Laporan Tahap Awal Pengembangan SULAX, Sultan Agung Linux versi 1.0.1


Sampai hari Senin ini, tim pengembangan project SULAX (Sultan Agung Linux), yang digawangi oleh komunitas Dakwah Opensource (DOS) Teknik Informatika Universitas Islam Sultan Agung Semarang, telah sampai pada tahapan penyiapan sistem operasi dan penambahan fungsionalitas aplikasi. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya distro SULAX dibangun menggunakan pondasi Slackware dan SLAX Live CD 5.1.8. Pada versi asli SLAX tidak terdapat fasilitas instalasi ke harddisk sehingga sangat menyulitkan pengguna apabila ingin menginstall distribusi ini ke harddisknya. Tidak seperti distro live yang lain semacam Knoppix dan Ubuntu yang menyediakan fasilitas instalasi ke harddisk, versi SLAX 5.1.8 memang sengaja menghilangkan fitur ini, namun pengembang SULAX merasa fitur ini begitu penting bagi pengguna Linux yang awam, yang ingin menginstal SULAX ke harddisk. Untuk itu pengembang telah menyertakan modul instalasi ke harddisk dengan modul SLAX Utilities yang dapat diakses melalui KDE Start Menu > Slax_Utilities > Slax_CD_Installer.

Tim pengembang juga menambahkan modul NTFS-Fuse yang memungkinkan pengguna SULAX melakukan Read dan Write Data di harddisk, karena sebelumnya SLAX belum menyertakan fitur ini, sehingga pengguna tidak dapat melakukan penyimpanan file ke harddisk, melakukan copy paste ke harddisk. Namun penambahan modul ini masih belum sempurna mengingat pengguna masih harus mengetikkan perintah pada console program, di versi mendatang pengembang akan memperbaiki fitur ini agar mudah digunakan. Berikut ini perintah yang harus dijalankan di console untuk dapat menggunakan modul NTFS-Fuse :

root# ldconfig
root# modprobe fuse
root# umount /mnt/sda1 <misal nama drive harddisk adalah sda1>

root# ntfsmount /dev/sda1 /mnt/sda1

Apabila telah selesai melakukan penulisan, kemudian ingin melakukan shut-downlakukan umount terlebih dahulu pada device penyimpanan yang telah di mount, berikut ini perintahnya :

root# umount /mnt/sda1

Berikut ini merupakan fitur-fitur yang ada dalam SULAX ver 1.0.1 Standard Edition :

  • Harddisk Installer
  • Read-Write on Harddisk dengan NTFS-Fuse
  • OpenOffice 2.0.2
  • KlamAV Anti Virus
  • K3b untuk CD dan DVD Burning
  • Kplayer, sebagai media player
  • Dari sisi tampilan, SULAX menggunakan Theme Bagira, yang membuat desktop SULAX seperti MacOS, selain itu pengguna juga tidak akan asing dengan tampilan SULAX karena di desktopnya disediakan ikon menu MyComputer dan MyDocument sama seperti di lingkungan Windows

SULAX Standard Edition ini memang dikhususkan untuk penggunaan perkantoran sehingga fitur dan aplikasinya pun begitu terbatas hanya untuk keperluan kantor saja. Selanjutnya apabila versi Standard ini telah fix akan dikembangkan pula varian SULAX yang lain, seperti varian SULAX untuk pengembangan software dan pendidikan. Saat ini Tim Pengembang SULAX telah membuat blog sebagai media publikasi. Segala informasi tentang SULAX dapat diakses di http://sulaxproject.wordpress.com 

One thought on “Laporan Tahap Awal Pengembangan SULAX, Sultan Agung Linux versi 1.0.1

  1. udey Juli 24, 2007 pukul 1:19 pm Reply

    Laporan bikin Distro sendiri….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: