Cara Praktisi IT Menjadi Relawan Gempa Jogja


Relawan IT

“Tepat sejak terjadinya gempa tanggal 27 Mei 2006 di DIY dan sekitarnya, Radio Sonora 97,4 FM selama 24 jam penuh menyiarkan perkembangan gempa dari berbagai sumber dan menampung informasi dari masyarakat melalui telepon on-air, SMS, dan fax. Didukung sepenuhnya oleh beberapa mahasiswa Universitas Gadjah Mada, dengan Sonora Jogja Media Center ini diharapkan informasi-informasi tersebut dapat diakses dan dimanfaatkan oleh masyarakat luas, untuk membantu para korban juga membangun kembali daerah-daerah yang hancur akibat gempa tersebut.”

Saat gempa beberapa waktu yang lalu banyak pihak berbondong-bondong mengabdikan dirinya menjadi relawan. Nah, saat itu pula para praktisi IT juga ikut menyumbangkan tenaga dan pikirannya sebagai “relawan IT”. Kebetulan pada waktu gempa, Radio Sonora-lah yang paling dinantikan informasi terbarunya, berawal dari itulah maka rekan-rekan di Magister Teknologi Informasi (MTI) UGM, Jogja berkeinginan untuk meng-online-kan berita yang ada ke dunia maya. Mas Ari yang mencetuskan ide ini pada mulanya, kemudian disambut positif oleh rekan-rekan MTI, Teknik Elektro dan FMIPA UGM. Hasilnya, mereka sepakat untuk membuat sebuah situs dinamis yang berisi informasi terbaru seputar gempa dan letusan gunung merapi, mungkin tidak itu saja nantinya.

Sonora Jogja Media CenterLewat kerja keras Mas Ari, Mas Yudi, Dani, Creez, Irdha, serta rekan-rekan yang lain, jadilah situs ini. Dalam situs inilah segala sesuatu tentang bencana merapi dan gempa ditampilkan, malahan untuk membantu mempercepat menyampaikan informasi dari masyarakat ke Radio Sonora disediakan layanan SMS. Dalam situs tersebut juga terdapat galeri foto-foto gempa yang bebas untuk diunduh.

Tim relawan IT dibagi dalam beberapa shift, tim programmer biasanya ada di shift malam, karena mereka mungkin lebih prefer berkarya di malam hari he..he.. Tim programmer digawangi oleh Creez dan Irdha, sedangkan Tim Analis dikomandani Mas Ari dan Mas Yudi. Si Dani kebetulan kebagian input data, untuk anak-anak yang lain saya tidak tahu pasti tugas mereka ngapain aja🙂.

Tim Sonora bersama Sri SultanBeberapa minggu mereka bekerja membuat sonora jogja media center.org, tidak sia-sia, banyak orang terbantu dengan adanya situs ini, sungguh sangat bermanfaat. Sampai-sampai Sri Sultan pun mengundang mereka serta media yang lain untuk berbincang dengan beliau. Selain berkontribusi terhadap sonorajogjamediacenter.org, banyak pula relawan IT yang lain, yang ikut pula berpartisipasi pada paska gempa kemarin, misalnya dari Yayasan Air Putih (mereka juga aktif dalam gempa dan tsunami Aceh). Salutlah buat para relawan IT… banyak cara untuk beramal… Mungkin Anda punya pengalaman yang lain?… Silahkan berbagi!

One thought on “Cara Praktisi IT Menjadi Relawan Gempa Jogja

  1. bnqsgstl Agustus 3, 2006 pukul 1:31 am

    qrexjyp…

    gbgrzrwo ifkgkbopuo csxhalkva…

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: