Mengajak Mahasiswa UNISSULA Nge-Blog


Gampang-gampang sulit mengajak mahasiswa untuk nge-blog, sebagian dari mereka banyak yang antusias begitu dikenalkan dengan mahluk bernama blog, namun tidak sedikit pula yang merasa adem-adem saja. Itulah kondisi riil yang dialami The Indiebrainer ketika mencoba mengenalkan blog di lingkungan mahasiswa UNISSULA Semarang. Kebetulan di semester ini kami mengajar mata kuliah Kapita Selekta di Teknik Informatika, karena materi mata kuliah ini dibuat oleh Tim Dosen yang beranggotakan 3 (tiga) orang Dosen maka tiap-tiap dosen harus memberikan materi kepada mahasiswa dan materi yang diberikan-pun dibebaskan kontennya, asalkan relevan dengan tren teknologi informasi terbaru. Karena materi yang bebas itulah, kami memutuskan memberikan materi “Nge-Blog” – lengkapnya “Blog as Personal Learning Management System”. Di akhir perkuliahan kami memberikan tugas kepada mahasiswa untuk membuat blog pribadi mereka menggunakan layanan blog gratis WordPress.Com untuk berbagi kepada yang lain dan untuk mendokumentasikan apa yang telah mereka pelajari. Berikut ini adalah blog-blog yang telah dibuat : Andex Teddy (exnome.wordpress.com), Muhammad Rahmat (elekmen.wordpress.com), Muhammad Zamroni  (rony44.wordpress.com), Jefri Ardianto (jefriimut.wordpress.com), Imas warih (imaswarih.wordpress.com), Wuryanto (wuryanto.wordpress.com), Adek Naflaty (dheecute.wordpress.com), Lilis S (lieliez48.wordpress.com).

Di mata kuliah yang lain, tepatnya di perkuliahan IT-Literacy, yaitu pengenalan teknologi informasi untuk kelas Fakultas Kedokteran UNISSULA kami juga mencoba memasukkan blog dalam kurikulum pengenalan Internet. Dalam perkuliahan tersebut kami kenalkan penggunaan blog sekaligus mengetes sejauh mana kualitas tulisan yang dapat mereka hasilkan. Untuk mahasiswa kedokteran, kebanyakan dari mereka memanfaatkan fasilitas blog yang disediakan oleh Friendster, namun banyak juga yang membuat blog menggunakan layanan Blogger. Yang paling menarik dari kelas ini, ternyata banyak juga tulisan orisinil yang dapat mereka hasilkan, simak saja blog dari Ahmad Syauqi, mahasiswa kedokteran UNISSULA Semarang asal luar negeri (Suriname) yang konsen menulis tentang kontroversi euthanasia (suntik mati) – I know him from Company Profile UNISSULA video, Keep blogging guys! –.

3 thoughts on “Mengajak Mahasiswa UNISSULA Nge-Blog

  1. helgeduelbek Januari 26, 2007 pukul 7:48 pm Reply

    Wah bagus itu pak, tapi semestinya kalau koneksi internet gratis atau murah semestinya mahasiswa gak perlu disuruh kudu ngertilah. BTW semestinya tugas2 diberikan lewat blog saja pak, njawabnya juga dblog lewat komentar. jadi ketahuan spa yg nyontek.

  2. Gora Januari 27, 2007 pukul 8:12 am Reply

    Ide bagus tuh mas..

  3. Ermando Satria Utomo Juni 26, 2011 pukul 7:38 pm Reply

    Ya itu sangat bagus pak syukur2x materi tsb bisa masuk ke anak2 FK………………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: