Membuat Game Komputer dalam Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Teknologi Multimedia


Saya biasanya memberikan ujian akhir semester tidak dalam format ujian tertulis, karena saya tidak terlalu suka memberikan ujian dalam format ini. Menurut saya format ujian tertulis bukan menggambarkan situasi sebenarnya dalam lingkungan kerja. Dengan format ujian tertulis dan tutup buku, tentunya hanya akan menuntut mereka untuk selalu menghapal bukan memahami, menganalisa dan mengevaluasi. Saya lebih senang memberikan ujian akhir dalam format proyek kelompok. Dalam format seperti ini mereka akan berlatih menyelesaikan sebuah persoalan (yang diskenariokan) dalam kelompok, dimana masing-masing anggota kelompok akan mendapat peran masing-masing. Lalu hasil pengembangan proyek harus dipresentasikan di depan kelas untuk mendapatkan evaluasi dari kelompok yang lain.

Game1
Gambar : Game Campuz Soccer karya Shiva dkk.

Belajar kolaboratif seperti ini membuat mereka dapat belajar dari sesama anggota kelompok yang memiliki pengetahuan lebih. Disamping itu dinamika kerja kelompok akan melatih mereka untuk bekerja sama dan mengatur peran individual. Posisi dosen juga bukan sebagai satu-satunya sumber belajar yang paling valid, melainkan hanya menjadi fasilitator dalam membimbing dan mengarahkan para mahasiswa untuk belajar dalam artian pembelajaran menjadi berpusat pada siswa bukan berpusat pada dosen.

Kali ini saya mencoba menerapkan hal diatas pada mata kuliah Teknologi Multimedia. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan pada Jurusan Teknik Elektro dan merupakan mata kuliah wajib pada Jurusan Teknik Informatika. Tujuan dari perkuliahan ini adalah mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami teknologi multimedia serta mampu untuk membuat produk/aplikasi multimedia. Terdapat tiga tugas besar dalam mata kuliah ini, yaitu Membuat CD Multimedia Portfolio Kelompok, Membuat Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Layar Sentuh dan untuk tugas akhirnya adalah Membuat Game Komputer.

Game2
Gambar : Game Neotux karya Sam F. Chaerul dkk.

Biasanya sebelum memberikan tugas, saya akan mendemokan di depan kelas bagaimana mudahnya membuat aplikasi-aplikasi tersebut, berikutnya saya akan beri penjelasan mengenai produk yang akan dikembangkan. Berikutnya saya akan berikan tutorial dalam format cetak, tentang step by step pengembangan aplikasi. Selanjutnya saya akan beri waktu mereka selama 1 minggu (tugas besar 1&2) – 2 minggu (tugas akhir semester) untuk melakukan pengembangan.

Game3
Gambar : Game Bounty Hunter karya Desri Ardian dkk.

Lumayan juga sih, banyak hasil karya mereka yang layak disebut bagus🙂 sebuah kebanggaan tersendiri dapat membekali mereka dengan ilmu terapan. Untuk tugas akhir semester kemarin saya sengaja memberi tugas untuk Membuat Game Komputer. Sebenarnya ini merupakan langkah untuk mempersiapkan mereka mengikuti kompetisi game edukasi yang akan diadakan beberapa bulan kedepan. Ya, menyelam sembari minum air gitu…..

Lantas bagaimana sistem penilaiannya? Kali ini saya berusaha menampilkan sistem penilaian yang berpusat pada siswa, maksudnya siswa harus terlebih dahulu mengetahui kriteria penilaian yang saya buat, sehingga mereka dapat berlomba-lomba untuk menampilkan yang terbaik. Kriteria penilaian saya tampilkan dalam lembar soal, sehingga mereka akan mengetahui kriteria penilaian dari situ. Kriteria yang saya nilai adalah penokohan, desain grafis, tingkat kesulitan, dll. Beberapa screenshot hasil karya mahasiswa saya pampang disini….. Selamat Berkarya Mahasiswaku!

4 thoughts on “Membuat Game Komputer dalam Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Teknologi Multimedia

  1. Anhar Tasman Maret 14, 2009 pukul 8:43 am Reply

    Wah keren tuh! ulangannya berupa praktek, yang pastinya akan menambah bekal para mahasiswa untuk memasuki dunia kerja. Kalau ualangannya cuman berupa apalan aja sih gak seru, bisa aja para mahasiswa itu nyontek. Saya pengen belajar java game programing nih, mas tau gak situs yang berisi tutorial2 yg bisa saya pakai buat belajar bikin game pakai java

  2. jnda Maret 17, 2009 pukul 9:57 am Reply

    pak ajari saya buat gem donk…

  3. rya Maret 21, 2009 pukul 2:33 am Reply

    pa.bsaa bikin game buat hp gak..bntu saya donk..

  4. nita Agustus 26, 2009 pukul 11:04 am Reply

    Pak q mau tanya adakah referensi membuat game menggunakan vb

Tinggalkan Balasan

