Blog… pilihan yang tepat


Setiap penulis pasti ingin buku maupun artikel yang ditulisnya diterbitkan penerbitan nasional. Tapi kesemua penerbitan yang ada, pasti akan menganalisa daya jual buku yang akan diterbitkan. Lantas bagaimana nasib naskah buku-buku yang diprediksikan “tidak laku” nantinya, haruskah menjadi pajangan meja sang penulis saja?. Internet dan blog-nya merupakan jalan pintas bagi para penulis yang mengalami hal tersebut. Dengan memiliki blog, berarti penulis memiliki “perusahaan penerbitan” sendiri, jadi tidak perlu bekerja untuk orang lain lagi agar tulisannya dapat dipublikasikan.

Layaknya penulis di penerbitan nasional, kita dapat pula mendapatkan income dari tulisan kita. Tentunya income ini bertujuan untuk menghidupi situs/blog  (untuk biaya domain dan hosting) kita tanpa harus keluar uang sendiri. Untuk mendatangkan income kita dapat menggunakan program-program afiliasi yang banyak ditawarkan di Internet, seperti Google Ad-Sense, Ad-Brite, Chikita Mini Malls, dll. Kita akan dibayar, jika iklan yang tampil dalam situs kita di-klik oleh pengunjung, atau ada juga yang menghitung berdasarkan barang yang terbeli dari iklan tersebut. Tiap bulan atau sesuai waktu yang ditentukan, cek-cek dollar akan dikirim ke rumah kita. Pengalaman saya mengikuti Ad-Sense, income saya rata-rata perhari sekitar $ 0.5 (angka tersebut relatif sedikit, karena saya belum mempublikasikan situs BelajarSendiri.Com ke milis-milis yang ada maupun di media lainnya).

Ketika seorang ingin meningatkan pendapatannya lewat ini maka konsekuensi yang harus ditempuh adalah mempromosikan situs/blognya agar banyak dikunjungi orang. Tentunya pengunjung juga akan memilih blog dengan konten yang bermutu untuk dikunjungi, dibandingkan dengan blog yang menulis asa-asalan saja. Disinilah kreatifitas kita diuji, setiap hari kita dituntut untuk menghasilkan materi-materi yang berbobot, entah itu berupa berita, artikel, tutorial dan e-book. Ajaibnya.. Jika di penerbitan kita hanya dapat menerbitkan buku, maka lain halnya dengan blog. Kita dapat menerbitkan berbagai konten sesuai dengan keinginan kita, jadi tidak hanya e-book saja yang diterbitkan.

Memang untuk melakukan hal ini, Anda harus terhubung setiap hari ke Internet agar hasil yang kita dapatkan maksimal. Tetapi bukan itu sebenarnya yang harus tertanam dalam benak kita. Seharusnya niatan penulisan itu muncul untuk mengakomodasi niatan berbagi ilmu dengan sesama, tidak mengharapkan imbalan dan demi kemajuan ilmu pengetahuan.

%d blogger menyukai ini: