di Gd. Setda Kebumen Pemakalahnya Winastwan Gora Swajati, ST.MT, kata bos DSP asli Kebumen, tapi ga datang.
    Oh ya kalo njen Nas Gora familinya Haris, njen dah pernah mampir di tempat TRIMITRA Klirong?
    Tapi kalo bukan ya…. salam kenal aja ya?
    Aku dah banyak membaca postingan di blog ini, dan salah satunya yaitu instal winxp via USB (krna laptop aku cdromnya trouble). Alhamdulilah sekarang dah bisa diatasi.

  9. gora Maret 25, 2009 pukul 1:16 pm Reply

    Nggih betul sekali Mas Arif, saya familinya Haris. Oh iya pak, maaf sekali kemarin saya tidak jadi menghadiri acara di Kebumen karena istri saya baru saja melahirkan. Saya masih ingat, sekali saya pernah mampir di Trimitra. Salam kenal Mas! Terima kasih udah mampir di blog ini.

  10. Arif April 8, 2009 pukul 2:26 pm Reply

    Alhamdulilah…
    kita bisa ketemu walopun hanya di awang-awang.
    Selamat tlah mendapat momongan (anak ke berapa?)
    Oh ya Mas Gora..
    Kebetulan saya di skul ngampu ekstra multimedia, tapi masih banyak kekurangan materi, dan materi yang paling pas utk SMP/MTs yang bagaimana ya….
    Trima kasih sebelumnya….

Tinggalkan Balasan

