Box kiosk itu akhirnya jadi juga…


Masih ingat posting saya tentang desain kiosk sebelum ini?. Akhirnya box tersebut selesai digarap dan hasilnya tampak di bawah ini.

Kiosk Design

Setelah semua dosen Teknik Informatika sepakat dengan desain terpilih tersebut, maka salah seorang dosen (Pak Komar) mengundang temannya (Pak Yono) untuk mulai menggarap desain box tersebut.

Box dikerjakan di workshop kayu di kawasan Banyumanik. Waktu pengerjaan kira-kira menghabiskan waktu satu bulan. Bahan baku yang dipakai adalah tripleks dan multipleks.
Setelah box mentah jadi, maka dilakukan tahapan finishing menggunakan cat duco dan penambahan unsur logam untuk memberi kesan elegan.

Box tersebut dikirim ke kampus kami pada tanggal 1 May 2006 sekitar jam 13.00. Setelah diturunkan dari mobil, box langsung dibawa ke ruang dosen untuk diinstalasi. Sebelumnya telah kami siapkan seperangkat komputer untuk dimasukkan ke dalamnya. Tapi biarlah nanti mahasiswa kami yang menginstalasikan ke dalamnya.

Kiosk Bersama Gora Rencananya kiosk ini akan kami letakkan di depan ruang dosen Teknik Informatika. Dengan harapan agar dapat memberi akses Internet mudah bagi para mahasiswa kami, sehingga mahasiswa dapat lebih memaksimalkan sistem informasi yang telah disediakan pihak universitas.

Prototipe ini diharapkan pula menjadi contoh bagi jurusan yang lain agar dapat mengaplikasikan teknologi serupa untuk menyediakan layanan Internet gratis bagi para mahasiswanya.

Kiosk ini adalah hasil gotong royong teman-teman dosen di Teknik Informatika (meskipun untuk itu kita harus mengeluarkan uang dari kantong sendiri) yang berkeinginan menghidupkan suasana akademik di kampus kami. Maklum saja karena jurusan kami memang masih berumur 2 tahun, jadi wajar saja segala cara ditempuh untuk membangun jurusan ini menjadi lebih maju.

Desain kiosk ini mungkin masih kurang sempurna. Tapi kami berharap lewat kekurangan yang ada ini kita mendapatkan semangat untuk membuat box yang lebih bagus lagi.

Kami banyak berharap nantinya setelah para stake holder melihat kiosk ini dapat memberi perintah untuk memperbanyak kiosk ini di berbagai sudut kampus, supaya bandwith yang telah dimiliki kampus dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Mungkin ada dari Anda yang pernah mendesain kiosk di lingkungan masing-masing? Saya berharap banyak masukan sehingga saya dapat menimba ilmu untuk diterapkan di sini.

3 thoughts on “Box kiosk itu akhirnya jadi juga…

  1. imam mis Mei 2, 2006 pukul 9:24 pm

    Perjuangan temen-temen informatika unissula memang hebat. Bagus buat contoh yang lain.
    Hidup informatika UNISSULA…. Allahu Akbar…..

  2. Gora Mei 4, 2006 pukul 11:14 am

    OO.. harus itu pak..

  3. mahasiswa Mei 18, 2006 pukul 2:44 pm

    oke sih….
    tapi blum pnah coba
    psti harus ngantri
    comment-nya sabar ya pak!

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: