Review 3 Web Camera Kelas Low End


The Indiebrainer kali ini berkesempatan menguji 3 (tiga) buah web camera (webcam) kelas low end, webcam tersebut adalah Logitech QuickCam Messenger, AV301P PC Camera, dan Bestek Web Camera. Ketiga webcam tersebut di pasaran dijual dalam kisaran $10 – 20. The Indiebrainer mendapatkan webcam dengan interface USB (Universal Serial Bus) ini dari dua toko komputer yang ada di kota Semarang, yaitu Orbit Computer dan ABComp. Ketiga-tiganya datang dengan kondisi lengkap, dalam masing-masing dos/kemasan berisi webcam, dudukan kamera/tripod, CD driver dan user manual. Untuk menguji webcam tersebut, redaksi mencobanya satu persatu. Penilaian dan pengujian didasarkan pada sisi harga, kompatibilitas hardware, kemudahan instalasi, dan kualitas gambar. Untuk melakukan pengujian, redaksi menggunakan PC Pentium 4, RAM 512, VGA 128 MB, HDD 120 Gb dengan sistem operasi original Windows XP Service Pack 2.

Logitech QuickCam Messenger

Logitech QuickCam

Webcam ini adalah webcam yang memiliki harga paling tinggi diantara kedua webcam yang lain, didapatkan redaksi dari Orbit Computer seharga $20. Ketika pertama kali mencolokkan webcamera ke port USB di PC, maka Windows XP akan meminta untuk menginstal driver terlebih dahulu sebelum dapat digunakan. Setelah driver terinstall, pengguna diharuskan menginstal aplikasi Logitech QuickCam. Aplikasi ini digunakan untuk pengambilan gambar dan video menggunakan kamera ini. Untuk melakukan pengambilan gambar, silahkan klik fitur QuickCapture. Aplikasi pengambilan gambar ini mengijinkan pengguna untuk melakukan pengambilan gambar dan video dengan resolusi 320 x 240 pixel. Setelah melakukan pengambilan gambar, maka gambar diorganisir dalam fitur QuickView, yang ada dalam aplikasi ini pula.

Dalam fitur pengorganisir gambar ini pengguna dapat melakukan editing gambar, meskipun dengan kemampuan sederhana yaitu operasi pembesaran gambar, rotasi, cropping dan lain sebagainya. Namun yang sedikit mengecewakan adalah, ketika redaksi mencoba melakukan pengambilan gambar menggunakan windows explorer (dengan cara mengklik dua kali pada icon webcamera > Take a New Picture) maka komputer akan langsung menampilkan layar biru dan untuk menghentikannya redaksi harus melakukan restart terlebih dahulu. Kelemahan ini mungkin terjadi dikarenakan terjadinya hardware conflict.

Dari sisi kualitas gambar webcam dengan resolusi 320 x 240 pixel ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah webcam ini mampu menambah brightness secara otomatis untuk membuat gambar lebih terang ketika kondisi pencahayaan kurang. Kelemahannya adalah ketika kondisi pencahayaan kurang, biasanya terdapat titik-titik putih yang tampil dalam gambar dan gambar pun terlihat pecah-pecah. Dibawah ini adalah hasil pengambilan gambar menggunakan Logitech QuickCam Messenger.

Kualitas Gambar Logitech

Kualitas Gambar yang Dihasilkan oleh Logitech QuickCam

 

AV301P PC Camera

AV301PWebcam seharga $12 ini kami dapatkan dari toko komputer ABComp. Webcam memiliki fisik dan bentuk yang unik dibanding para pesaingnya. Selain warna bodi yang mirip dengan “bugs” atau kutu, yaitu berwarna merah menyala dengan motif bulat-bulat yang tersebar, webcam ini dilengkapi dengan tripod aluminium dan LED (Light Emiting Dioda) berwarna putih-biru untuk membantu pencahayaan. Dalam CD Driver yang disertakan dalam kardusnya terdapat 4 (empat) buah folder driver, sehingga pengguna akan mengalami sedikit kesulitan menemukan driver yang cocok untuk webcam ini. Redaksipun mengalami hal yang sama, kami mencoba ke-empatnya untuk mendapatkan driver yang sesuai. Ternyata driver yang cocok adalah yang ada di dalam folder AV301P.

Penulis pun menamakan webcam ini berdasarkan nama driver dan aplikasi yang digunakan, karena di kemasan tidak terdapat merk tertentu hanya bertuliskan PC Camera saja. Buku panduan yang disertakan pun tidak begitu membantu menyelesaikan permasalahan ini.

Untuk melakukan pengambilan gambar, webcam ini menyertakan aplikasi Amcap, sebuah aplikasi yang lazim digunakan untuk banyak jenis web camera. Redaksi juga mencoba menggunakan Windows Explorer untuk melakukan pengambilan gambar, penggunaannya pun tidak mengalami kendala, berbeda dengan pengujian sebelumnya. Webcam ini tidak menyertakan aplikasi pengorganisir gambar seperti pesaing sebelumnya, namun hal tersebut tidak mengurangi fungsionalitas web camera ini.

Dari sisi kualitas gambar, webcam dengan fokus manual dan beresolusi 320 x 240 pixel ini memiliki kualitas yang tak kalah dari pesaing pendahulunya (Logitech QuickCam) apalagi ketika melakukan pengambilan gambar dalam kondisi pencahayaan kurang, karena webcam ini memiliki lampu untuk membantu proses pencahayaan. Hasil yang diperlihatkan menunjukkan bahwa gambar hanya mengalami coral namun tidak nampak adanya bintik putih dalam gambar yang dihasilkan.

Kualitas Gambar AV301P

Kualitas Gambar yang Dihasilkan AV301P

Bestek Web Camera

Bestek WebcamWebcam seharga $12 ini kami dapatkan dari toko komputer ABComp. Webcam memiliki fisik dan bentuk yang hampir mirip dengan Logitech QuickCam. Ketika pertama kali ditancapkan ke port USB yang ada di PC, redaksi tidak mengalami kendala berarti dalam proses instalasi. Instalasi secara manual pun sangat mudah dilakukan, karena dalam CD Driver yang disertakan hanya terdapat satu buah aplikasi dan driver saja, sehingga pengguna tidak dibuat bingung seperti halnya pada pesaing sebelumnya.

Untuk melakukan pengambilan gambar, pengguna dapat menggunakan Windows Explorer maupun aplikasi Amcap yang disertakan dalam CD. Webcam ini juga tidak menyertakan aplikasi pengorganisir gambar, namun hal tersebut tidak menjadikan fungsionalitas kamera terganggu, karena pengguna dapat menggunakan aplikasi pengorganisir gambar yang lain.

Kualitas gambar yang dihasilkan webcam beresolusi 320 x 240 pixel ini lebih rendah dibanding kedua pesaingnya ketika berada dalam kondisi pencahayaan kurang. Gambar yang dihasilkan pun mengalami coral, sama seperti gambar yang dihasilkan oleh AV301P PC Camera, namun gambar tidak tampak berbintik putih seperti halnya gambar yang dihasilkan oleh Logitech QuickCam. Hal tersebut layak dimaklumi mengingat webcam ini tidak disertai lampu untuk membantu pencahayaan yang kurang.

Kualitas Gambar Bestek WebCam

Kualitas Gambar yang Dihasilkan Bestek Web Camera

Kesimpulan

Redaksi memberikan peringkat pertama kepada AV301P PC Camera karena memiliki harga yang murah, dan kualitas gambar yang dihasilkan. Meskipun webcam ini lebih murah dari Logitech QuickCam namun kualitas gambar yang dihasilkan tidak kalah dengan Logitech QuickCam yang memiliki harga lebih mahal. Bagus tidak berarti harus mahal bukan? [The Indiebrainer].

11 thoughts on “Review 3 Web Camera Kelas Low End

  1. achmadi Januari 1, 2007 pukul 5:49 pm Reply

    Logitech QuickCam Messenger suxxx !

    Kalo cari webcam yang harganya at least $100, bisa real time capture 640 x 480, snapshot sampai 1.3 Mega Pixel dengan kualitas bagus. Lebih baik nabung dulu, terus dapet yang bagus daripada dapet yang murah tapi entar jelek dan nyesel.

    Selamat Idul Adha dan tahun baru kang Gora.

  2. gora Januari 1, 2007 pukul 6:04 pm Reply

    Wah dikomentari “seleb” nih….🙂 Betul kata Bang Didik.. mending beli yang bagusan dengan spesifikasi seperti yang ditulis beliau..

  3. rusli Desember 3, 2007 pukul 10:42 am Reply

    saya punya bestek web camera yg diatas mas, tapi drivernya ga’ tau dimana. minta tolong dong mas, kirimin saya drivernya…. please banget… makasih yaa sebelumnya.

  4. Taufan Januari 2, 2008 pukul 9:03 pm Reply

    Salam Kenal Bung Gora,

    Nama Saya Taufan Widyapratama,

    persis sama seperti Bung Rusli, saya juga punya Webcam Bestek seperti
    di atas, namun CD-nya juga ilang (weleh bener-2 senasib ya…)
    ini mau saya install di notebook jadi gak bisa

    udah muter-2 googling sana-sini belum dapet juga😦

    mohon info dimana saya bisa download Driver Bestek tsb,
    atau jika tidak keberatan mohon saya dikirimi file tsb
    atau harus saya ftp dari mana gitu…?

    sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak…🙂
    semoga blognya tetap exist dan bermanfaat…

    Taufan Widyapratama
    taufanw@gmail.com

  5. Gora Januari 3, 2008 pukul 1:11 pm Reply

    Maaf beribu maaf, dari kemarin saya sudah cari-cari CD driver webcam Bestek masih saja belum ketemu😦 saya juga khawatir, bgmn nantinya kalo saya harus install ulang Windows, pasti saya juga akan mengalami masalah seperti rekan-rekan semua…. Maaf..

  6. Todi Januari 23, 2008 pukul 8:00 am Reply

    lam knal bung….

    saya punya bestek web camera… tp ga ada driver’nya…
    kalau bung gora udah dapat driver’nya, bagi2 ke lita ya…
    Thanks brO….

  7. Ali Sahbana April 30, 2008 pukul 9:02 pm Reply

    Bisa ngak ya Mas, Weblog kita tampil video stream kayak di Yotube or Yahoo Messenger…
    Kasih info dong temen2 yang punya pengalaman…. Ok !

  8. ayi agustian September 2, 2009 pukul 10:04 pm Reply

    saya juga punya webcam bestek dan mydream ( AV301P) tapi drivernya hilang tolong dong dimana saya dapatkan drivernya

    • luno Oktober 16, 2009 pukul 1:36 am Reply

      saya jg punya webcam bestek persisma diatas,tlg kirimi saya drivernya ya boz…trimz…

  9. Sakti September 21, 2009 pukul 9:51 pm Reply

    halo mas…
    saya juga punya permasalahan yang sama dengan teman2 di atas.
    driver saya untuk webcam bestek yang sama persis di atas hilang.
    bisa mohon bantuannya untuk diinformasikan ke saya di sini.

    makasih banyak mas.
    salam
    Sakti

  10. adi Mei 27, 2010 pukul 12:28 pm Reply

    minta bantuanya mas,driverku kaset cdnya rusak AV301P PC Camera…pnya link downloadnya gak gan?????atau bisa file nya sudah googling dak ketemu2 ..please email saya mas… terima kasih bantuanya mas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: