Just The Man Behind The Gun


GunKetika berhasil membuat sebuah produk video, misalnya video bahan ajar, kemudian mempertontonkan karya video tersebut ke khalayak internal kampus, biasanya banyak dari teman-teman penulis bertanya “Mas, buat animasi dan ngedit videonya pakai software apa? Kok bagus?”. Dari pertanyaan tersebut penulis memiliki pemikiran bahwa bagus tidaknya sebuah karya multimedia ditentukan oleh piranti lunak yang digunakan dalam produksi. Seringkali editor video pemula merasa bangga menggunakan piranti editing Avid Express DV yang berjalan di Macintosh daripada menggunakan Adobe Premiere Pro yang berjalan di PC (Personal Computer), padahal kalau melihat hasil videonya sih sama saja.

Hal tersebut sering juga berlaku pada praktisi motion graphics, mereka merasa hebat apabila menggunakan piranti compositioning semacam Discreet Combustion, padahal menggunakan Adobe After Effect hasilnya pun tidak jauh beda. Bagus tidaknya sebuah karya digital video tergantung dari skill dan sense of art dari penggunanya. Tiap-tiap software diatas hanya memiliki fungsionalitas yang umum, justru tip dan trik serta rasa seni itu yang harusnya di eksplorasi lebih lanjut.

Begitu pula yang terjadi di belantika programer, seringkali programer pemula bertanya “Hebat mana sih Delphi dengan VB.NET jika diguanakan untuk membuat software?”. Jawabannya sama “yaa..relatif, yang pasti Just The Man Behind The Gun, tergantung siapa manusia yang menggunakannya”. [The Indiebrainer] 

2 thoughts on “Just The Man Behind The Gun

  1. huda Maret 5, 2007 pukul 1:20 pm Reply

    Setuju banget Pak..🙂

  2. dadi@hern.com November 30, 2008 pukul 4:01 pm Reply

    se7 bgt….”Just The w(H)o(Man) behind the gun…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: