Saatnya Guru Bikin Film Pembelajaran Sendiri


Making Science Movie-1Making Science Movie-1Making Science Movie-1Dalam workshop ICT National TOT yang diselenggarakan pada tanggal 10-13 Desember 2007 kemaring, diselenggarakan pula workshop produksi Video Pembelajaran Interaktif. Peserta dibagi dalam 6 (enam) kelompok sesuai dengan jumlah provinsi yang mengikuti workshop kali ini. Masing-masing kelompok diwajibkan untuk membuat satu buah video dengan durasi maksimal 5 (lima) menit. Berbekal kamera video dan notebook/laptop untuk masing-masing kelompok, para peserta sangat antusias melalui setiap tahapan demi tahapan.

Yang paling mengesankan adalah, para peserta melanjutkan proses editing video mereka di kamar hotel masing-masing sampai jam 04.00 pagi. Di hari terakhir pelatihan diselenggarakan sesi “Science Movie Award” semacam Festival Film Indonesia namun khusus untuk video pembelajaran versi kita ) dengan agenda pemutaran film dan pengumuman pemenang. Semua kelompok mendapatkan award/penghargaan disini. Masing-masing kelompok juga mendapatkan satu patung kayu wayang sebagai cinderamata. Penyerahan hadiah atau kenang-kenangan diserahkan oleh Bapak Arief S. Sadiman selaku perwakilan dari DBE2 Jakarta.

Empat video hasil workshop tersebut, yaitu : Telekomunikasi Indonesia (karya Tim Sulawesi Selatan), Peduli Lingkungan (Tim Jawa Timur), Sumber Pendapatan Masyarakat Karanganyar (Tim Nangroe Aceh Darussalam) dan Lebak Karanganyar (Tim Jawa Tengah) telah kami upload ke dalam layanan video blogging gratis bernama YouTube.Com sehingga Anda pun dapat melihat video-video tersebut menggunakan browser web. Silahkan klik link ini : http://youtube.com/profile?user=apakabarpsbg untuk melihat kesemua koleksi video yang telah terupload.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: