Berbagi Presentasi dengan Zoho Show


Dalam perkuliahan pasti kita sering membuat dan menggunakan MS. PowerPoint untuk membuat presentasi bahan ajar. Apabila kita memutuskan untuk sharing knowledge menggunakan blog untuk menyebarluaskan presentasi tersebut, biasanya pengguna lain hanya dapat mendownloadnya lewat hyperlink yang kita sediakan, namun pengguna lain tidak dapat mem-preview/melihat dulu apa isi dari presentasi yang kita share tersebut.

Zoho Show-1
Agar pengunjung blog kita dapat melihat/mem-preview slide presentasi yang kita share, dapat menggunakan sebuah aplikasi web bernama Zoho Show yang beralamat di http://show.zoho.com. Di dalam aplikasi web tersebut kita dapat membuat, mengimpor slide presentasi, mengedit dan men-share slide yang telah dibuat ke publik. Zoho Show ini mendukung format presentasi PowerPoint dan OpenOffice Impress, jadi dengan mudah presentasi yang telah ada dapat kita import untuk kemudian dibagi kepada publik. Untuk dapat menggunakan Zoho Show Anda diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu menjadi anggota, dan asyiknya untuk menggunakan aplikasi ini tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis (Hidup Gratisisme!). Kelebihan dari Zoho Show selain gratis dan fasilitas editing yang lengkap adalah kecepatan akses presentasi ketika di share, pengunjung blog tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuka presentasi [tergantung bandwit juga sih…🙂 ]. Selain Zoho Show, pihak pengembang Zoho.Com juga memiliki banyak aplikasi web gratis yang dapat digunakan untuk berbagi, berkolaborasi dan berkomunikasi bersama, dalam paket Office dan Productivity Tools, sebut saja Zoho Wiki, Zoho Writer, Zoho Sheet, dll. Redaksi kami belum sempat mencoba satu persatu tool tersebut, apabila Anda telah mencobanya informasikan kepada kami lewat fasilitas komentar yang ada. Ingin melihat presentasi yang di-share menggunakan Zoho Show silahkan klik link ini [The Indiebrainer]

8 thoughts on “Berbagi Presentasi dengan Zoho Show

  1. huda Januari 5, 2007 pukul 2:03 pm Reply

    hmmm… menarik,

    d zaman gratisisme era web 2.0 ini, semakin banyak penyedia web-based application. malah jadi semakin bingung, sign up sana, sign up sini, jadi harus ingetin password untuk ini, password untuk itu… Biasanya untuk word processor sih aku make google docs & spreadsheet, tp sayangnya gak ada utk presentasinya. itupun fiturnya terbatas sekali.

    Kemarin, membaca ulasan PC-Plus tentang online office, jadi pengen nyoba nerapin di organisasi, terutama utk organisasi2 kemahasiswaan antar universitas. Kebetulan karena anak2 kedokteran punya ISMKI (Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia), di mana jarak antar universitas merupakan masalah utama. Biasanya untuk meeting online kita make YM. Untuk persiapan acara Musyawarah Nasional BPN ISMKI Februari ini, kemarin saya mengajak SC-SC acara tersebut untuk make google docs & spreadsheet buat nyusun draft sidang bareng. Tapi kendala utamanya, belum semuanya punya account google. Itupun google lho.. gimana kalo mo make aplikasi yg lain yg musti daftar tempat lain yg kemungkinan kecil mereka punya accountnya, jadinya kelamaan ya.. hehehe..

    hmmm seandainya penyedia layanan web yg sudah besar spt Google n Yahoo bisa lebih ngembangin aplikasi2 yg lain…. jd cukup 1 single account,

  2. Gora Januari 5, 2007 pukul 2:29 pm Reply

    Ya.. Web 2.0 meskipun hanya jargon marketing, kelahirannya begitu memudahkan komunitas untuk berpartisipasi didalamnya. Di http://www.zoho.com terdapat banyak aplikasi web yang dapat digunakan termasuk Virtual Office, mengapa Anda tidak mencobanya untuk digunakan dalam organisasi. Aplikasi yang lain yang dapat digunakan adalah Zoho Wiki, Planner, Chat, de..el…el….

  3. masfiq Januari 6, 2007 pukul 5:03 pm Reply

    Mmmm… #$%????! (agak bundhet nih..).

    Buat orang yang tiap hari pegang las, gerinda, crane, forklift, truk dll, terus terang topik ini cukup menarik sekaligus mbingungi..🙂

    Btw, ntar saya pelajari deh..

    Maap kalo ini nggak nyambung, mumpung inget nih.. laptop kelas middle-up yang mayan bagus buat online business merek apa dan seri berapa? Mohon referensinya, paling nggak 2-3 pilihan juga boleh,..

    Tengkyu

  4. gora Januari 8, 2007 pukul 9:19 am Reply

    Ha..ha..ha..
    Masfiq ni ada-ada aja…
    Untuk kelas mid-end aku cuman bisa nyaranin spesifikasi sbb, klo merek sih relatif..
    1. Prosesornya yang Pentium M Processor, with 1.70 GHZ, ato Core Duo, Core 2 Duo dan AMD Turion 64X2
    2. Batere lifenya 2.5 sampai 4 hours, dengan 6-cell Lithium Ion atau 9-cell Lithium Ion
    3. Display atau monitornya 14.1” utawa 15.4”
    4. Beratnya sekitar 1.5 sampai 2.5 kg
    Kalo untuk memori biasanya antara 256 – 512 MB dan harddisknya 60 – 80 Gb…
    Silahkan pilih merek yang mana… di jepang banyak juga sekenan yang bagus tho…? tur harganya murah..🙂

  5. benny Januari 8, 2007 pukul 10:59 am Reply

    Mas gora, ternyata setelah saya coba presentasi dengan zoho show, lumayan juga hasilnya, terus cari inovasi baru mas !!

  6. Gora Januari 8, 2007 pukul 3:13 pm Reply

    Assalamu’alaikum Pak Ben… terima kasih udah mampir..

  7. masfiq Januari 8, 2007 pukul 4:18 pm Reply

    Tadinya saya juga punya laptop beli di sini, tapi kalo pake software versi internasional, keyboardnya jadi kacau. Tulisan di tuts sama hasil ketikan di monitor sering beda.
    Akhirnya saya jual ke temen aja.

    Nah, kompi yang saya pake ini (NEC) juga punya problem yang sama. Tapi adanya emang cuma ini ya mau gimana
    lagi?

    Makanya saya pikir lebih baik ntar beli di Indonesia aja.

    Atas infonya, matur tengkyu bertubi-tubi.

  8. Gora Januari 8, 2007 pukul 5:31 pm Reply

    Sama-sama mas… salam buat orang jepang!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: