Semarang Hari Ini : Buruh Menggugat!


May Day“Bergerak dan bersatu menuju Indonesia baru, singsingkan lah lenganmu singkirkan semua musuh-musuh… Rakyat pasti menang melawan penindasan, rakyat kita pasti akan menang….” (lagu yang biasa dilantunkan dalam setiap demo….)

Dalam perjalanan ke kantor pagi ini (1 Mei 2006), ketika sampai di depan kantor pos Johar, saya berpapasan dengan barisan demo yang datang dari arah Kota Lama. Saya lantas teringat kalau hari ini adalah hari buruh se dunia (bener ngga yaa?). Eh, ketika sampai di depan kampus/kantor saya melihat barisan mahasiswa yang bersiap untuk melakukan demo. Kemudian saya berhenti sejenak untuk melihat dan mengambil lembar kertas yang mereka sebarkan ke semua orang yang masuk lewat gerbang kampus.

Selebaran tersebut berjudul “May Day untuk Menjawab Perkembangan Situasi Ekonomi dan Politik yang Menindas Rakyat”, yang ditulis oleh ALIANSI RAKYAT MENGGUGAT, yang merupakan kesatuan aksi dari organisasi LMND, PSB, FNBI, HIKMAH BUDHI, GMNI, PRD, LPRKROB, AGRA, STN, ORTAJA, SETAM, BEM STAIN, HMI MPO, BEM UNDIP, PMKRI, SMI, REPDEM, KAMMI). Isinya sekilas seperti ini :

Program Perjuangan May Day

Dalam kepentingan untuk dapat mengangkat kesejahteraan rakyat Indonesia secara keseluruhan tanpa harus mengorbankan hak-hak kesejahteraan buruh, petani dan seluruh rakyat miskin, penguasaan nasional terhadap seluruh industri pertambangan, minyak, gas dan mineral adalah sangat penting. Juga dalam kepentingan untuk memberi daya dukung bagi peningkatan dan daya tahan industri dalam negeri dan bagi program industrialisasi nasional, nasionalisasi terhadap industri pertambangan, minyak, gas dan mineral adalah tidak bisa ditawar-tawar lagi. Oleh karena itu tuntutan MENDESAK RAKYAT adalah :

  1. Nasionalisasi industri, wujudkan kesejahteraan rakyat
  2. Tolak hutang baru dan stop pembayaran hutang lama sampai rakyat sejahtera
  3. Pendidikan dan kesejahteraan gratis untuk rakyat
  4. Stop sistem buruh kontrak atau tolak revisi UU No.13
  5. Pupuk murah untuk kaum petani
  6. Nasionalisasi PT. Freeport dan rebut kembali Blok Cepu
  7. Hapus obligasi rekapitulasi perbankan
  8. Energi murah untuk rakyat dan industri dalam negeri
  9. Tanggal 1 Mei jadikan hari libur nasional (padahal di Malaysia hari ini libur, barusan temen saya Pak Imam Much Ibnu Subroto memberi kabar kalau di Malaysia hari ini libur)

Setelah melihat demo dan membaca selebaran aksi tersebut saya jadi teringat beberapa tahun yang lalu ketika masih menjadi mahasiswa dan aktif dalam komunitas SOEARA DJOEANG dan RI BOOTS (sebuah komunitas Anarcho Punk di kota Semarang). Tuntutan diatas masih sama dengan yang kita suarakan waktu itu (1999/2000). Ternyata selama beberapa tahun ini belum ada progres berarti dari pemerintah untuk mensejahterakan buruh. Padahal dalam kurun waktu tersebut sudah mengalami pergantian pemimpin beberapa kali. So, selamat berjuang bagi pejuang demokrasi jalanan!. Pernah punya pengalaman berdemo? Cerita dong…..

One thought on “Semarang Hari Ini : Buruh Menggugat!

  1. Imam MIS Mei 1, 2006 pukul 3:19 am

    cepet banget ngeblognya Gor? belum semenit pake YM langsung online ck..ck…ck..

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: