Menikmati Teh Rosela


Pas belanja oleh-oleh di Toko Menara, Kudus, di sudut rak-rak makanan terdapat banyak bungkusan plastik yang berisi seperti bunga kering. Karena penasaran, saya bertanya ke penjaga toko tentang isi bungkusan ini. Penjaga toko menjawab bahwa isi dari bungkusan itu adalah bunga rosela yang dikeringkan. Cara penyajian bunga kering ini adalah diseduh dalam air panas seperti membuat teh. Kata penjualnya teh rosela ini punya khasiat mampu menyembuhkan penyakit-penyakit seperti darah tinggi, kolestrol dan asam urat. Caranya seduh 5 bunga rosela kering bersama 1 (satu) gelas air panas sampai air tersebut berwarna merah, campurkan gula untuk memberi rasa manis. Teh rosela ini rasanya agak masam namun tidak pahit. Namun untuk menggunakannya sebagai obat diet, teh rosela jangan disajikan bersama gula.

Teh Rosela 

Satu bungkus teh rosela di Kudus berharga Rp. 3.500. Karena murah, akhirnya saya beli 3 (tiga) bungkus untuk konsumsi di rumah, kebetulan mertua saya punya penyakit asam urat jadi semoga saja teh ini mampu menghilangkan penyakit tersebut. Saya sendiri telah mencobanya di kamar hotel dan mak nyoss!!! rasakan sendiri khasiatnya!

3 thoughts on “Menikmati Teh Rosela

  1. Novy Juni 27, 2008 pukul 5:30 pm Reply

    Teh bunga hibiskus terkenal sekarang di Indonesia dengan nama rosella, sebenarnya diambil dari bahasa Inggris roselle. Bahasa arabnya adalah karkadeh dan bahasa latinnya Hibiscus sabdariffa.

    Banyak orang Indonesia mengira, bahwa teh ini berasal dari Mesir. Namun sebenarnya bunga hibiskus berasal dari daerah Asia Tenggara. Dari daerah ini, bunga hibiskus dibawa oleh kaum pedagang ke Afrika. Di Afrika, terutama di Mesir dan Sudan, teh karkadeh sangat digemari dan akhirnya sekarang boleh dibilang teh ini adalah teh nasional mereka. Dari masa perbudakan dahulu, mulailah orang Eropa mengenal teh hibiskus ini. Kini teh hibiskus banyak digunakan di Eropa sebagai bahan dasar pembuatan teh buah-buahan, karena warnanya yang merah pekat dan rasa masamnya yang menyerupai rasa buah.
    Di Amerika Latin teh hibiskus juga sangat digemari. Mereka mengenal teh ini dengan nama “air Jamaika” atau “mawar Jamaika”.

    Satu teh dengan berbagai macam nama!

  2. Gora Juni 29, 2008 pukul 9:03 am Reply

    Terima kasih atas tambahan informasinya…

  3. P.Arief November 20, 2008 pukul 1:09 am Reply

    Kami menjual dan menyediakan Tanaman Herbal Bunga Rosella Kering sbg bahan baku Teh merah dengan kwalitas SUPER, kelopak utuh, kadar air 2%, warna bagus dan aroma wangi khas Rosella. Mumpung kami baru panen dan harga kami discount gila-gila-an. Silahkan hub +6281805086394 segera, agar anda dapatkan barang baru yang supwer murah dengan kwalitas Export. Buktikan dan kami tunggu di no hp kami 081805086394. Kami juga menjual benihnya yang berkwalitas SUPER yg hanya diperuntukan pembenihan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: