Mengikuti Pelatihan Merancang Pembelajaran Aktif dengan ICT di Makassar


Pada tanggal 25-28 Februari 2008 kemarin, saya berkesempatan mengikuti pelatihan “Designing Active Learning with ICT” atau DALI yang diselenggarakan oleh DBE2 USAID Indonesia. Workshop ini berlangsung di Hotel Quality, Makassar, Sulawesi Selatan dan dihadiri oleh para fasilitator tingkat propinsi di seluruh Indonesia. Kegiatan ini dibuka oleh Bapak David Erhmann (Provincial Coordinator DBE2 South Sulawesi), hadir pula Bapak Dr. Arief S. Sadiman, MSc (Open University/ICT Advisor DBE2 Indonesia) mewakili kantor pusat DBE2. Pemateri workshop adalah Ibu Mary Burns, Senior Technology Specialist EDC (Education Development Center) USA.

DALI1
Gambar : Foto bersama setelah pelaksanaan workshop

Workshop ini bertujuan memberikan penyegaran dan penguatan akan keterampilan ICT para fasilitator tingkat provinsi, agar mereka memiliki rasa percaya diri yang lebih ketika melakukan roll-out dan pendampingan di lapangan. Materi yang disampaikan meliputi dasar penggunaan aplikasi komputer, kompetisi produksi konten multimedia, cara bertanya efektif, sistem penilaian menggunakan rubrik, berbagi pengalaman roll-out di propinsi dan pembuatan game/permainan dengan aplikasi PowerPoint.

DALI2
Gambar : Menerima hadiah dari David Erhmann atas waktu tercepat menyelesaikan tantangan penggunaan komputer

Tak ada rasa capek ketika mengikuti pelatihan ini karena dikemas dalam pembelajaran aktif. Workshop ini sangat berguna bagi saya pribadi karena dapat langsung bertemu dengan Ibu Mary Burn yang begitu piawai dalam memberikan materi, tentunya dengan gaya/metode pembelajaran aktif. Selain itu, lewat workshop ini selain nantinya dapat kami terapkan di daerah binaan, saya mendapat inspirasi untuk mendesain model pembelajaran aktif dalam perkuliahan saya (di Teknik Informatika, UNISSULA Semarang).

Tinggalkan komentar