Meningkatkan Partisipasi Guru dalam Penyebaran Informasi Menggunakan Blog


Setahun yang lalu, saya pernah mengembangkan sebuah blog komunitas pendidikan yang beralamat di http://www.blogpendidikan.com, namun saat ini blog tersebut mangkrak alias nganggur plus ngga online lagi🙂. Web yang dibangun atas sponsor PT. Telkom Kandatel Semarang ini sebenarnya begitu potensial untuk menyatukan informasi seputar pendidikan yang ada di Indonesia.

Kenapa jadi mangkrak (tidak terurus)? Jawabannya adalah : Pertama, Kunci dari keaktifan blog adalah partisipasi dan interaksi antar penggunanya, nah problem kita adalah tidak secara kontinyu menjaring pengguna sehingga tidak banyak pengguna yang berkontribusi aktif di dalamnya.

Kesalahan yang kedua adalah, tidak adanya dukungan teknis yang berkelanjutan, yang memelihara sistem tersebut, dalam hal ini belum ada pihak yang secara khusus diserahi tugas untuk mengurus blog tersebut, sehingga ketika blog mengalami masalah maka tidak segera terselesaikan. Padahal pengunjung tidak mau tahu, pokoknya kalau pas berkunjung penginnya blog dalam keadaan sehat wal afiat🙂.

Nah, berbekal pengalaman tersebut diatas saya mencoba bangun kembali untuk membangun sebuah blog komunitas baru. Pada intinya blog ini merupakan salah satu usaha kami untuk meningkatkan partisipasi guru (khususnya guru Sekolah Dasar) dalam menyebarkan informasi menggunakan media blog. Nama blog ini adalah ApaKabar PSBG. PSBG merupakan singkatan Pusat Sumber Belajar Gugus.

Pusat Sumber Belajar Gugus adalah pusat sumber belajar yang dimiliki oleh beberapa Sekolah Dasar (SD) yang ada di dalam satu gugus binaan DBE2 Indonesia. Dalam PSBG inilah para guru berpartisipasi aktif mengembangkan profesionalitas bersama dalam forum KKG (Kelompok Kerja Guru) dan KKKS (Kelompok Kerja Kepala Sekolah). Nah, ApaKabar PSBG ini berusaha menjadi penjembatan informasi para guru dengan guru di daerah lain untuk bersama membagi informasi dan ilmu pengetahuan. [Bersambung….. ]

4 thoughts on “Meningkatkan Partisipasi Guru dalam Penyebaran Informasi Menggunakan Blog

  1. uwes Maret 26, 2008 pukul 12:06 pm Reply

    Memang kuncinya di keaktifan komunitas. coba buka http://tpers.net sy mencoba menerapkan blended learning dimana blog sebagai salah satu salurannya untu mengajar di jurusan kurikulum dan teknologi pendidikan, UNJ.
    Saya juga buka blog komunitas http://teknologipendidikan.net masalahnya sama. sampai sekarang baru berapa orang yang aktif. Jika sampeyan berminat silakan bergabung….

    Uwes🙂

  2. munir Maret 26, 2008 pukul 4:07 pm Reply

    sepakat mas,
    sudah saatnya guru dijawa tengah ini memiliki sebuah komunitas untuk saling berdiskusi dan bersilang pendapat tentang bagaimana cara meningkatkan dunia pendidikan khususnya di jawa tengah,dalam hal ini lewat dunia internet
    saya dukung mas…!!
    salam pendidikan nasional

  3. gora April 1, 2008 pukul 11:05 am Reply

    Wah apa kabar pak Uwes… saya termasuk orang yang banyak belajar dari blog Anda di http://fakultasluarkampus.net terima kasih telah memberi masukan dan mau mampir ke gubuk reyot ini🙂 Senang sekali bisa berkenalan dengan Anda..

  4. Tatsuo Juli 3, 2008 pukul 6:24 pm Reply

    Salam kenal
    Mungkin saya orang baru yang ikut bergabung dengan rekan-rekan sekalian, setelah saya masuk ke http://gora.edublogs.org banyak ilmu yang saya dapat., mudah-mudahan dengan berkunjungnya saya ke situs ini bisa menabah semangat saya untuk terus mengembangkan web saya http://www.pendidikankita.com sekali lagi salam kenal

    tatsuo
    http://www.pendidikankita.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: