Dibutuhkan, Perusahaan Penyedia Jasa Internet dengan Tarif Murah yang Komit Mencerdaskan Bangsa


Sampai tahun 2007 ini ternyata belum ada satupun perusahaan yang menyatakan dirinya komit mendukung pemerataan teknologi informasi lewat penyediaan koneksi internet murah. Kalaupun sebuah perusahaan mencantumkan idea tersebut, paling-paling hanya sekedar bumbu promosi semata. Lihat saja tarif ADSL yang masih terlalu tinggi dibanding negara tetangga, padahal kita dapat menimba ilmu dari akselerasi kemajuan teknologi informasi yang pesat di Vietnam, sebuah negara yang belum beberapa lama merdeka namun taring kemajuan IT-nya sedikit meninggalkan Indonesia. Pesatnya perkembangan IT disana dipicu oleh murahnya jasa Internet.
Bahkan perusahaan setengah negara setengan swasta seperti Telkom sekalipun tidak mampu berkomitmen untuk menyediakan Internet murah di tanah air ini. Biaya bulanan 300 ribu masih dirasakan terlalu tinggi bagi pengguna personal dan rumahan, kalaupun dipikul bersama lewat langganan gotong royong maka kuotanya pun masih dianggap terlalu sedikit. Ada juga sih layanan ISP wireless yang menawarkan layanan Internet murah dengan tarif 275 ribu/bulan dengan unlimited kuota download, namun kami yakin kecepatan data yang ditawarkan tidak bakalan mampu menyaingi kecepatan broadband access.

Berbagai usulan, aksi/gerakan maupun caci maki yang diarahkan ke perusahaan telekomunikasi nasional Telkom tidak mampu untuk membuat perusahaan ini menurunkan tarif secara revolusioner demi kemajuan “revolusioner” bangsa ini. Bagi kami yang berada di lingkungan kampus tidak begitu merasakan efek mahalnya Internet, karena kami disini dapat menikmati Internet berkecepatan tinggi dengan gratis, tapi bagaimana nasib pengguna rumahan berekonomi menengah, sekolah-sekolah di daerah, komunitas dan perusahaan kecil yang kesemua itu merupakan aset bangsa?

Kalaupun ada jawaban “Anda khan bisa mengakses Internet di Warnet?”… Ha..ha..ha jawaban klise, memang untuk mengakses jasa layanan instant seperti email, browsing berita dan informasi serta chatting dengan relasi dapat dengan murah dilakukan di Warnet, tapi kalau untuk mendownload bahan ajar, e-book, presentasi, dan video berukuran besar apakah mungkin dilakukan di Warnet? Bisa-bisa semalaman tidak pulang kerumah dan kantong uang saku jebol dibuatnya.

Kabarnya sih di tahun ini akan lahir 3 (tiga) perusahaan ISP wireless yang bermain di frekuensi CDMA salah satunya SinarMas. Kami masih berharap bahwa ketiga Internet Service Provider tersebut dapat menjadi rival persaingan tarif bagi ISP yang sudah lebih dulu ada. Semoga mereka mampu memberi solusi atas masalah ini.

Males juga sebenarnya menulis materi ini. Tapi bagaimanapun uneg-uneg yang dirasakan oleh seluruh pengguna Internet di Indonesia ini harus tersalurkan. Jangan biarkan jurang kesenjangan teknologi informasi lebih memperpuruk keadaan bangsa ini, yang saat ini baru diguncang prahara bencana alam. Bangsa ini harus bangkit, kami butuh “perusahaan ISP” yang menyediakan layanan internet murah meriah untuk mencerdaskan bangsa. [The Indiebrainer]

7 thoughts on “Dibutuhkan, Perusahaan Penyedia Jasa Internet dengan Tarif Murah yang Komit Mencerdaskan Bangsa

  1. mina Februari 4, 2007 pukul 6:45 am Reply

    wishlist tiap tahun yang tidak pernah terkabulkan sejak tahun 2002: punya koneksi internet broadband di rumah dengan harga yang masuk akal untuk pengguna personal.

  2. Gora Februari 5, 2007 pukul 9:58 am Reply

    Setujuh!!

  3. simbahe_sales Februari 18, 2007 pukul 11:08 pm Reply

    Bagaimana kalau kita yang membangun sendiri Om….daripada neriaki orang lain…..anda tahu khan Teknologinya….

  4. Gora Februari 20, 2007 pukul 1:09 pm Reply

    Wah…lha kuwi.. modale sing cupet alias cekak… he..he..he🙂

  5. clukindahose Februari 25, 2007 pukul 5:04 pm Reply

    saya sudah putus asa dengan per-internet-an indonesia.. telkom sux.. baru mau nurunin harga nanti tahun 2010 .. hufff

  6. Gora Februari 26, 2007 pukul 10:09 am Reply

    Demo pun tak ada artinya.. sungguh memprihatinkan negri ini…

  7. simbahe_sales Maret 18, 2007 pukul 10:24 am Reply

    Ngomong ngomong piro sih modale ….bisa enggak kita kita dikit kreatif ….dengan modal seadanya dulu….di Mall Ambarukmo itu gratis lho…tapi pakai Hotspot ….he he

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: