Refleksi Akhir Tahun The Indiebrainer


Esok hari kita telah menatap hari pertama di tahun 2008, tepat dua tahun The Indiebrainer menapaki dunia maya. Tak terasa selama dua tahun ini banyak hal yang telah ditulis dalam blog ini. Dalam beberapa tahun ini saya dipaksa berpacu oleh blog ini utamanya untuk menghasilkan cerita-cerita dan informasi untuk ditulis dalam blog, untuk disampaikan ke rekan-rekan pemerhati pendidikan di Indonesia khususnya. Di tahun 2007 belum ada buku baru yang terbit😦 karena kesibukan yang bejibun, hanya blog inilah tempat saya menulis. Belum ada penelitian baru lagi yang saya hasilkan di tahun ini pula. Hanya beberapa proyek multimedia yang saya kejar di tahun ini :)) (mungkin sebagai konsekuensi saya sebagai Technopreneur). Beberapa blog yang kami buat, yang akhirnya cuman datang dan pergi. Banyak workshop yang mengharuskan saya berkeliling kota (untung masih di sekitaran pulau Jawa). Memang di tahun kemarin saya sangat bersemangat untuk mengerjakan semua hal baru, namun di akhir 2007 ini, akhirnya semuanya mengerucut, saya harus memfokuskan diri pada sedikit kegiatan saja. Saya sadar dengan banyak kegiatan maka hasil yang dicapai tidak akan maksimal.

Di tahun 2008 nanti saya akan memfokuskan diri pada 2 (dua) kegiatan saja yaitu fokus Mengajar di Kelas dan bekerja untuk USAID Mendampingi Guru dan Sekolah di Jawa Tengah dalam Penerapan ICT. Kebetulan bisnis sambilan saya (Indiebrainer Studio) sekarang sudah secara penuh mampu dijalankan oleh isteri bersama adik sepupu saya, sehingga saya tidak perlu lagi menghandle semuanya. Untuk menjadi pemateri workshop multimedia kayaknya saya belum bisa berfikir untuk menerima tawaran tersebut karena jam luang saya hanya di hari Sabtu dan Minggu, kalau dua hari tersebut saya alokasikan untuk menerima tawaran tersebut, maka kapan ada waktu untuk keluarga?🙂

Alhamdulillah di tahun 2007 ada salah satu cita-cita saya yang tercapai, yaitu mengenai keinginan saya untuk bersinggungan secara langsung dengan guru-guru di daerah untuk menerapkan ICT dalam pendidikan. Lewat program DBE (Decentralized Basic Education) 2 : Teaching and Learning yang dibiayai oleh USAID ini saya berkesempatan untuk menjalin hubungan secara langsung dengan sekolah-sekolah di daerah yang kurang beruntung dari sisi penerapan Teknologi Informasi. Harapan saya lewat tugas ini adalah nantinya saya bisa juga mendapatkan inspirasi untuk penelitian sekaligus materi untuk dijadikan desertasi S-3 saya. Semoga… dan Semoga!!! [The Indiebrainer]

11 thoughts on “Refleksi Akhir Tahun The Indiebrainer

  1. huda Desember 31, 2007 pukul 12:30 pm Reply

    betewe, lagi ngambil S3 nih? good luck deh..
    dan good luck juga untuk misi nya mendidik Guru2 dlm bidang ICT🙂

  2. gora Desember 31, 2007 pukul 12:36 pm Reply

    Belom ambil S-3 kok mas, baru mau cari inspirasi desertasi dulu… ntar kalo sudah siap tinggal cari beasiswanya… nyicil materi dulu..🙂 Trims doanya!

  3. rony Januari 3, 2008 pukul 9:54 am Reply

    ;-)…di tahun 2008 tambah semanget ya pak….tetep semanget juga ngingetin anak anak yang bandel molor bikin laporan KP hehe…;-)
    pak gora esok mo fokus di DBE kayanya sama pak tahun ini aq juga di suruh membantu program IG2Snya TELKOM…uda banyak sekolah yang antri untuk di datengin,,,;-)

    selamet n tambah sukses ya pak di tahun 2008…bimbingan dan wejangan pak gora tak tunggu………;-)

  4. rony Januari 3, 2008 pukul 9:56 am Reply

    o iya S3 nya bener bener lo pak……….semoga di beri kemudahan ma yang di atas ya pak…;-)

  5. Gora Januari 3, 2008 pukul 1:06 pm Reply

    Wah Mas Rony tho…. IG2S bagus banget tuh… Trims udah mampir, jangan lupa laporan KPnya yaaa… terus ambil TA, ntar kalo kelamaan nunggunya gak jadi nikah2 lho.. pacarnya keburu lari🙂 Salam juga buat Andex ya?

  6. agusampurno Januari 3, 2008 pukul 2:11 pm Reply

    saya mengajar disekolah mas..
    kalo mau cari contoh kasus dan berguna untuk research di S3 nanti
    silahkan saja..

  7. gora Januari 3, 2008 pukul 2:39 pm Reply

    Ok, thanks infonya Mas Agus..

  8. Kakha Januari 8, 2008 pukul 9:27 am Reply

    Tanya Pak??? boleh donk “apakah program ICT jg bs membantu dalam pengadaan bantuan Hardware (komp)????” krn sy kebetulan jg nyambi d MTs, lebih kebetulannya lg pak Gora malah dosen saya………. bisa donk pakkk… Heeeee Trim’s

  9. wahyuutami Januari 18, 2008 pukul 11:30 am Reply

    Ni murid-murid pak gora di Farmasi UMS dah pada bikin blog lho, meski belum banyak isinya😛, ditengok ya Pak hasil karya muridnya:). Btw kita masaih bingung nih masukin poto2😛
    Oya pak, gimana bukunya/ dah semapat dibaca belum?
    Selamat berkarya ya di tahun 2008, semoga semakin banyak memberi manfaat. Sukses buat S3-nya. Semangat!

  10. Gora Januari 18, 2008 pukul 3:23 pm Reply

    Wah bagus itu… kalo boleh saya dikasih alamat blognya dong biar saya tampilkan di tulisan blog saya. Buku Laskar Pelangi udah habis saya baca… buku hebat… trims sekali.. untuk yang lain saya baru akan mulai baca… Wah untuk S-3 baru do’a, untuk realisasinya masih menunggu siapa yang mau bayarin🙂 Semoga ada pihak yang mau berbaik hati dengan saya. Salam buat teman2 di Farmasi UMS yaaa? Semangat!

  11. wahyu Januari 19, 2008 pukul 9:23 am Reply

    Ni Blog saya : wahyuutami.edublogs.org
    Atau diklik aja di nama saya pak. Sedang blog teman-teman yang lain ada beberapa yang sudah saya link di blig saya. Btw masih banyak belajar Pak, so maklum aja ya kalau blog-nya belum banyak isi🙂
    Btw lagi, sukses buat rencana-rencananya di tahun 2008. Semangat!

Tinggalkan Balasan

