Membandingkan Layanan Video Hosting, Google Video dan YouTube.Com


Saat ini di Internet sedang heboh-hebohnya layanan video hosting, salah “dua” nya🙂 adalah Google Video dan YouTube. Kedua layanan ini menyediakan penyimpanan gratis untuk koleksi video Anda di Internet. Kami mencoba dua layanan ini untuk membandingkan mana yang lebih bagus diantara keduanya. Pertama untuk masalah kapasitas, kedua layanan ini tidak membatasi kapasitas file video yang akan tersimpan dalam akun penyimpanan kita. Kedua, masalah program uploader, Google Video menyediakan program uploader khusus yang harus terinstall dalam komputer kita, program uploader tersebut tersedia untuk berbagai sistem operasi diantaranya windows, linux dan macintosh. Sedangkan YouTube.Com menyediakan fasilitas uploader dalam web, artinya kita dapat melakukan upload video lewat web.

Ketiga adalah masalah codec, kedua layanan ini meng-encode video yang terupload ke dalam format Flash Video. Keempat adalah masalah verifikasi video, setiap layanan akan memverifikasi video yang diupload, Google Video misalnya, akan melakukan verifikasi beberapa waktu sebelum video kita dapat ditayangkan di web. Tetapi lain halnya dengan YouTube, layanan ini melakukan verifikasi video dengan cepat, sehingga ketika kita telah selesai mengupload video, maka tidak berapa lama kemudian video sudah dapat tayang.

Dari kesemua penilaian tersebut saya berpendapat bahwa layanan YouTube lebih bagus dari layanan Google Video apalagi hadirnya fasilitas komentar di halaman video player dalam YouTube, dengan fasilitas ini para penonton video dapat memberikan komentar terhadap video yang dilihat. Anda dapat membandingkan sendiri kedua layanan tersebut, lewat kedua link video yang telah saya upload di Google Video dan YouTube.Com.

4 thoughts on “Membandingkan Layanan Video Hosting, Google Video dan YouTube.Com

  1. Rizky Juni 13, 2006 pukul 5:08 pm

    menurut gue Blip.tv lebih bagus daripada kedua layanan diatas. ngga pake verifikasi, juga punya aplikasi uploader, dan enaknya lagi kita bisa pilih mau publish dalam format wmv ato flash.

    alternatif laen yang perlu ditengok adalah Vimeo simpel banget. tinggal upload dan publish. no fuss…

  2. gora Juni 15, 2006 pukul 9:55 am

    Oke akan saya coba… melihat fitur codec yang Anda paparkan saya jadi tertarik…🙂. Mari kita ulas…

  3. Si Pinot Juni 30, 2006 pukul 2:56 am

    *salam kenal lagi aaahhhhh…*
    Gue coba bikin review ala kadarnya 7 penyedia jasa video sharing : Google, Yahoo, Sharkle, Vimeo, YouTube, BlipTV dan pemain baru : PhotoBucket.com. Hasilnya? Bagi gw BlipTV tergurih! Fitur-nya kaya! Oh satuw lagi, BlipTV juga menyediakan opsi untuk video podcasting.

  4. Gora Juni 30, 2006 pukul 11:40 am

    Wah.. liat reviewnya bang Pinot di vlog-nya komplittt bgt!… klo mau liat review komplit mending kesitu aja lah… daripada nge-review lagi🙂.. Salut!

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: