Laporan dari Magelang, Menghadiri Acara Sosialisasi INHERENT (Indonesian Higher Education Network) yang Diselenggarakan Telkom SmartCampus


Co-Card Peserta SeminarPada hari Rabu dan Kamis, tepatnya tanggal 8-9 November 2006, kami diundang ke sebuah acara seminar bertajuk “Competitiveness Enhancement through INdonesian HighER Education NeTwork, in collaboration with, TELKOM SmartCampus”. Acara tersebut sekaligus merupakan ajang sosialisasi program INHERENT (INdonesian HighER Education NeTwork) yang dibangun oleh Dikti. INHERENT adalah jaringan yang dibangun untuk menghubungkan perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia. INHERENT dibangun dengan memanfaatkan infrastruktur jaringan komputer yang tersedia di Indonesia. Pada tahap pertama, link INHERENT di Jawa sudah menggunakan teknologi serat optik dengan kecepatan 155 mbps. Sedangkan koneksi di luar Jawa mengikuti ketersediaan teknologi yang ada, bervariasi antara 2-8 mbps. Kegiatan ini selain mengumpulkan perguruan tinggi negeri dan swasta di area Jawa Tengah dan DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta), juga diharapkan menjadi ajang diskusi pemanfaatan jaringan INHERENT ini.


Panggung TalkshowPada acara ini tampil pembicara dari INHERENT Dikti, Bapak Tomi Ilyas, lalu dari TELKOM Indonesia, Bapak Indra Utoyo kemudian Mas Donny Budi Utoyo (Donny B. U.) Pimpinan Redaksi Detikinet, serta Bapak Rainbow Saragih (Intel Indonesia). Keseluruhan pembicara menyampaikan materi pentingnya ICT dalam pendidikan yang oleh kebanyakan kampus masih dianggap sesuatu hal yang kurang penting. Yang tak kalah penting dari terselenggaranya event ini adalah terjalinnya komitmen dari seluruh perguruan tinggi yang nantinya terhubung dalam INHERENT untuk memanfaatkan dan mengoptimalisasikan jaringan yang ada lewat sharing aplikasi dan konten. Dalam acara ini kami diundang sebagai peserta seminar sekaligus peserta pameran yang berlangsung pada lokasi dan waktu yang bersamaan. Dari Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang, kami berangkat ber-enam plus sopir.

Istirahat sejenak selama perjalananDari Semarang kami berangkat pukul 09.30 dan sampai di hotel Puri Asri, Magelang pada pukul 11.00. Karena terlalu letih akibat persiapan pameran, maka selama perjalanan saya gunakan untuk beristirahat. Fasilitas yang disediakan oleh penyelenggara seminar benar-benar memuaskan, selain dijamu di hotel bintang empat, pada hari kedua para peserta juga diajak berolahraga rafting (arung jeram) yang dilakukan di Kali Progo yang kebetulan bersebelahan dengan hotel kita. Pada ajang pameran, Tim dari UNISSULA, tepatnya dari UPT Komputer dan Teledukasi menghadirkan produk-produk E-Learning yang dikembangkan sendiri berupa layanan SINAU-ONLINE (Virtual Classroom) , SINAU-TV (Video Streaming Service) dan SINAU-CDMEDIA (Multimedia Authoring System). Pada pameran tersebut, stand kami mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari para pengunjung, dari habisnya SINAU-CDMEDIA yang kami bawa, banyaknya pengunjung yang mencoba-coba aplikasi yang dijalankan di laptop, yang tak kalah menarik adalah pertanyaan dari seorang pengunjung dari Yogyakarta yang bertanya “Ini dijual?” he..he… cukup menarik untuk ditindaklanjuti🙂 .

Suasana Stand Kami Saat Pameran Untuk mendukung kegiatan pameran tersebut, kami membawa 3 (tiga) buah laptop, 2 (dua) buah X-Banner dan 1 (satu) buah mini X-Banner . Staf representatif yang bertugas melayani informasi produk adalah Mas Arifin dan Mas Didik, yang pada kesempatan tersebut menggunakan dress code batik berwarna coklat khas “Puskom UNISSULA”. Kami berharap dapat terus mengikuti event-even serupa agar produk-produk kami mendapatkan apresiasi maupun kritik, sehingga kami mendapatkan masukan untuk menjadikan aplikasi-aplikasi E-Learning yang kita bangun menjadi semakin sempurna. Oh iya, pada acara tersebut hadir pula Bapak Ir. H. Sumirin selaku Wakil Rektor UNISSULA turut pula mengikuti acara seminar, beliau datang pada pukul 14.30, menyusul tim kami yang berangkat duluan. Atas prakarsa beliaulah E-Learning di UNISSULA dibangun. Malamnya (8 November) saya pulang bersama Pak Sumirin, saya tidak jadi mengikuti acara Rafting, karena keesokan hari (pada tanggal 9 November) harus mengikuti acara wisuda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: