Andakah Orang Kaya Ilmu?


Anda mungkin bertanya-tanya mengapa kami bertanya “Andakah Orang Kaya Ilmu?”.Sebenarnya kami sedang berefleksi ria terhadap apa yang telah kita lakukan selama ini. Orang kaya ilmu biasanya diartikan sebagai orang yang pintar, berpendidikan tinggi (sekali), menguasai berbagai bidang, mampu menjelaskan secara gamblang dan jelas tentang sesuatu, memiliki IPK 4,00, memiliki koleksi buku segudang dan lain sebagainya. Sebenarnya tidak demikian, kekayaan itu bukanlah diukur dari seberapa banyak yang ia dapatkan atau peroleh, tetapi orang kaya diukur dari seberapa besar manfaat yang telah diberikan kepada orang lain. Orang kaya ilmu dapat diartikan sebagai orang yang telah memberikan manfaat besar terhadap orang banyak. Sudahkah kita demikian? Memberikan sebagian ilmu yang kita miliki kepada orang lain?

Sebagai seorang pendidik yang bekerja di sebuah institusi adalah sangat wajar memberikan ilmu kepada murid/mahasiswa, yaa.. karena kita dibayar untuk mengajar bukan🙂 . Apabila kita berprofesi sebagai seorang dosen dan telah melakukan penelitian, seberapa besar manfaat yang diperoleh orang lain akan hasil penelitian kita? Malah, mungkin kita belum pernah berbagi hasil penelitian kepada orang lain. Pernahkah kita mau berdiskusi dengan mahasiswa, memberikan ilmu diluar jam pelajaran, malah mungkin kita akan menolak apabila ada mahasiswa yang akan bertamu kerumah untuk berkonsultasi.

Beberapa tokoh teknologi informasi di negeri ini, layak disebut sebagai orang kaya ilmu, sebut saja Onno W. Purbo. Bagi yang pernah mengikuti workshopnya pasti tahu kalo Pak Onno selalu menawarkan isi harddisknya untuk dikopi oleh siapapun, dengan harapan bangsa ini dapat belajar dari semua isi harddisknya. Lalu para kontributor di IlmuKomputer.Com, mereka secara sukarela membagi ilmu yang dimilikinya kepada publik lewat portal IlmuKomputer.Com. Ada lagi pak Budi Rahardjo yang senantiasa membagi file presentasi seminar dan workshopnya disini. Andakah orang kaya ilmu tersebut? Kalau anda kaya ilmu pasti mau berbagi ilmu kepada yang lain? Berikan alamat web/URL sedekah ilmu yang akan anda berikan, sebagai sumbangsih anda sebagai “orang kaya” lewat fasilitas komentar yang ada.. kami tunggu…

2 thoughts on “Andakah Orang Kaya Ilmu?

  1. escoret Januari 5, 2007 pukul 2:20 pm Reply

    gorr..kpn kamu liput ttg makanan.????

  2. Gora Januari 5, 2007 pukul 2:24 pm Reply

    Itu khan udah bagian kamu peng, … Flogging (Food Logging) by EsCoret… piye tak tunggu pojok jajan di Loenpia.Net!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: