Workshop Pembuatan CD Multimedia Interaktif di LP3 UNIBRAW Malang


Hari Kamis Tanggal 29 Desember 2005 yang lalu, aku diundang ngisi workshop tentang penulisan buku dan pembuatan CD Multimedia Interaktif oleh LP3 Universitas Brawijaya (UNIBRAW) Malang. Aku berangkat dari Semarang dengan Pak Jasmadi yang pada waktu itu diundang juga untuk ngisi sesi penulisan buku, sedang aku ngisi sesi pembuatan bahan ajar CD Multimedia Interaktif. Sampai di Malang pada malam harinya tanggal 28 Desember, kbetulan udah disediain hotel sama panitia. Kita nginep di Hotel Montana 2 di Jalan Sukarno-Hatta, Malang. Meskipun malam itu hujan tapi ngga dingin2 amat kayak waktu lalu saat aku disini. Habis mandi dan istirahat bentar, aku dan Pak Jasmadi dijemput Pak Chomsyin (ketua panitia), diajak makan di restoran biasanya (aku lupa namanya), yang pasti restoran ini udah terkenal sekali di Malang dan banyak artis2 yang datang kesini untuk makan. Setelah makan malam, kita langsung kembali ke hotel buat nglanjutin istirahat.

Sesampainya di hotel, aku belom bisa istirahat karena musti buat presentasi buat besok (maklum belum sempat ngerjain di Semarang karena sibuk). Aku ngerjain presentasi sampai jam 1 dini hari. Jam 04.30 aku udah bangun buat nglanjutin buat presentasi lagi… Wuih mata ini rasanya beratt bgt. Tapi mo bagaimana lagi… Jam 07.00, setelah makan pagi di cafetaria samping kolam renang, akhirnya kami dijemput Pak Chomsyin. Dari hotel menuju ke kampus UNIBRAW butuh waktu 15 menit, suasana kampus pada jam 07.15 masih sepiiiii…. Tempat transit kita di gedung LP3 tepatnya di lantai 3… Kira-kira jam 08.00 peserta workshop udah pada nongol… Nah, yang datang ini ternyata di luar perkiraan, banyak peserta yang daftar pada hari H. Panitia waktu itu sangat kerepotan, karena banyak peserta memaksa agar bisa ikut workshop. Akhirnya peserta yang ikut dibatasi hanya 25 orang.

Antusiasme para peserta workshop

Aku kaget juga, ternyata antusiasme mereka sangat tinggi untuk mengikuti workshop ini. Padahal banyak dosen-dosen senior yang umurnya udah setengah abad… wew. Tercatat ada 3 orang Professor dan banyak Doktor yang ikut workshop ini…. aku jadi merinding…. Mungkin aku yang paling muda disini. Walaupun sebagai pembicara, aku terhitung masih sangat muda tapi para peserta ngga begitu mempermasalahkan hal ini… So aku enjoy aja berbicara ngalor-ngidul tentang multimedia di depan para peserta.

Memamerkan kehebatan Captivate

Materi workshop yang aku bawakan adalah bagaimana cara memproduksi CD Multimedia Interaktif untuk bahan ajar dengan Macromedia Captivate. Workshop ini terdiri dari teori dan praktek. Setelah sesi teori, di sebelum praktek di laboratorium, aku mendemokan cara pengambilan gambar (shooting) dan editing video sederhana untuk adegan sambutan dosen yang nantinya dipakai dalam CD Multimedia. Setelah demo tersebut kita bersama-sama pindah ke ruang laboratorium Jurusan Fisika untuk berlatih memproduksi CD Multimedia. Di lab cuma tersedia 20 komputer, jadi banyak dosen yang bawa laptop sendiri. Mereka keliatan sangat senang ketika diajarkan mengimpor materi Powerpoint yang ada ke dalam Captivate, labih senang lagi ketika mereka berhasil membuat soal evaluasi (berupa pilihan ganda dan essay) yang interaktif dengan Captivate. Sampai sesi terakhir, tidak ada dosen yang meninggalkan tempat. Workshop selesai tepat jam 17.00. Setelah itu aku ama Pak Jasmadi diajak makan malam sama Prof. Hendrawan (Direktur LP3) di Restoran Nuansa Bali. Pada dasarnya beliau sangat berkesan dengan workshop ini. Beliau pengin kita datang lagi dengan materi yang “istimewa”. Beliau banyak memberi wejangan2 yang tentunya sangat berguna bagi dosen muda semacam aku.

Makan malam bersama Prof. Hendrawan di Nuansa Bali Resto, Malang

Mungkin kalau tulisan2 Prof. Dr. Hendrawan Soetanto, MRurSc jadi diterbitkan menjadi buku, maka hal ini akan sangat berguna bagi para pendidik di perguruan tinggi…. Malam itu juga jam 21.00 aku pulang ke Semarang…. Sampai di Semarang jam 04.30 pagi… wuih capek sekali….

2 thoughts on “Workshop Pembuatan CD Multimedia Interaktif di LP3 UNIBRAW Malang

  1. YUSUF Juli 14, 2006 pukul 2:51 pm

    Salam Kenal…
    1. Saya Dosen di Unlam Banjarmasin
    2. Saya tertarik untuk belajar pembuatan bahan ajar berbasis multimedia interaktif, apakah bisa? Kursus, atau apa saja?
    3. Kalau bisa bagaimana caranya? Berapa biayanya?

    Thanks
    Yusuf
    08125192902
    05117559743

  2. Gora Juli 17, 2006 pukul 4:28 pm

    Silahkan anda buka http://belajarsendiri.com/?p=34#more-34, dalam halaman tersebut terdapat buku elektronik yang dapat dipelajari sendiri.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: