Melihat Dinamika Edublogs.Org di Indonesia


Id Edublogs MovementEdublogs.Org merupakan layanan blog gratis sama seperti halnya WordPress.Com dan Blogger, namun Edublogs di Indonesia tidaklah sepopuler kedua layanan blog gratis tersebut. Sesuai namanya, Edublogs.Org memang sengaja disediakan untuk para pendidik, guru, trainer, pustakawan dan para pendidik profesional. Layanan ini dibangun oleh James Farmer pada tahun 2005 sebagai bagian dari kegiatan sebuah perusahaan konsultasi pendidikan online bernama Inscub. Layanan blog untuk pendidikan ini memang ditujukan untuk berbagi dan bertukar informasi seputar kegiatan pendidikan, namun tidak menutup kemungkinan untuk digunakan diluar kegiatan pendidikan. Edublogs.Org menggunakan aplikasi WordPress MU (Multi User) untuk menyelenggarakan layanannya, sama seperti halnya WordPress.Com.

Selain Edublogs.Org, perusahaan Inscub juga menyediakan layanan blog gratis lainnya, seperti :

  • Learnerblogs.Org, yang ditujukan untuk siswa sekolah dasar, menengah dan K-12
  • Uniblogs.Org, ditujukan untuk siswa/i pendidikan tinggi (universitas, college dan sekolah tinggi)
  • Eslblogs.Org, ditujukan untuk siswa/i pendidikan bahasa Inggris

Untuk melihat penggunaan layanan Edublogs.Org di Indonesia, The Indiebrainer menggunakan mesin pencari Google.Co.Id, dengan mengetikkan keyword “Edublogs” dan “Edublogs.Org”, menggunakan mode pencarian “Tergantung Pilihan” dan dengan pilihan bahasa Indonesia, sebagai bahasa yang digunakan. Kami berhasil menemukan banyak alamat blog pada 11 halaman pencarian Google yang tampil, blog tersebut antara lain :

Redaksi yakin tidak semua blog Indonesia yang menggunakan layanan Edublog ter-list dalam daftar pencarian Google, ada beberapa blog yang kami tahu persis alamatnya terdaftar di Edublogs.Org tetapi tidak tampil di halaman pencarian. Lepas dari itu semua, hasil diatas menunjukkan bahwa masih belum banyak pendidik yang menggunakan layanan blog gratis Edublogs.Org di negeri ini. Kami berharap di Tahun 2007 ini mulai banyak pendidik yang memanfaatkan Edublogs.Org untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada semua orang. Anda memiliki blog di Edublogs?, namun belum tercantum dalam posting ini, silahkan masukkan Nama blog, alamat/URL, tagline lewat fasilitas komentar dalam posting ini.

3 thoughts on “Melihat Dinamika Edublogs.Org di Indonesia

  1. helgeduelbek Januari 4, 2007 pukul 8:00 am Reply

    Saya sudah berniat memulai, tapi entah rasanya kok rada malas. Sebab sudah saya coba import postingan yg di blog lain gagal. Rencananya indo.edublogs.org mau saya forward tulisan pendidikan pilihan dari blog saya yg lain.
    Ada ide gak pak tentang konten jaringan blog guru?

  2. Gora Januari 4, 2007 pukul 12:43 pm Reply

    Ide yang anda tawarkan di Indo.edublogs.org sangat menarik, kalo bisa direalisasikan, tentunya itu akan menjadi pergerakan blog-blog pendidikan yang hebat, begitu inspirasional, Saya malah berfikir bagaimana kalo Jaringan Blog Guru dapat menjadi aggregator dari masing-masing blog yang dimiliki guru. Dengan aggregator kita tidak perlu memposting kembali postingan yang ada di blog guru, tetapi posting terbaru dari blog guru secara otomatis akan tampil di aggregator. Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi http://blog-indonesia.com, situs tersebut meng-aggregat posting dari blog anggotanya.

  3. Achmad Nizar Juli 9, 2008 pukul 1:17 am Reply

    Maaf, saya termasuk yang bukan pemakai edublog.org. Tapi Insya Allah saya coba. Kebetulan saya seorang guru. Sekarang saya sedang mengembangkan pembelajaran matematika berbantuan blog dan sedang mencai penyedia layanan blog yang fiturnya sesuai dengan yang saya harapkan. Untuk sementara ini menurut saya fitur wordpress.com lumayan bagus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: