Apatis dengan Teknologi 3G


Kebetulan saya dapat mainan baru lagi, sebuah handphone Nokia N70 series yang punya kemampuan 3G. Sengaja saya beli handphone ini karena ingin mengeksplorasi lebih jauh tentang teknologi ini, khususnya dalam pemanfaatan untuk menunjang proses pendidikan dan pembelajaran. Teknologi 3G saat ini masih banyak digunakan hanya sebagai penyedia akses internet dan data saja. Namun saya begitu apatis dengan teknologi ini setelah melihat sendiri bagaimana kinerja teknologi ini. Bagaimana tidak, ketika membawa handphone ini keliling kota, saya hanya melihat adanya sinyal 3G di jalan-jalan protokol kota ini belum sampai ke pelosok-pelosok kota Semarang. Hal ini berbanding terbalik dengan sinyal CDMA yang biasa saya gunakan untuk berkoneksi internet.

N70

Saya juga mencoba layanan video streaming yang disajikan oleh layanan 3G Telkomsel, hasilnya ternyata kurang memuaskan, masih banyak terjadi delay, dan kualitas gambarnya tidak begitu bagus (yah, tergantung sinyal juga sih…). Pada intinya saya masih belum dapat berharap banyak kepada teknologi ini, mungkin sejalan dengan waktu teknologi ini akan terus mengembangkan dirinya sejalan dengan pertumbuhan konten yang lewat didalamnya… Semoga!

4 thoughts on “Apatis dengan Teknologi 3G

  1. rony Januari 23, 2008 pukul 11:49 am Reply

    ibarat beli BMW tapi jalannya masi BECEK ya pak…….

  2. m. eko budiono Februari 17, 2008 pukul 8:19 pm Reply

    siip gua setuju bgt
    3G tidak seindah yang ita bayangkan
    sinyal kurang bagus,lebih bagus nokia 6015
    sinyal kuat bisa pdipakai buat modem lagi

  3. jerzz Juli 15, 2009 pukul 6:25 pm Reply
  4. fathurrohim Mei 11, 2010 pukul 6:46 pm Reply

    mampir gan,
    meninggalkan jejak..đŸ˜€

Tinggalkan Balasan

